Soal PKn 9 Paket 5

Ulangan Kompetensi Dasar 1

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Adanya wilayah.
2) Adanya undang-undang dasar.
3) Adanya pengakuan dan penghormatan dari negara lain.
4) Adanya pemerintahan yang berdaulat.
5) Adanya hubungan kerja sama dengan negara lain.
Yang merupakan unsur deklaratif berdirinya suatu negara adalah ditunjukan oleh nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 5
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 4, dan 5

2. Syarat penting yang harus dipenuhi oleh negara yang ingin melakukan hubungan diplomatik adalah . . . .
a. merdeka
b. rakyat
c. pemerintah yang daulat
d. undang-undang

3. Fungsi negara sebagai pengatur kehidupan dalam suatu negara demi tercapainya . . . .
a. hukum negara
b. politik negara
c. tujuan negara
d. ideologi negara

4. Bangsa Indonesia berhak dan wajib membela serta mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. Pernyataan ini merupakan . . . .
a. tujuan bela negara
b. prinsip bela negara
c. hakikat bela negara
d. modal dasar bela negara

5. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Penduduk
2. Warga negara
3. Bukan penduduk
4. Penghuni negara
5. Bukan warga negara
Pernyataan di atas merupakan pembelaan rakyat berdasarkan hubungan dengan pemerintah negaranya, ditunjukkan oleh pasangan nomor . . . .
a. 1, 3, dan 5
b. 2, 4, dan 5
c. 1, 3, dan 4
d. 1, 2, dan 5

6. Berikut yang merupakan unsur-unsur terbentuknya suatu negara adalah ….
a. adanya persamaan keturunan, kesamaan tujuan dan cita-cita serta sepenanggungan
b. adanya rakyat, wilayah, dan pemerintah yang berdaulat
c. adanya pengakuan de facto dan de Jure
d. terdapatnya tujuan dan cita-cita, hukum dasar tertulis, dan pengakuan penuh dari seluruh rakyat

7. Penetapan batas-batas wilayah suatu negara dilakukan melalui . . . .
a. intervensi negara lain
b. perjanjian
c. kehendak sendiri
d. dukungan dari negara lain

8. Batas negara belum dilakukan pengukuran batas-batasnya secara tepat. Kemudian diambilah patokan-patokan alam. Batas negara seperti ini merupakan batas negara secara . . . .
a. spontan
b. buatan
c. alamiah
d. kesepakatan pengakuan

9. Batas negara yang memiliki kedaulatan atas laut berjarak hingga 12 mil laut dari garis lurus pantainya disebut . . . .
a. Batas Landas Continen
b. batas ZEE
c. Batas Zona Bersebelahan
d. Batas Laut Teritorial

10. Yang bukan merupakan hak negara pantai dalam batas ZEE adalah . . . .
a. nelayan asing menangkap ikan dalam wilayah ZEE
b. menggali dan mengolah kekayaan alam lautan
c. melakukan kegiatan ekonomi tertentu
d. negara diperkenankan memasang alat kabel atau pipa di bawah lautannya

11. Penentuan batas wilayah suatu negara baik daratan dan atau lautan dibuat dalam bentuk . . . .
a. traktat
b. dokrin
c. agresi
d. invasi

12. Hak dan kewajiban warga negara dalam upaya bela negara diatur dalam UUD 1945 pasal . . . .
a. 26 dan 27
b. 27 dan 29
c. 27 dan 30
d. 28 dan 30

13. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui . . . .
a. pengabdian sesuai dengan profesi
b. wajib militer untuk setiap warga negara tanpa kecuali
c. turut menjadi informan asing
d. turut serta dalam upaya intervensi negara lain

14. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara bertujuan mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki jiwa . . . .
a. nasionalisme, individualisme, dan patriotisme
b. individualisme, patriotisme, dan chauvinisme
c. nasionalisme, patriotisme, dan Pancasilais
d. individualisme, patriotisme, dan Pancasilais

