Soal PKn 7 Paket 6

Evaluasi Bab 1

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Norma yang tidak berlaku pada masyarakat, yaitu ….
a. norma agama
b. norma kesusilaan
c. norma hukum
d. norma kebudayaan

2. Dalam kehidupan di masyarakat, norma tidak berfungsi sebagai ….
a. alat dan ketertiban
b. sarana untuk mewujudkan keadilan
c. sarana hukum bagi pelanggaran
d. pengawasan bagi aparat penegak hukum

3. Hukum adalah serumpun peraturan-peraturan yang bersifat memaksa yang diadakan untuk mengatur dan melindungi kepentingan orang dalam masyarakat. Pengertian hukum tersebut merupakan pendapat ….
a. Bellfroid
b. Van Kant
d. Duguit
e. E. Utrecht

4. Berikut yang termasuk hukuman pokok adalah ….
a. pencabutan hak-hak tertentu,
b. hukuman denda
c. perampasan barang-barang tertentu
d. pengumuman putusan hakim

5. Peraturan yang bersumber dari pergaulan hidup manusia adalah norma ….
a. hukum
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. agama

6. Hukum tata negara mengatur tentang ….
a. jual beli
b. perdagangan
c. tugas-tugas negara
d. sewa menyewa

7. Berikut yang termasuk hukum privat adalah ….
a. hukum pidana
b. hukum dagang
c. hukum acara pidana
d. hukum tata negara
8. Salah satu ciri kesadaran hukum yang tinggi dalam masyarakat, yaitu ….
a. banyaknya tindakan main hakim sendiri
b. tingginya pengetahuan masyarakat tentang hukum
c. tidak terjadinya pelanggaran hukum
d. kepatuhan pada hukum

9. Sifat memaksa dalam penerapan norma hukum berarti ….
a. hukum hanya berlaku bagi sekelompok orang
b. hukum berlaku bagi seluruh warga negara
c. dikenakan hukuman bagi setiap orang
d. kedudukan setiap orang di mata hukum sama

10. Contoh pelaksanaan norma kesopanan pada masyarakat, yaitu ….
a. menggunakan tangan kanan saat menerima sesuatu
b. menggunakan helm saat berkendaraan roda dua
c. melaksanakan ibadah tepat waktu
d. selalu berkata jujur dalam setiap tindakan

11. Manusia membutuhkan orang lain karena manusia adalah makhluk ….
a. pribadi
b. sosial
c. individu
d. ekonomi

12. Seseorang yang melanggar norma kesusilaan akan ….
a. mendapatkan hukuman denda
b. mendapatkan hukuman penjara
c. dikucilkan masyarakat
d. merasakan penyesalan

13. Menghormati orangtua agar selamat dunia dan akhirat merupakan ajaran yang diperintahkan norma agama dan norma ….
a. adat
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum

14. Pada hakikatnya norma hukum yang berlaku dalam masyarakat berfungsi untuk ….
a. membentuk negara hukum
b. meningkatkan kesadaran hukum
c. menciptakan ketertiban
d. melindungi penegak hukum

15. Keputusan hakim yang merupakan sumber hukum yang disebut ….
a. traktat
b. doktrin
c. kebiasaan
d. yurisprudensi

16. Hukum yang berlaku dalam suatu negara saat ini disebut hukum .…
a. positif
b. pidana
c. asasi
d. subyektif

17. Salah satu contoh perilaku yang tidak menghormati orang lain dalam melaksanakan ibadah, adalah ….
a. membiarkan orang lain tidak beribadah
b. membiarkan orang lain melaksanakan ibadah
c. menciptakan suasana yang mengganggu ketenangan ibadah
d. membiarkan tata cara ibadah orang lain berbeda dengan tata cara ibadah kita

18. Salah satu contoh perilaku berbuat kebajikan dalam kehidupan di lingkungan sekitar kita, adalah ….
a. meminta maaf jika berbuat salah
b. selalu mawas diri dan mengoreksi diri
c. melaksanakan kegiatan karang taruna
d. menyantuni fakir miskin dan anak terlantar

19. Salah satu contoh sikap mencintai kebersihan di lingkungan masyarakat, adalah .…
a. ikut kerja bakti membersihkan parit yang tersumbat
b. melaksanakan tugas kebersihan di kelas dengan baik
c. membiasakan mandi serta memakai pakaian yang bersih
d. mendiamkan orang lain membuang sampah sembarangan

20. Salah satu contoh sikap menghormati orang lain dalam masyarakat, adalah tidak .…
a. semena-mena terhadap sesama
b. membeda-bedakan suku seseorang
c. menyombongkan diri di masyarakat
d. kewajiban membayar pajak

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat.

1. Uraikan apa saja norma-norma yang ada pada masyarakat.
2. Terangkan unsur-unsur yang terdapat dalam hukum.
3. Uraikan penentuan garis keturunan yang dianut beberapa masyarakat hukum adat di Indonesia.
4. Sebutkan tiga macam norma adat yang berlaku dalam lingkungan masyarakatmu.
5. Akibat yang ditimbulkan jika suatu masyarakat tidak menaati hukum.
6. Terangkan fungsi dan tujuan hukum.
7. Uraikan macam hukuman pokok dan hukuman tambahan.
8. Kemukakan perbedaan antara hukum perdata dan hukum pidana.
9. Sebutkan manfaat yang diperoleh jika kamu menaati hukum.
10. Kemukakan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kesadaran mematuhi hukum yang berlaku.