15. Alat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki tugas pokok menegakan kedaulatan negara dan keutuhan wilayahnya adalah . . . .
a. TNI
b. POLRI
c. Presiden
d. MPR

16. Yang bukan merupakan alat utama pertahanan keamanan nasional adalah ….
a. TNI
b. Rakyat Terlatih
c. cadangan TNI
d. POLRI

17. Tujuan keterlibatan warga negara sebagai rakyat terlatih yaitu . . . .
a. memberikan pembekalan mental spiritual warga negaranya
b. turut serta dalam mobilisasi
c. meningkatkan pendapatan individu
d. menjaga ketertiban, keamanan dan melindungi masyarakat

18. Keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa merupakan inti dari . . . .
a. hakikat ketahanan nasional
b. konsepsi ketahanan nasional
c. asas ketahanan nasional
d. wawasan nusantara

19. Sistem pertahanan keamanan di Indonesia adalah . . . .
a. ketahanan nasional
b. pertahanan keamanan rakyat semesta
c. disiplin nasional
d. stabilitas nasional yang dinamis

20. Yang merupakan bentuk bela negara secara non-fisik adalah . . . .
a. turut serta sebagai rakyat terlatih
b. turut serta pelatihan dasar kemiliteran
c. meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku
d. meningkatkan pengabdian sebagai prajurit TNI

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !

1. Jelaskan prinsip bela negara menurut pendapatmu, jika dihubungkan dengan situasi dan kondisi Indonesia!
2. Jelaskanlah arti penting partisipasi warga negara dalam upaya bela negara!
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan usaha bela negara?
4. Sebutkan unsur konstitutif berdirinya suatu negara!
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perwujudan wawasan nusantara sebagai satu pertahanan keamanan!
6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara!
7. Sebutkan contoh-contoh bentuk bela negara yang dapat kalian lakukan sebagai seorang pelajar!
8. Sebutkan dan jelaskan sistem pertahanan keamanan Indonesia!
9. Sebutkan bentuk-bentuk partisipasi warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
10. Jelaskan peranan POLRI dalam upaya bela negara di Indonesia!

Ulangan Kompetensi Dasar 2

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Kewenangan daerah otonomi untuk dapat mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri disebut . . .
a. otonomi daerah
b. kewenangan daerah
c. daerah otonom
d. daerah

2. Kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas wilayah tertentu, berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan aspirasi masyarakat sendiri adalah . . . .
a. otonomi daerah
b. daerah
c. kewenangan daerah
d. daerah otonom

3. Pelaksanaan asas dekonsentrasi diletakkan pada daerah provinsi dalam kedudukannya sebagai . . . .
a. peraturan daerah otonom
b. aspek demokrasi
c. wilayah administrasi
d. badan otorita

4. Pelaksanaan otonomi daerah yang luas dan utuh diletakkan pada daerah kabupaten dan . . . .
a. provinsi
b. daerah otonom
c. wilayah administrasi
d. daerah kota

5. Pelaksanaan otonomi daerah dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. ….
a. 5 Tahun 1998
b. 9 Tahun 1998
c. 39 Tahun 1999
b d. 32 Tahun 2004

6. Pemerintah daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah adalah . . . .
a. kepala daerah dan wakil kepala daerah
b. kepala daerah, wakil kepala daerah, sekretariat daerah, dinas daerah, dan lembaga teknis lainnya
c. kepala daerah dan perangkat daerah
d. perangkat daerah lain seperti camat dan lurah

7. Sejumlah kebijakan publik tertulis dalam . . . .
a. Pancasila
b. UUD 1945
c. Peraturan perundang-undangan
d. Kebijakan umum

8. Proses perumusan undang-undang perpajakan yang melibatkan beberapa pihak, dapat dikategorikan ke dalam bentuk kebijakan publik . . . .
a. substantif
b. prosedural
c. distributif
d. liberal

9. Bentuk partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik antara lain . . . .
a. berusaha meyakinkan pemerintah yang terkait kebijakan tersebut untuk menyetujuinya
b. menulis surat kepada wakil rakyat
c. ikut berdemonstrasi
d. memberi kesaksian dalam dengar pendapat publik

10. Konsekuensi bagi masyarakat bila tidak berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan publik, antara lain . . . .
a. masyarakat harus menerima kebijakan tersebut apapun resikonya, menguntungkan ataupun tidak menguntungkan baginya
b. memungkinkan munculnya penyelewengan-penyelewengan
c. masyarakat menjadi apatis/acuh
d. masyarakat belum bersikap demokratis

11. Kegiatan yang mencerminkan pelaksanaan otonomi daerah di lingkungan sekolah, misalnya. . . .
a. para siswa dan ketua murid melaksanakan kebersihan kelas sesuai dengan jadwal piket yang berlaku
b. siswa membuat silabus mata pelajaran
c. OSIS menyusun jadwal pelajaran
d. siswa mengatur keperluan uang dari orang tua untuk membantu pekerjaan orang tuanya

12. Penataan lingkungan hidup dan fasilitas umum merupakan salah satu contoh pelaksanaan otonomi daerah di lingkungan . . . .
a. keluarga
b. masyarakat
c. lembaga swadaya masyarakat
d. sekolah

13. Yang termasuk pendapatan asli daerah menurut Undang-Undang No.32 Tahun 2004 ialah . . . .
a. bagi hasil pajak
b. pajak daerah
c. pinjaman daerah
d. dana alokasi khusus

14. Menurut Pasal 18 ayat (4) UUD 1945, kepala pemerintah daerah provinsi kabupaten dan kota dipilih . . . .
a. secara demokratis
b. sesuai undang-undang
c. secara langsung oleh rakyat
d. dicalonkan oleh DPRD I dan II

15. Seluruh bidang pemerintahan adalah kewenangan daerah, kecuali . . . .
a. politik luar negeri, hankam, moneter, fiskal, dan agama
b. memilih kepala daerah
c. membuat peraturan daerah
d. menetapkan APBD

16. Contoh pelaksanaan asas medebewind (tugas pembantuan) ialah . . . .
a. pelaksanaan transmigrasi, GNOTA, dan KB
b. pemilihan gubernur
c. penetapan pajak
d. penentuan APBD

17. Perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah diatur dalam . . . .
a. UU Republik Indonesia No. 32 Tahun 2004
b. UU Republik Indonesia No. 33 Tahun 2004
c. UU Republik Indonesia No. 25 Tahun 2004
d. UU Republik Indonesia No. 6 Tahun 2004

18. Kerja sama antara kepala daerah dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam . . . .
a. menetapkan peraturan daerah
b. menetapkan kepala daerah
c. pengangkatan perangkat daerah
d. pengaturan terhadap peraturan daerah

19. Kesenjangan yang lebar antara daerah dan pusat dalam kepemilikan sumber daya alam, misalnya tampak dalam . . . .
a. bagi hasil minyak bumi 65% untuk pusat dan 15% untuk daerah
b. ditetapkannya Peraturan Pemerintah No.105 Tahun 2000
c. daerah tidak memiliki sumber daya alam sama sekali, karena diserahkan seluruhnya kepada pemerintah pusat
d. dijualnya sumber daya alam kepada pihak asing

20. Penyelenggaraan otonomi benar-benar sejalan dengan tujuan dan maksud pemberian otonomi. Pernyataan ini merupakan prinsip otonomi dalam arti . . . .
a. seluas-luasnya
b. nyata
c. bertanggung jawab
d. untuh