Evaluasi Bab 2

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Arti penting Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, yaitu ….
a. merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah
b. titik puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bangsa
c. berakhirnya penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia
d. tercapainya tujuan yang telah lama diper- juangkan oleh para pahlawan bangsa

2. Berikut yang termasuk tokoh PUTERA, yaitu ….
a. Soekarno
b. Soepomo
c. Soemitro
d. Soetomo

3. Berikut organisasi yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia, yaitu ….
a. PSII
b. Gerakan 3A
c. Masyumi
d. Romusha

4. Janji Jepang untuk memberikan kemerdekaan bagi Indonesia pada 7 September 1944 dikemukakan oleh ….
a. Perdana Menteri Koiso
b. Kaisar Hirohito
c. Laksamana Maeda
d. Jenderal Terauchi

5. Dalam sidang I BPUPKI, dibicarakan mengenai masalah ….
a. pembentukan UUD
b. dasar negara
c. wilayah Indonesia
d. pembentukan Panitia 9

6. Tokoh yang mengajukan usulan dasar negara, yaitu ….
a. Mas Mansyur
b. Moh. Yamin
c. Drs. Moh. Hatta
d. Drs. Supriyadi

7. Tokoh yang tidak termasuk Panitia 9, yaitu ….
a. Soekarno
b. A.A. Maramis
c. A.G. Kusno Tjokrosuroso
d. Soepomo

8. Dalam usaha menarik hati rakyat Indonesia dalam melawan Sekutu, Jepang memberi izin kepada rakyat Indonesia untuk ….
a. membentuk organisasi politik
b. mengibarkan bendera merah putih
c. mengikuti latihan kemiliteran
d. mengadakan rapat umum

9. Alasan yang mendorong adanya perubahan isi Piagam Jakarta pada sidang PPKI 18 Agustus 1945 adalah ….
a. isi Piagam Jakarta bersifat diskriminatif dan memihak golongan tertentu
b. adanya keinginan memisahkan diri golongan wilayah Indonesia Timur jika Piagam Jakarta dijadikan pedoman
c. keinginan sekelompok orang yang tidak menyetujui kesepakatan Panitia 9
d. isi Piagam Jakarta tidak sesuai dengan keinginan anggota PPKI

10. Berikut nilai luhur pahlawan yang harus kamu teladani, yaitu ….
a. semangat menyerah
b. tahan uji dan penderitaan
c. rela berkorban jika dibayar
d. sikap pamrih jika diminta

11. Berikut merupakan sifat dari penjajah, yaitu ….
a. sombong dan memeras
b. menjadikan masyarakat pintar
c. membantu mengeksploitasi sumber daya alam
d. membantu pembangunan negara

12. Divide et impera adalah politik yang dilakukan bangsa Belanda untuk ….
a. mempersatukan bangsa Indonesia
b. membangkitkan semangat bekerja
c. memecah belah bangsa Indonesia
d. mempersatukan kerajaan nusantara

13. Gambaran yang tepat bagi kondisi bangsa Indonesia dengan kedatangan Jepang ke Indonesia adalah ….
a. habis manis sepah dibuang
b. berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian
c. habis gelap terbitlah terang
d. lepas dari mulut harimau jatuh ke mulut buaya

14. Perikebangsaan, perikemanusiaan, periketuhanan, perikerakyatan, dan kesejahteraan sosial adalah isi dasar negara menurut ….
a. Mr. Soepomo
b. Moh. Yamin
c. Ir Soekarno
d. Drs. Moh. Hatta

15. Atas saran dari seorang ahli bahasa pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyebut dasar negara
Indonesia merdeka adalah ….
a. Pancasila
b. Sapta Marga
c. Panca Dharma
d. UUD 1945

16. Perubahan BPUPKI menjadi PPKI memperlihatkan ….
a. tokoh proklamasi menghianati perjanjian dengan Jepang
b. keinginan bangsa Indonesia untuk terlepas dari pengaruh Jepang
c. adanya unsur kepentingan politik yang menguntungkan sekelompok orang
d. bangsa Indonesia mempersiapkan diri untuk menerima hadiah kemerdekaan

17. Terjadinya suatu peristiwa Rengasdengklok membuktikan bahwa para pemuda ….
a. tidak percaya pada golongan tua
b. golongan tua selalu mengulur-ulur waktu
c. jiwa muda dan kepedulian pemuda terhadap kondisi bangsa
d. selalu mengutamakan emosi dan melupakan pemikiran rasional

18. Proklamasi kemerdekan Indonesia yang dicapai bangsa Indonesia adalah ….
a. hanya alat untuk mencapai cita-cita bangsa dalam mencapai tujuan negara
b. tujuan bangsa yang telah lama diidamkan
c. tujuan akhir persatuan rakyat Indonesia
d. kesadaran nasional bangsa Indonesia

19. Pada 18 Agustus 1945, dilaksanakan sidang pertama ….
a. PPKI
b. BPUPKI
c. KNIP
d. MPR

20. Proklamasi membuat perubahan dari hukum kolonial menjadi hukum nasional. Hal ini mendudukan proklamasi sebagai .…
a. sumber dari segala sumber hukum
b. perjanjian luhur bangsa
c. dasar negara
d. sumber tertib hukum nasional

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat.

1. Deskripsikan hakikat Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
2. Sebutkan beberapa bentuk penderitaan rakyat pada saat mengalami penjajahan.
3. Apakah yang menjadi pendorong utama terjadinya penjajahan di dunia?
4. Bagaimana cara Jepang menarik hati bangsa Indonesia dalam memerangi Sekutu?
5. Sebutkan tujuan pembentukan BPUPKI.
6. Mengapa antara para pemuda dan golongan tua sampai terjadi ketegangan dalam proses menuju Proklamasi?
7. Uraikan kegiatan organisasi Gerakan 3A, PUTERA, dan PETA.
8. Kemukakan makna Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.
9. Terangkan alasan perubahan isi Piagam Jakarta.
10. Deskripsikan nilai-nilai perjuangan yang harus ditiru oleh generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan.

Evaluasi Semester 1

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Prinsip dasar bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat dituangkan dalam bentuk ….
a. Batang Tubuh UUD 1945
b. Penjelasan UUD 1945
c. Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga
d. Pembukaan UUD 1945 alinea keempat

2. Cara mensyukuri nikmat karunia Tuhan berupa kemerdekaan RI adalah .…
a. merayakan peringatan kemerdekaan secara semarak
b. mengisi kemerdekaan dengan berbagai aktivitas setiap hari
c. menekuni berbagai aktivitas yang dapat dilakukan seusiamu
d. mengisi kemerdekaan dalam bentuk kegiatan yang diridhoi–Nya

3. Janji Jepang untuk memberikan kemerdekaan bagi Indonesia pada 7 September 1944 dikemukakan oleh ….
a. Perdana Menteri Koiso
b. Kaisar Hirohito
c. Laksamana Maeda
d. Jenderal Terauchi

4. Berikut merupakan contoh perilaku yang menggambarkan rasa cinta tanah air, adalah ….
a. petinju profesional berjuang untuk menjadi juara
b. pemain bulu tangkis berjuang mempertahankan Thomas Cup
c. penonton sepak bola fanatik mendukung tim kesayangannya
d. petenis mengikuti kejuaraan internasional