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan daerah otonomi!
2. Uraikanlah prinsip-prinsip otonomi daerah!
3. Sebutkan maksud dan tujuan otonomi daerah!
4. Sebutkan dua contoh hasil kebijakan publik di Indonesia!
5. Sebutkan tiga sumber penerimaan atau pendapatan daerah!
6. Jelaskan beserta contoh tentang lima hal yang bisa dikategorikan ke dalam kebijakan publik menurut James E. Anderson!
7. Berikan satu contoh partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik!
8. Apa konsekuensi yang akan diterima masyarakat bila masyarakat tidak berpartisipasi dalam kebijakan publik?
9. Mengapa partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik sangat penting pada masa otonomi daerah dewasa ini?
10. Berikanlah satu contoh kebijakan pemerintah daerah di tempat Anda, mengenai larangan penjualan minuman keras di dekat sekolah!

Soal-Soal Akhir Semester 1

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Contoh pelaksanaan otonomi daerah di lingkungan masyarakat ialah ….
a. menyelesaikan persoalan keluarga secara musyawarah
b. manajemen berbasis sekolah
c. masyarakat RT/RW menjalankan program pemerintah sesuai kemampuan warga setempat
d. LSM mengawasi kebijakan pemerintah

2. Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas . . . .
a. kota atau kabupaten
b. kecamatan
c. kelurahan
d. wilayah RW/RT

3. Mengembangkan serangkaian tindakan untuk pemecahan masalah merupakan usaha pembuat kebijakan dalam . . . .
a. merumuskan kebijakan publik
b. melaksanakan kebijakan publik
c. menemukan masalah
d. meningkatkan kualitas kebijakan

4. Proses pembuatan kebijakan publik terdiri dari banyak komponen artinya dalam pembuatan kebijakan publik itu bersifat . . . .
a. dinamis
b. kompleks
c. memutuskan
d. beragam

5. Dalam proses pengambilan keputusan, warga negara dapat berpartisipasi dalam bentuk . . . .
a. menyampaikan usulan kebijakan
b. mengumpulkan data
c. menguji akibat tindakan alternatif
d. mempertimbangkan alternatif

6. Pengadaan kebutuhan bahan pokok sehari-hari merupakan kategori kebijakan publik dalam bentuk . . . .
a. kebijakan barang kolektif
b. kebijakan liberal
c. kebijakan material
d. kebijakan substantif

7. Tindakan-tindakan atau keputusan-keputusan yang dibuat oleh pemerintah disebut . . . .
a. kebijakan pemerintah
b. kebijakan publik
c. keputusan pemerintah
d. kebijakan individu

8. Daerah berwenang mengatur semua urusan pemerintahan yang ditetapkan UU, merupakan prinsip otonomi dalam arti . . . .
a. seluas-luasnya
b. nyata
c. bertanggung jawab
d. kewenangan

9. Pendekatan dalam pembagian urusan pemerintahan dengan mempertimbangkan akibat yang ditimbulkan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dikenal dengan pendekatan . . . .
a. eksternalitas
b. akuntabilitas
c. efisiensi
d. bertanggung jawab

10. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, disebut . . . .
a. desentralisasi
b. medebewind
c. dekonsentrasi
d. otonomi

11. Menurut kodratnya manusia memiliki sifat sebagai . . . .
a. makhluk pribadi
b. makhluk religius
c. makhluk sosial
d. makhluk pribadi dan sosial

12. Berikut ini merupakan contoh kebijakan publik, kecuali . . . .
a. Depdiknas bertanggung jawab membuat peraturan kedisiplinan siswa
b. DPR membuat aturan berlalu lintas
c. Pemda membuat aturan larangan penjualan minuman keras di muka umum
d. keputusan pengangkatan pejabat tidak atas dasar keahlian

13. Bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan antara lain dengan cara . . . .
a. menulis surat di surat kabar atau menelpon wakil rakyat
b. melaksanakan kebijakan pemerintah
c. peka terhadap kebutuhan masyarakat
d. peduli terhadap masalah-masalah yang terjadi

14. Untuk melaksanakan otonomi dan tugas pembantuan, maka pemerintah daerah berhak menetapkan . . . .
a. peraturan daerah
b. keputusan gubernur
c. intruksi gubernur
d. keputusan walikota

15. Tujuan otonomi daerah ialah untuk . . . .
a. membangun sarana fisik daerah
b. mendayagunakan prakarsa kepala daerah
c. mewujudkan kesejahteraan, keadilan masyarakat dan meringankan beban masyarakat
d. meningkatkan anggaran daerah

16. Kebijakan politik luar negeri dapat dikategorikan kedalam bentuk kebijakan . . . .
a. substantif
b. simbolik
c. distributif
d. konservatif

17. Perhatikan bagan berikut!
1) DPRD Provinsi 2…….. Baperdes
2) Perda Provinsi, Peraturan Gubernur 2……. Peraturan Bupati, Peraturan Desa
3) Gubernur 2……. Kepala Desa
Kotak kosong pada no.2 adalah . . . .
a. DPRD – Perda – Walikota
b. DPRD Kabupaten/Kota – Perda – Bupati/Walikota
c. DPRD – Perbupati – Kabupaten
d. DPR – Presiden – Peraturan Presiden

18. Tujuan pemerintah mengeluarkan kebijakan publik ialah untuk. . . .
a. harga diri bangsa dan negara
b. kelengkapan hidup bernegara
c. kewibawaan pemerintah
d. kesejahteraan bangsa

19. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Penataan kelas oleh siswa.
2) Anak-anak diberi kepercayaan untuk belajar oleh orang tuanya.
3) Masyarakat RT/RW melaksanakan program pemerintah sesuai kemampuan warga setempat.
4) Setiap sekolah memiliki hak otonomi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Dari pernyataan di atas yang mencerminkan pelaksanaan otonomi daerah di lingkungan sekolah ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

20. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Mengumpulkan dukungan bagi usulan-usulan alternatif.
2) Menguji akibat-akibat dari tindakan alternatif.
3) Pengumpulan dan analisis data.
4) Pelaksanaan kebijakan yang telah disepakati pemerintah.
5) Menyepakati suatu bentuk tindakan yang tepat bagi penyelesaian suatu masalah.
6) Masyarakat berusaha meyakinkan pemerintah atau lembaga pemerintahan terkait untuk menyetujuinya.
Dari pernyataan di atas tahapan proses merumuskan kebijakan publik ditunjukkan dengan urutan nomor . . . .
a. 1-2-3-4-5-6
b. 3-2-1-5-6-4
c. 3-5-1-2-4-6
d. 4-5-6-1-2-3

21. Yang bukan merupakan objek pembahasan pendidikan kewarganegaraan adalah . . . .
a. politik dan strategi nasional
b. hak dan kewajiban warga negara
c. ketahanan nasional
d. wawasan nusantara

22. Konsepsi tentang wilayah lautan yang menyatakan bahwa laut tidak ada yang memiliki adalah . . . .
a. mare clausum
b. res communis
c. res nullius
d. Zona Ekonomi Ekslusif

23. Landasan ideal ketahanan nasional adalah . . . .
a. Pancasila
b. UUD 1945
c. GBHN
d. Tap MPR

24. Hakikat ketahanan nasional adalah . . . .
a. mengembangkan nilai-nilai nasional
b. menjaga keamanan dan ketertiban bangsa
c. meningkatkan keuletan dan ketangguhan bangsa
d. mengembangkan kekuatan dan ketangguhan masyarakat

25. Berikut ini yang bukan merupakan asas-asas ketahanan nasional adalah . …
a. asas mandiri
b. asas mawas kedalam dan keluar
c. asas menyeluruh
d. asas kekeluargaan

26. Untuk menghadapi kemungkinan invasi kekuatan militer asing, bangsa Indonesia akan menghadapinya dalam bentuk . . . .
a. perang gerilya
b. perlawanan rakyat terlatih
c. perlawanan rakyat semesta
d. perang revolusioner