5. Tokoh yang tidak ikut serta mengajukan usulan dasar negara, yaitu ….
a. Soekarno
b. Moh. Yamin
c. Drs. Moh. Hatta
d. Soepomo

6. Hukum yang berlaku dalam suatu negara saat ini disebut hukum .…
a. positif
b. pidana
c. asasi
d. subjektif

7. Untuk menarik hati rakyat Indonesia dalam melawan Sekutu, Jepang memberi izin kepada rakyat Indonesia untuk ….
a. membentuk organisasi politik
b. mengibarkan bendera merah putih
c. mengikuti latihan kemiliteran
d. mengadakan rapat umum

8. Menjalin persatuan dan kesatuan bangsa dalam kehidupan bermasyarakat berguna untuk menghindari ….
a. perpecahan dalam masyarakat
b. pendapat masyarakat yang berbeda
c. kebhinnekatunggalikaan bangsa
d. perbedaan-perbedaan suku dan agama

9. Seseorang yang melanggar norma kesusilaan akan ….
a. hukuman denda
b. mendapatkan hukuman penjara
c. dikucilkan masyarakat
d. merasakan penyesalan

10. Berikut bukan nilai luhur pahlawan yang harus diteladani, yaitu ….
a. semangat pantang menyerah
b. tahan uji dan penderitaan
c. cinta tanah air dan rela berkorban
d. sikap pamrih meminta kedudukan

11. Divide et impera adalah politik yang dilakukan bangsa Belanda untuk ….
a. mempersatukan bangsa Indonesia
b. membangkitkan semangat bekerja
c. memecah belah bangsa Indonesia
d. mempersatukan kerajaan nusantara

12. Contoh dari pelaksanaan norma kesopanan di masyarakat, yaitu ….
a. menggunakan tangan kanan saat menerima sesuatu
b. menggunakan helm saat berkendaraan roda dua
c. melaksanakan ibadah tepat waktu
d. selalu berkata jujur dalam setiap tindakan

13. Perikebangsaan, perikemanusiaan, periketuhanan, perikerakyatan, dan kesejahteraan sosial adalah isi dasar negara menurut ….
a. Mr. Soepomo
b. Moh. Yamin
c. Ir Soekarno
d. Drs. Moh. Hatta

14. Salah satu ciri kesadaran hukum yang tinggi dalam masyarakat, yaitu ….
a. banyaknya tindakan main hakim sendiri
b. tingginya pengetahuan masyarakat tentang hukum
c. tidak terjadinya pelanggaran hukum
d. kepatuhan pada hukum

15. Perubahan BPUPKI menjadi PPKI memperlihatkan ….
a. tokoh proklamasi mengkhianati perjanjian dengan Jepang
b. keinginan bangsa Indonesia untuk terlepas dari pengaruh Jepang
c. adanya kepentingan politik yang menguntungkan sekelompok orang
d. bangsa Indonesia mempersiapkan diri untuk menerima hadiah kemerdekaan

16. Menurut isinya, hukum dibagi menjadi ….
a. hukum tertulis dan tidak tertulis
b. hukum privat dan publik
c. hukum nasional dan internasional
d. hukum formil dan materil

17. Teks Proklamasi disusun dengan mengatasnamakan bangsa Indonesia. Kemudian, ditandatangani oleh Soekarno-Hatta. Hal ini diusulkan oleh ….
a. Ahmad Subardjo
b. Sayuti Melik
c. Sukarni
d. Syahrir

18. Menurut Plato, hukum adalah ….
a. sistem peraturan-peraturan yang teratur dan tersusun baik yang mengikat masyarakat
b. sesuatu yang berlaku di suatu masyarakat untuk mengatur tata tertib masyarakat tersebut berdasarkan kekuasaan yang ada pada masyarakat
c. peraturan atau kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksi
d. aturan tingkah laku para anggota masyarakat yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh masyarakat

19. Proklamasi membuat perubahan dari hukum kolonial menjadi hukum nasional. Hal ini memosisikan proklamasi sebagai .…
a. sumber dari segala sumber hukum
b. perjanjian luhur bangsa
c. dasar negara
d. sumber tertib hukum nasional

20. Dalam kehidupan di masyarakat, norma tidak berfungsi sebagai ….
a. alat dan ketertiban
b. sarana untuk mewujudkan keadilan
c. sarana hukum bagi pelanggan
d. pengawasan bagi aparat penegak hukum

21. Manakah contoh sikap seseorang yang bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia dalam pergaulan kehidupan sehari-hari
a. hanya menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap kesepakatan berkomunikasi dengan siapapun
b. sering melakukan kegiatan-kegiatan sosial demi kemajuan bangsa dan negara dimanapun dia berada
c. selalu menggunakan barang buatan bangsa dan negara sendiri bila dihadapkan kepada beberapa pilihan
d. menggunakan barang-barang produksi dalam negeri untuk konsumsi sehari-hari

22. Sikap yang menunjukkan bela negara dilingkungan dapat diwujudkan dengan cara ….
a. mempelajari peraturan perundangan-undangan yang berlaku
b. mengetahui hak dan kewajiban warga negara yang baik
c. menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan
d. saling menghormati antarwarga masyarakat

23. Contoh sikap cinta persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a. menerima semua bentuk perlakuan orang lain
b. menolak setiap gagasan dari tetangga
c. tidak mendukung adanya perpecahan
d. membiarkan pertikaian antarwarga

24. Tujuan diberlakukannya hukum adalah ….
a. membela orang yang sedang berperkara di pengadilan
b. menciptakan ketertiban
c. memberikan hukuman yang seberat-beratnya kepada sikap pelanggaran
d. menciptakan kerja sama yang baik antara kepolisian, jaksa dan hakim

25. Sifat-sifat norma
I. 1. fleksibel, 2. Mengikat, 3. tertulis
II. 1. Memaksa, 2. Mengikat, 3. kaku
III. 1. Memaksa, 2. Luwes, 3. tertulis
IV. 1. Mengikat, 2. sanksinya tegas, 3. Toleran
Kelompok peryataan yang menunjukan perbedaan antara sifat norma hukum dengan norma agama, kesusilaan dan kesopanan adalah nomor ….
a. IV
b. III
c. II
d. I

26. Salah satu akibat yang akan timbul jika seorang siswa tidak mau mematuhi peraturan sekolah adalah ….
a. timbulnya keresahan guru dan orangtua
b. terganggunya ketertiban masyarakat
c. tidak dapat belajar dengan tertib dan tenang
d. terciptanya suasana gaduh dalam kelas

27. Karena kita menginginkan ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat, maka kita sadar untuk mengindahkan nilai-nilai dan norma-norma ….
a. agama, kesusilaan, dan budaya
b. kesusilaan, budaya, dan hukum
c. agama , budaya, dan hukum
d. kesusilaan, agama, dan hukum

28. Badan penegak hukum yang bertugas melakukan penuntutan dalam sidang pengadilan adalah ….
a. jaksa
b. pembela
c. hakim
d. panitera

29. Perhatikan pernyataan berikut.
1. menuruti nasihat orangtua
2. mematuhi rambu-rambu lalu lintas
3. minta maaf jika melakukan kesalahan
4. membayar pajak pada waktunya
5. berpakaian secara sopan
6. membuang sampah pada tempatnya
Dari pernyataan di atas, contoh perbuatan yang sesuai dengan norma hukum adalah ….
a. 2, 4 dan 6
b. 1, 2, dan 5
c. 3, 5 dan 6
d. 1, 2 dan 4

30. Dalam masyarakat terdapat berbagai norma. Sikap kita terhadap norma yang berlaku dalam masyarakat adalah ….
a. menghayati norma yang berlaku
b. menunjukan norma itu pada masyarakat umum
c. mematuhi norma dengan rasa tanggung jawab
d. mempelajari norma yang ada di masyarakat

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat.

1. Uraikan perbedaan antara hukum perdata dan hukum pidana.
2. Sesuaikan beberapa bentuk penderitaan rakyat pada saat mengalami penjajahan.
3. Kemukakan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kesadaran mematuhi hukum yang berlaku.
4. Terangkan macam hukuman pokok dan hukuman tambahan.
5. Uraikan fungsi dan tujuan hukum.
6. Deskripsikan peristiwa Rengasdengklok.
7. Deskripsikan akibat yang ditimbulkan jika suatu masyarakat tidak menaati hukum.
8. Bagaimana cara Jepang menarik hati bangsa Indonesia dalam memerangi Sekutu?
9. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam hukum.
10. Kemukakan beberapa bentuk penderitaan rakyat pada saat mengalami penjajahan Belanda.

Evaluasi Bab 3

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Dokumen hak asasi manusia yang pertama kali muncul adalah ….
a. Magna Charta
b. Piagam Madinah
c. The Declaration of Independence
d. The Universal Declaration of Human Right

2. Hak asasi manusia merupakan dasar pemberian dari ….
a. orangtua
b. negara
c. Tuhan
d. diri sendiri

3. Pengakuan atas hak asasi manusia di Indonesia secara resmi diakui dan dijamin oleh negara pada ….
a. 17 Agustus 1945
b. 18 Agustus 1945
c. 29 Desember 1949
d. 5 Juli 1955

4. Pengakuan atas hak asasi manusia diatur dalam UUD 1945, yaitu tercantum pada Bab ….
a. IX
b. XA
c. XIA
d. XII

5. Pelarangan pembunuhan atau perampasan nyawa orang lain diatur dalam UUD 1945 Pasal ….
a. 28-A
b. 28-B
c. 28-C
d. 28-D

6. Hak untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya termasuk hak asasi bidang ….
a. politik
b. pribadi
c. ekonomi
d. sosial budaya

7. Undang-undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah bersama DPR tentang HAM adalah Undang-Undang nomor ….
a. 36 Tahun 1998
b. 39 Tahun 1999
c. 26 Tahun 1998
d. 26 Tahun 2000

8. Dalam pelaksanaan HAM, setiap manusia memiliki kewajiban asasi, yaitu berupa ….
a. kebebasan menuntut hak
b. menghormati hak asasi orang lain
c. keharusan untuk melaksanakan haknya sendiri
d. kebebasan memilih hak asasi yang disukainya

9. Lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengadakan penyelidikan mengenai kasus pelanggaran HAM adalah ….
a. Kepolisian
b. Kejaksaan Agung
c. LBH
d. Komnas HAM

10. Berikut bukan merupakan contoh kejahatan genosida, yaitu ….
a. penghilangan nyawa secara paksa
b. pembunuhan suatu etnis
c. pencegahan kehamilan
d. penggusuran permukiman

11. Negara menjamin, melindungi, dan mengakui hak asasi manusia berdasarkan ….
a. sifat kodrat manusia
b. keseimbangan hak dan kewajiban
c. jasa seseorang terhadap negara
d. persamaan keadilan

12. Tinggi atau rendahnya nilai martabat seseorang ditentukan oleh ….
a. harta benda yang dimiliki
b. tingkat pendidikan yang dicapai
c. budi pekerti yang diamalkan
d. kedudukan sosial dalam masyarakat

13. Hak untuk mendapatkan pendidikan merupakan hak asasi dalam bidang ….
a. politik
b. ekonomi
c. hukum
d. sosial budaya

14. Membela negara merupakan suatu hak dan kewajiban yang telah diatur dalam UUD 1945 Pasal ….
a. 27 ayat 1
b. 27 ayat 3
c. 29 ayat 2
d. 30 ayat 1

15. Undang-Undang Nomor. 39 Tahun 1999 mengatur tentang ….
a. kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum
b. hak asasi manusia
c. pendidikan nasional
d. pertahanan dan keamanan nasional

16. Keppres Nomor. 50 Tahun 1993 berisi tentang pembentukan lembaga perlindungan HAM. Keppres ini kemudian ditindaklanjuti dengan dibentuknya ….
a. Kontras
b. LBH
c. YLBHI
d. Komnas HAM

17. Menyebarluaskan wawasan mengenai hak asasi manusia kepada masyarakat Indonesia merupakan bagian dari fungsi Komnas HAM, yaitu fungsi …..
a. pengkajian dan penelitian
b. penyuluhan
c. pemantauan
d. mediasi

18. Menurut UU Nomor. 39 Tahun 1999, yang termasuk pelanggaran HAM berat, yaitu ….
a. genosida
b. korupsi
c. pembajakan
d. pencurian dengan kekerasan

19. Dalam Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 diatur tentang ….
a. hak asasi manusia
b. Komnas HAM
c. Pengadilan HAM
d. Pengadilan tata usaha negara

20. Kejadian yang tidak termasuk pelanggaran HAM berat di Indonesia, yaitu kasus ….
a. Trisakti
b. Marsinah
c. Tsunami
d. Tanjung Priok

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat.