27. Indonesia terancam oleh sikap disintegrasi bangsa apabila negara dalam keadaan bahaya yang sesungguhnya. Hal ini merupakan kondisi darurat bangsa secara . . . .
a. hukum
b. militer
c. sipil
d. objektif

28. Zona Ekonomi Eksklusif mempunyai garis batas seluas . . . .
a. 100 mil
b. 200 mil
c. 300 mil
d. 400 mil

29. Hak berdaulat untuk keperluan eksplorasi, eksploitasi, konservasi dan pengelolaan sumber kekayaan alam hayati dari perairan laut disebut ….
a. zona teritorial
b. ZEE
c. zona kontinen
d. zona bersebelahan

30. Percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri dan tidak mudah menyerah adalah sifat . . . .
a. luwes
b. dinamis
c. mandiri
d. percaya diri

31. Jiwa nasionalisme dapat dipupuk dengan cara sederhana, antara lain ….
a. menolak pinjaman luar negeri
b. mencintai produk dalam negeri
c. melakukan proteksi terhadap produksi dalam negeri
d. melarang investasi asing

32. Unsur deklaratif berdirinya suatu bangsa adalah adanya . . . .
a. rakyat
b. pemerintah yang berdaulat
c. pengakuan dari negara lain
d. wilayah

33. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Menentang segala bentuk penjajahan.
2) Cinta perdamaian, kemerdekaan dan kedaulatan.
3) Keikutsertaan dalam upaya pertahanan negara.
4) Upaya setengah hati dalam menegakkan HAM.
5) Bentuk pertahanan bersifat klasikal.
Yang merupakan prinsip dasar yang dianut Indonesia dalam penyelenggaraan pertahanan negara adalah ditunjukan oleh nomor ….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 4

34. Dasar hukum pelaksanaan pertahanan negara adalah . . . .
a. UU RI Nomor 2 Tahun 1989
b. UU RI Nomor 2 Tahun 2002
c. UU RI Nomor 3 Tahun 2002
d. UU RI Nomor 3 Tahun 2003

35. Partisipasi upaya bela negara seorang pelajar dapat diwujudkan antara lain . . . .
a. menciptakan kerukunan dan keharmonisan keluarga
b. memperdalam iman, takwa, dan ilmu pengetahuan teknologi
c. mewujudkan ketenteraman dan kedamaian masyarakat
d. turut serta dalam wajib militer

36. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Adanya satu konstitusi yang berlaku di seluruh wilayah negara.
2) Kekuasaan menentukan konsistensi negara bagian sendiri.
3) Hanya terdapat satu badan perwakilan.
4) Pemerintah pusat yang memegang seluruh kekuasaan pemerintah.
5) Kekuasaan untuk menentukan badan perwakilan rakyatnya sendiri.
Pernyataan yang merupakan ciri dari bentuk negara kesatuan adalah ….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 1, 2, dan 4
d. 2, 4, dan 5

37. Secara psikologis bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa. Pernyataan ini merupakan salah satu perwujudan sikap wawasan nusantara sebagai satu kesatuan . . . .
a. politik
b. ekonomi
c. sosial budaya
d. pertahanan dan keamanan

38. Orang-orang yang bertempat tinggal di wilayah suatu negara dan telah memenuhi syarat sesuai peraturan yang berlaku disebut . . . .
a. warga negara asing
b. masyarakat negara
c. penduduk negara
d. warga masyarakat

39. Komponen kekuatan pendukung dalam usaha pertahanan dan keamanan negara adalah . . . .
a. TNI
b. Rakyat
c. Polri
d. Pemerintah

40. Menurut UU tentang pertahanan negara di Indonesia upaya bela negara, selain merupakan kewajiban dasar manusia, juga merupakan . . . .
a. cita-cita luhur bangsa
b. solidaritas tertinggi di masyarakat
c. tanggung jawab moral kepada Tuhan Yang Maha Esa
d. kehormatan tertinggi bagi setiap warga negara