1. Dekripsikan pengertian hak asasi manusia menurut UU No. 39 Tahun 1999.
2. Uraikan penggolongan hak asasi manusia.
3. Uraikan tujuan pemberian bantuan hukum.
4. Uraikan lima instrumen hak asasi manusia di Indonesia.
5. Uraikan kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia.
6. Kemukakan tiga pasal dalam UUD 1945 yang mengatur hak asasi manusia.
7. Apa yang kamu ketahui tentang kewajiban asasi manusia?
8. Terangkan lima fungsi Komnas HAM.
9. Deskripsikan ciri-ciri negara hukum menurut Friedrich J. Stahl.
10. Bagaimana cara kamu menghargai hak asasi orang lain?

Evaluasi Bab 4

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Jika temanmu sedang berbicara di depan kelas, sebaiknya kamu ….
a. berpura-pura menyimak
b. langsung memotong pembicaraan
c. menyimak dan memberikan pendapat jika diminta
d. masa bodoh

2. Sesuai dengan bunyi pasal 28 UUD 1945, setiap warga negara Indonesia berhak ….
a. beragama dan beribadah
b. berserikat dan berpendapat
c. memperoleh pekerjaan
d. mendapatkan pendidikan

3. Sikap yang bertentangan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban, yaitu ….
a. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
b. menuntut hak dan mengabaikan kewajiban
c. menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban
d. melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang

4. Asas yang tidak mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum, yaitu ….
a. musyawarah dan mufakat
b. proporsionalitas
c. keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. kepentingan pribadi dan golongan

5. Undang-undang yang mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum, yaitu ….
a. UU No. 9 Tahun 1997
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 7 Tahun 1999
d. UU No. 9 Tahun 1999

6. Contoh cara penyampaian pendapat melalui tulisan, yaitu ….
a. mogok makan
b. dialog
c. spanduk
d. orasi

7. Tempat yang tidak boleh digunakan sebagai tempat menyampaikan pendapat, yaitu ….
a. lapangan
b. rumah sakit
c. jalan raya
d. kampus

8. Salah satu tugas aparat kepolisian dalam hal kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum, yaitu ….
a. membicarakannya
b. melarangnya
c. menyemprot gas air mata
d. menyelenggarakan pengamanan

9. Mengemukakan pikiran secara bebas berarti mengemukakan pendapat ….
a. atas pengaruh orang lain
b. tanpa tekanan fisik dan mental dari pihak lain
c. atas perintah atasan
d. atas kehendak orangtua

10. Peserta unjuk rasa tidak diperbolehkan untuk melakukan hal ….
a. menutup jalan umum
b. menjaga ketertiban umum
c. menjunjung norma agama
d. menjunjung norma kesopanan

11. Kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengemukakan pikiran dengan lisan atau tulisan secara demonstratif di muka umum disebut ….
a. rapat umum
b. mimbar bebas
c. demonstrasi
d. ceramah

12. Pertemuan terbuka yang dilakukan untuk menyampaikan pendapat dengan tema tertentu disebut ….
a. mimbar bebas
b. demonstrasi
c. rapat umum
d. pawai

13. Membuat pamflet, selebaran, brosur, spanduk, poster, dan baliho adalah salah satu bentuk penyampaian pendapat secara ….
a. lisan
b. tulisan
c. media
d. seni

14. Membuat saran lewat koran, mengirim surat, atau mengirim SMS ke nomor telepon selular pemerintah merupakan bentuk penyampaian pendapat secara ….
a. lisan
b. tulisan
c. media
d. seni

15. Pemberitahuan kepada pihak kepolisian secara tertulis tidak berlaku untuk kegiatan .…
a. pertandingan final liga Indonesia
b. ilmiah di dalam kampus dan kegiatan keagamaan
c. pengkajian ajaran terlarang di taman kota
d. konser amal artis ibu kota

16. Aparatur pemerintah dan Polri tidak berkewajiban dan bertanggung jawab untuk ….
a. melindungi hak asasi manusia
b. melarang semua bentuk penyampaian pendapat
c. menghargai prinsip praduga tak bersalah
d. menyelenggarakan pengamanan

17. Tempat yang diperbolehkan untuk melaksanakan penyampaian pendapat di muka umum, yaitu ….
a. rumah sakit
b. istana negara
c. terminal angkutan umum
d. lapangan terbuka

18. Berikut ini merupakan asas-asas dalam pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum, kecuali ….
a. asas keseimbangan antara hak dan kewajiban
b. asas musyawarah dan mufakat
c. asas kepastian hukum dan keadilan
d. asas toleransi antarumat beragama

19. Kamu dapat menyampaikan pendapat melalui lembaga wakil rakyat, yaitu ke ….
a. Mahkamah Agung
b. Dewan Pertimbangan Agung
c. Komisi Pemberantasan Korupsi
d. Dewan Perwakilan Rakyat

20. OSIS sebagai organisasi siswa di sekolah adalah perwujudan kemerdekaan warga negara untuk ….
a. berpolitik praktis
b. menaati hukum
c. berserikat dan berkumpul
d. mendapatkan pendidikan

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat.

1. Deskripsikan pengertian kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum..
2. Uraikan contoh-contoh penyampaian pendapat secara lisan dan tulisan.
3. Terangkan asas-asas dalam menyampaikan pendapat di muka umum.
4. Mengapa seseorang yang akan menyampaikan pendapat di muka umum harus melaporkan terlebih dahulu ke pihak kepolisian?
5. Deskripsikan apa jaminan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat yang tertera.dalam UUD 1945.
6. Deskripsikan tempat-tempat yang dilarang untuk melakukan unjuk rasa
7. Uraikan akibat yang terjadi jika terdapat pembatasan dalam menyampaikan pendapat.
8. Terangkan hak warga negara dalam menyampaikan pendapat di muka umum.
9. Deskripsikan empat contoh bentuk kemer dekaan dalam menyampaikan pendapat bagi siswa di sekolah.
10. Uraikan tujuan pengaturan penyampaian pendapat di muka umum

Evaluasi Semester 2

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Pengakuan hak asasi manusia di Indonesia secara resmi diakui dan dijamin oleh negara pada ….
a. 17 Agustus 1945
b. 18 Agustus 1945
c. 29 Desember 1949
d. 5 Juli 1955

2. Seorang warga negara dapat menyampaikan pendapat melalui ….
a. Mahkamah Agung
b. Dewan Pertimbangan Agung
c. Komisi Pemberantasan Korupsi
d. Dewan Perwakilan Rakyat

3. Pelarangan pembunuhan atau perampasan nyawa orang lain diatur dalam UUD 1945 pasal ….
a. 28-A
b. 28-B
c. 28-C
d. 28-D

4. Tempat yang diperbolehkan untuk dapat melaksanakan penyampaian pendapat di muka umum, yaitu ….
a. rumah sakit
b. istana negara
c. terminal angkutan umum
d. lapangan terbuka

5. Undang-undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah bersama DPR tentang HAM adalah Undang-Undang nomor ….
a. 26 Tahun 1998
b. 26 Tahun 2000
c. 36 Tahun 1998
d. 39 Tahun 1999

6. Pemberitahuan kepada Polri secara tertulis tidak berlaku untuk kegiatan .…
a. pertandingan final liga Indonesia
b. ilmiah di dalam kampus dan kegiatan keagamaan
c. pengkajian ajaran terlarang di taman kota
d. konser amal artis ibu kota

7. Lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengadakan penyelidikan atas kasus pelanggaran HAM adalah ….
a. Kepolisian
b. Kejaksaan Agung
c. Lembaga Bantuan Hukum
d. Komnas HAM

8. Membuat pamflet, selebaran, brosur, spanduk, poster, dan baliho adalah salah satu bentuk penyampaian pendapat secara ….
a. lisan
b. tulisan
c. media
d. seni

9. Negara menjamin dan melindungi hak asasi manusia berdasarkan ….
a. sifat kodrat manusia
b. keseimbangan hak dan kewajiban
c. jasa seseorang terhadap negara
d. persamaan keadilan

10. Kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengemukakan pikiran dengan lisan, atau tulisan secara demonstratif di muka umum disebut ….
a. rapat umum
b. demonstrasi
c. mimbar bebas
d. ceramah

11. Hak untuk mendapatkan pendidikan adalah merupakan hak asasi dalam bidang ….
a. politik
b. ekonomi
c. hukum
d. sosial budaya

12. Mengemukakan pikiran secara bebas berarti mengemukakan pendapat ….
a. atas pengaruh orang lain
b. tanpa tekanan fisik dan mental dari pihak lain
c. atas perintah atasan
d. atas kehendak orangtua

13. Undang-Undang Nomor. 39 Tahun 1999 yang mengatur tentang ….
a. kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum
b. hak asasi manusia
c. pendidikan nasional
d. pertahanan dan keamanan nasional

14. Tempat yang tidak boleh digunakan sebagai tempat menyampaikan pendapat, yaitu ….
a. lapangan
b. jalan raya
c. rumah sakit
d. kampus

15. Menyebarluaskan wawasan mengenai hak asasi manusia kepada masyarakat Indonesia merupakan bagian dari fungsi Komnas HAM, yaitu fungsi …..
a. pengkajian dan penelitian
b. penyuluhan
c. pemantauan
d. mediasi

16. Undang-undang yang mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum, yaitu ….
a. UU No. 7 Tahun 1997
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 9 Tahun 1999
d. UU No. 9 Tahun 1999

17. Dalam undang-undang Nomor. 26 Tahun 2000, diatur tentang ….
a. hak asasi manusia
b. Komnas HAM
c. Pengadilan HAM
d. Pengadilan Tata Usaha Negara

18. Sikap yang bertentangan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban, yaitu ….
a. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
b. menuntut hak dan mengabaikan kewajiban
c. menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban
d. melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang

19. Dokumen Hak Asasi Manusia yang pertama kali muncul adalah ….
a. Magna Charta
b. Bill of Right
c. Piagam Madinah
d. The Universal Declaration of Human Right

20. Peserta unjuk rasa tidakdiperbolehkan untuk melakukan hal ….
a. menutup jalan umum
b. menjaga ketertiban umum
c. menjunjung norma agama
d. menjunjung norma kesopanan

21. Kebebasan beribadah dan memeluk agama merupakan hak yang paling asasi, karena itu umat beragama berkewajiban ….
a. saling menghormati satu sama lain
b. memeluk salah satu agama
c. melaksanakan segala perintah-Nya
d. bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

22. Berikut bukan merupakan perbuatan memperlakukan orang lain sesuai harkat, martabat, dan derajatnya adalah ….
a. mengutamakan kepentingan bersama
b. mengembangkan sikap tenggang rasa
c. tidak semena-mena terhadap orang lain
d. tidak membeda-bedakan antarsesama manusia

23. Bangsa Indonesia menyadari dan mengakui hak seseorang untuk berpegang teguh pada ajaran agamanya serta memiliki hak yang sama untuk membina dan mengembangkan ajaran agamanya. Dari ilustrasi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa manfaat tenggang rasa adalah ….
a. memberi kebebasan kepada orang lain untuk tidak beragama
b. menjalin kelangsungan kegiatan apapun tanpa terbatasi ajaran agama
c. bangsa Indonesia memberi kesempatan kepada bangsa lain berbeda agama
d. menjamin ketenangan beribadat dan keselamatan bangsa dan negara

24. Jika kita harus menerima ganti rugi karena lahan yang digunakan pembangunan, sebaiknya sebagai warga negara yang baik harus ….
a. menerima ganti rugi yang menguntungkan
b. patuh saja pada pemerintah walaupun kita rugi
c. mempertahankan hak milik kita walaupun harus berjuang
d. merelakannya dan menerima ganti rugi sesuai aturan pemerintah

25. Hak yang paling asasi adalah kebebasan memeluk agama yang diyakini karena bersumber pada martabat manusia sebagai ….
a. makhluk Tuhan
b. makhluk individu
c. makhluk politik
d. makhluk sosial