Ulangan Kompetensi Dasar 3

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Suatu proses dengan mana suatu kejadian, keputusan di salah satu bagian dunia menjadi konsekuensi yang signifikan bagi masyarakat jauh merupakan konsep . . . .
a. global
b. modernisasi
c. globalisasi
d. reformasi

2. Yang tidak termasuk ciri globalisasi ialah . . . .
a. kecepatan informasi
b. adanya saling ketergantungan antarnegara
c. terjadinya pembaharuan dan inovasi pendidikan
d. meningkatnya campur tangan dari luar

3. Dalam perkembangan dunia dewasa ini, alasan yang kurang tepat bangsa Indonesia menerapkan kebijakan politik luar negeri bebas aktif ialah . . . .
a. tidak memihak blok barat dan blok timur
b. ingin menjadi subyek dalam hubungan luar negeri
c. tidak ingin menjadi obyek dalam percaturan dunia
d. ingin mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya

4. Bentuk kerja sama antara Indonesia dengan negara Arab Saudi merupakan bentuk kerja sama . . . .
a. bilateral
b. multilateral
c. regional
d. kawasan

5. Kebijakan politik luar negeri Indonesia adalah bebas aktif. Bebas mengandung makna bebas . . . .
a. memberikan pengaruh kepada negara lain
b. dipengaruhi oleh negara-negara maju
c. dari tekanan negara manapun
d. mendapatkan keuntungan

6. Contoh dampak positif dari globalisasi pada bidang politik ialah . . . .
a. meningkatnya jumlah partai politik
b. meningkatnya kesadaran warga negara berpolitik
c. menurunnya kegiatan warga negara dalam berpolitik
d. dihapuskannya praktek politik uang dalam kampanye

7. Contoh dampak negatif globalisasi pada bidang ekonomi ialah . . . .
a. menurunnya jumlah tenaga kerja Indonesia
b. sulitnya pengusaha lokal bersaing dengan hasil dari produk luar
c. meningkatnya produk-produk unggulan
d. meningkatnya pusat-pusat perbelanjaan

8. Belajar dari pendapat sajak yang disampaikan Mahatma Gandhi ialah ….
a. membiarkan arus globalisasi berjalan
b. menutup rapat- rapat dari globalisasi
c. mengikuti arus globalisasi yang terjadi
d. menyaring globalisasi dengan jati diri bangsa

9. Berdasarkan semangat dan nilai-nilai nasionalisme Indonesia dari derasnya arus globalisasi adalah dengan tetap mempertahankan . . . .
a. tegaknya kemerdekaan Negara Kesatuan RI
b. pesatnya kemajuan perekonomian dunia
c. tegaknya kewajiban asasi manusia
d. tegaknya budaya campuran

10. Dampak negatif dari pengaruh globalisasi bagi para remaja yang harus dihindari ialah. . . .
a. kebiasaan nonton TV
b. seringnya mengakses informasi
c. belajar dari keberhasilan bangsa asing
d. mengikuti pola hidup bangsa asing

11. Contoh budaya bangsa lain yang patut kita contoh adalah . . . .
a. kedisiplinan
b. gaya hidup
c. loyalitas
d. pergaulan hidup

12. Untuk mengangkat posisi ekonomi Indonesia pada era globalisasi yang lebih baik ialah . . . .
a. menolak industrialisasi
b. memfokuskan bidang pertanian
c. peningkatan sumber daya manusia
d. swastanisasi perusahaan milik negara

13. Perbaikan kehidupan politik bangsa Indonesia dalam menghadapi era globalisasi adalah . . . .
a. sederhanakan jumlah parpol
b. menghilangkan kegiatan kampanye
c. menegakkan budaya sadar hukum
d. menghilangkan partai oposisi