26. Mendahulukan kewajiban daripada hak tergambar pada perbuatan berikut, yaitu ….
a. mengerjakan soal ulangan dengan baik baru memperoleh nilai yang baik
b. meminta uang jajan dahulu baru membantu orang tua
c. menaati segala peraturan yang ada di sekitar
d. menyelesaikan pekerjaan rumah dengan baik sesuai dengan kemampuan

27. Pelaksanaan mengenai hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari hendaklah ….
a. mengutamakan kewajiban
b. selaras, serasi, dan seimbang
c. tidak perlu seimbang pelaksanaannya
d. mendahulukan hak daripada kewajiban

28. Pasal 28 dalam UUD 1945 mengatur ….
a. kewajiban membayar pajak
b. hak memperoleh pendidikan
c. kebebasan memeluk agama
d. kebebasan mengeluarkan pendapat

29. Berikut yang tidak termasuk makna dari pasal 28 UUD 1945, yaitu ….
a. semua warga negara boleh berserikat
b. semua warga negara berhak menyampaikan pendapat
c. semua warga negara boleh mengadakan pertemuan
d. semua warga negara memiliki hak memilih dan dipilih dalam pemilu

30. Salah satu contoh pelaksanaan dari pasal 28 UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari, adalah ….
a. semua warga negara wajib menjunjung hukum
b. semua warga negara dapat duduk dalam pemerintahan
c. semua warga negara berhak dan wajib membela negara
d. semua warga negara berhak menyampaikan pendapat
.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat.

1. Uraikan contoh-contoh penyampaian pendapat secara lisan, tulisan, dan cara lainnya.
2. Kemukakan macam-macam hak asasi manusia.
3. Mengapa seseorang yang akan menyampaikan pendapat di muka umum harus melaporkan terlebih dahulu kepada pihak kepolisian?
4. Deskripsikan lima instrumen hak asasi manusia di Indonesia.
5. Deskripsikan tempat-tempat yang dilarang untuk melakukan unjuk rasa.
6. Deskripsikan tiga pasal dalam UUD 1945 yang mengatur hak asasi manusia.
7. Uraikan kewajiban warga negara dalam menyampaikan pendapat di muka umum.
8. Uraikan beberapa fungsi Komnas HAM.
9. Uraikan tujuan pengaturan penyampaian pendapat di muka umum.
10. Uraikan tindakan yang mencerminkan sikap menghargai hak asasi orang lain.

Evaluasi Akhir Tahun

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Hukum adalah serumpun peraturan-peraturan yang bersifat memaksa yang diadakan untuk mengatur dan melindungi kepentingan orang dalam masyarakat. Pengertian hukum tersebut merupakan pendapat ….
a. Bellfroid
b. Van Kant
c. Duguit
d. E. Utrecht

2. Menurut Plato, hukum adalah ….
a. Sistem peraturan-peraturan yang teratur dan tersusun baik yang mengikat masyarakat
b. Sesuatu yang berlaku di suatu masyarakat untuk mengatur tata tertib masyarakat tersebut berdasarkan kekuasaan yang ada pada masyarakat
c. peraturan atau kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksi
d. aturan tingkah laku para anggota masya- rakat yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh masyarakat

3. Peraturan yang bersumber dari pergaulan hidup manusia adalah norma ….
a. hukum
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. agama

4. Menurut isinya, hukum dibagi menjadi ….
a. hukum tertulis dan tidak tertulis
b. hukum privat dan publik
c. hukum nasional dan internasional
d. hukum formil dan materil

5. Hukum yang mengatur pelaksanaan hukum materil disebut ….
a. hukum perdata
b. hukum pidana
c. hukum formil
d. hukum positif

6. Salah satu ciri kesadaran hukum yang tinggi dalam masyarakat, yaitu ….
a. banyaknya tindakan main hakim sendiri
b. tingginya pengetahuan masyarakat tentang hukum
c. tidak terjadinya pelanggaran hukum
d. kepatuhan pada hukum

7. Sifat memaksakan kehendak dalam penerapan norma hukum berarti ….
a. hukum hanya berlaku bagi sekelompok orang
b. hukum berlaku bagi seluruh warga negara
c. dikenakan hukuman bagi setiap orang
d. kedudukan setiap orang di mata hukum sama

8. Pada hakikatnya norma hukum yang berlaku dalam masyarakat berfungsi untuk ….
a. membentuk negara hukum
b. meningkatkan kesadaran hukum
c. menciptakan ketertiban
d. melindungi penegak hukum

9. Hukum yang berlaku dalam suatu negara saat ini disebut hukum .…
a. positif
b. pidana
c. asasi
d. subyektif

10. Salah satu contoh perilaku yang tidak menghormati orang lain dalam melaksanakan ibadah, adalah ….
a. membiarkan orang lain tidak beribadah
b. membiarkan orang lain melaksanakan ibadah
c. menciptakan suasana yang mengganggu ketenangan ibadah
d. membiarkan tata cara ibadah orang lain berbeda dengan tata cara ibadah kita

11. Arti penting Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, yaitu ….
a. merupakan akhir perjuangan bagi bangsa Indonesia melawan penjajah
b. titik puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bangsa
c. berakhirnya penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia
d. tercapainya tujuan yang telah lama diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa

12. Organisasi yang tidak dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia, yaitu ….
a. Kempetai
b. Gerakan 3A
c. PUTERA
d. PETA

13. Dalam sidang I BPUPKI, dibicarakan mengenai masalah ….
a. pembentukan UUD
b. dasar negara
c. wilayah Indonesia
d. pembentukan Panitia 9

14. Tokoh yang tidak termasuk Panitia 9, yaitu ….
a. Soekarno
b. A.A. Maramis
c. A.G. Kusno Tjokrosuroso
d. Soepomo

15 Alasan yang mendorong adanya perubahan isi Piagam Jakarta pada sidang PPKI 18 Agustus 1945 adalah ….
a. isi Piagam Jakarta bersifat diskriminatif dan memihak golongan tertentu
b. adanya keinginan memisahkan diri golongan wilayah Indonesia Timur jika Piagam Jakarta dijadikan pedoman
c. keinginan sekelompok orang yang tidak menyetujui kesepakatan Panitia 9
d. isi Piagam Jakarta tidak sesuai dengan keinginan anggota PPKI

16. Divide et impera adalah politik yang dilakukan bangsa Belanda untuk ….
a. mempersatukan bangsa Indonesia
b. membangkitkan semangat bekerja
c. memecah belah bangsa Indonesia
d. mempersatukan kerajaan nusantara

17. Perikebangsaan, perikemanusiaan, periketuhanan, perikerakyatan, dan kesejahteraan sosial adalah isi dasar negara menurut ….
a. Mr. Soepomo
b. Moh. Yamin
c. Ir Soekarno
d. Drs. Moh. Hatta

18. Terjadinya peristiwa Rengasdengklok membuktikan bahwa para pemuda ….
a. tidak percaya pada golongan tua
b. golongan tua selalu mengulur-ulur waktu
c. jiwa muda dan kepedulian pemuda terhadap kondisi bangsa
d. selalu mengutamakan emosi dan melupakan pemikiran rasional

19. Proklamasi kemerdekan Indonesia yang dicapai bangsa Indonesia adalah ….
a. hanya alat untuk mencapai cita-cita bangsa dalam mencapai tujuan negara
b. tujuan bangsa yang telah lama diidamkan
c. tujuan akhir persatuan rakyat Indonesia
d. kesadaran nasional bangsa Indonesia

20. Proklamasi membuat perubahan dari hukum kolonial menjadi hukum nasional. Hal ini mendudukan proklamasi sebagai .…
a. sumber dari segala sumber hukum
b. perjanjian luhur bangsa
c. dasar negara
d. sumber tertib hukum nasional

21. Dokumen hak asasi manusia yang pertama kali muncul adalah ….
a. Magna Charta
b. Piagam Madinah
c. The Declaration of Independence
d. The Universal Declaration of Human Right

22. Pengakuan hak asasi manusia di Indonesia secara resmi diakui dan dijamin oleh negara pada ….
a. 17 Agustus 1945
b. 18 Agustus 1945
c. 29 Desember 1949
d. 5 Juli 1955

23. Pengakuan hak asasi manusia diatur dalam UUD 1945, yaitu tercantum pada Bab ….
a. IX
b. XA
c. XIA
d. XII

24. Pelarangan pembunuhan atau perampasan nyawa orang lain diatur dalam UUD 1945 Pasal ….
a. 28-A
b. 28-B
c. 28-C
d. 28-D

25. Undang-undang yang ditetapkan oleh pemerintah bersama DPR tentang HAM adalah Undang-Undang nomor ….
a. 36 Tahun 1998
b. 39 Tahun 1999
c. 26 Tahun 1998
d. 26 Tahun 2000

26. Lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengadakan penyelidikan atas kasus pelanggaran HAM adalah ….
a. Kepolisian
b. Kejaksaan Agung
c. LBH
d. Komnas HAM

27. Membela negara merupakan suatu hak dan kewajiban yang telah diatur dalam UUD 1945 Pasal ….
a. 27 ayat 1
b. 27 ayat 3
c. 29 ayat 2
d. 30 ayat 1

28. Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 mengatur tentang ….
a. kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum
b. hak asasi manusia
c. pendidikan nasional
d. pertahanan dan keamanan nasional

29. Keppres No. 50 Tahun 1993 berisi tentang pembentukan lembaga perlindungan HAM. Keppres ini kemudian ditindaklanjuti dengan dibentuknya ….
a. Kontras
b. LBH
c. YLBHI
d. Komnas HAM

30. Menurut UU No. 39 Tahun 1999, yang termasuk pelanggaran HAM berat, yaitu ….
a. genosida
b. korupsi
c. pembajakan
d. pencurian dengan kekerasan

31. Sesuai dengan bunyi pasal 28 UUD 1945, setiap warga negara Indonesia berhak ….
a. beragama dan beribadah
b. berserikat dan berpendapat
c. memperoleh pekerjaan
d. mendapatkan pendidikan

32. Sikap yang bertentangan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban, yaitu ….
a. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
b. menuntut hak dan mengabaikan kewajiban
c. menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban
d. melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang

33. Salah satu tugas aparat kepolisian dalam hal kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum, yaitu ….
a. membicarakannya
b. melarangnya
c. menyemprot gas air mata
d. menyelenggarakan pengamanan

34. Mengemukakan pikiran secara bebas berarti mengemukakan pendapat ….
a. atas pengaruh orang lain
b. tanpa tekanan fisik dan mental dari pihak lain
c. atas perintah atasan
d. atas kehendak orangtua

35. Peserta unjuk rasa tidak diperbolehkan untuk melakukan hal ….
a. menutup jalan umum
b. menjaga ketertiban umum
c. menjunjung norma agama
d. menjunjung norma kesopanan

36. Kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengemukakan pikiran dengan lisan atau tulisan secara demonstratif di muka umum disebut ….
a. rapat umum
b. demonstrasi
c. mimbar bebas
d. ceramah

37. Pertemuan terbuka yang dilakukan untuk menyampaikan pendapat dengan tema tertentu disebut ….
a. mimbar bebas
b. demonstrasi
c. rapat umum
d. pawai

38. Membuat pamflet, selebaran, brosur, spanduk, poster, dan baliho adalah salah satu bentuk penyampaian pendapat secara ….
a. lisan
b. tulisan
c. media
d. seni

39. Pemberitahuan kepada pihak kepolisian secara tertulis tidak berlaku untuk kegiatan .…
a. pertandingan final liga Indonesia
b. ilmiah di dalam kampus dan kegiatan keagamaan
c. pengkajian ajaran terlarang di taman kota
d. konser amal artis ibu kota

40. Aparatur pemerintah dan Polri tidak berkewajiban dan bertanggung jawab untuk ….
a. melindungi hak asasi manusia
b. melarang semua bentuk penyampaian pendapat
c. menghargai prinsip praduga tak bersalah
d. menyelenggarakan pengamanan

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat.

1. Kemukakan apa saja norma-norma yang ada di masyarakat.
2. Uraikan unsur-unsur yang terdapat dalam hukum.
3. Deskripsikan fungsi dan tujuan hukum.
4. Deskripsikan hakikat Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
5. Uraikan tujuan pembentukan BPUPKI.
6. Kemukakan alasan perubahan isi Piagam Jakarta.
7. Dekripsikan pengertian hak asasi manusia menurut UU No. 39 Tahun 1999.
8. Kemukakan lima instrumen hak asasi manusia di Indonesia.
9. Deskripsikan pengertian kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.
10. Uraikan contoh-contoh penyampaian pendapat secara lisan dan tulisan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s