14. Contoh pengaruh negatif dari globalisasi ialah . . . .
a. meningkatnya tindakan kriminalitas
b. meningkatnya sikap konsumtif warga
c. banyaknya kasus kenakalan remaja
d. bersaingnya mutu produktivitas

15. Dampak positif globalisasi dalam kehidupan politik ialah meningkatnya ….
a. kasus demonstrasi
b. masalah politik
c. transparansi
d. pengaruh politik negara maju

16. Sebagai penyaring globalisasi berdasarkan tata nilai budaya bangsa Indonesia ialah . . . .
a. kesenian daerah
b. kebiasaan nasional
c. Pancasila
d. perjanjian internasional

17. Unsur budaya asing yang dapat kita tiru untuk mempercepat pembangunan bangsa ialah . . . .
a. sistem mata pencaharian
b. sistem keagamaan
c. kesenian
d. ilmu pengetahuan dan teknologi

18. Sikap cinta tanah air untuk mengatasi masalah krisis ekonomi nasional dapat kita lakukan melalui kegiatan . . . .
a. menabung
b. menaati hukum
c. menjaga ketertiban
d. menggunakan barang mewah

19. Sebagai pelajar rasa kecintaan terhadap tanah air dapat diwujudkan melalui . . . .
a. belajar sambil bekerja
b. meningkatkan prestasi belajar
c. meningkatkan kegiatan belajar di luar kampus
d. mambantu orang yang sangat membutuhkan

20. Sikap yang harus kita hindari dalam perkembangan global dewasa ini ialah . . . .
a. mengikuti arus globalisasi
b. menutup diri dari globalisasi
c. menonton film yang berjudul perjuangan
d. menyaring budaya asing

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Jelaskan pengertian globalisasi!
2. Identifikasikan ciri-ciri globalisasi!
3. Jelaskan perbedaan antara globalisasi, reformasi, dan modernisasi!
4. Jelaskan dampak negatif globalisasi pada bidang sosial budaya!
5. Jelaskan dampak positif globalisasi pada bidang ekonomi!
6. Jelaskan sikap Anda dalam menghadapi arus globalisasi dewasa ini!
7. Berilah contoh sikap menyaring arus globalisasi berdasarkan nilai-nilai Pancasila!
8. Bagaimana upaya kalian dalam meningkatkan kecintaan terhadap tanah air!
9. Identifikasikan segi positif dari globalisasi pada bidang budaya!
10. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan kita semua dalam rangka memperbaiki kemerosotan moral di sebagian kalangan remaja!

Ulangan Kompetensi Dasar 4

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Tujuan negara Indonesia sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 alenia keempat ialah . . . .
a. mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur
b. meningkatkan kualitas sumber daya manusia
c. mencerdaskan kehidupan bangsa
d. mengembangkan ilmu pengetahuan

2. Masalah ekonomi yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah. . . .
a. korupsi
b. nepotisme
c. kolusi
d. pengangguran

3. Kelemahan bangsa Indonesia dalam mengejar ketinggalan dengan bangsa lain adalah lebih disebabkan oleh masalah . . . .
a. sumber daya manusia
b. sumber daya alam
c. kesuburan tanah Indonesia
d. padatnya jumlah penduduk di Indonesia

4. Contoh negara kecil dibanding dengan negara Indonesia, namun menjadi negara maju adalah . . . .
a. Jepang
b. Inggris
c. Amerika Serikat
d. Perancis

5. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk manusia yang berkualitas ialah . . . .
a. cerdas
b. sehat jasmani dan rohani
c. berbudi pekerti yang luhur
d. memiliki gaya seperti orang asing

6. Slogan yang mengatakan “biar lambat asal selamat”, dalam era dewasa ini harus kita ubah menjadi . . . .
a. target waktu merupakan idola pertama
b. utamakan keselamatan dalam bekerja
c. dengan cepat, tepat dan selamat
d. biar lambat kualitas jitu

7. Suatu anggapan bahwa orang yang pintar/memiliki kecerdasan intelektual selalu berhasil dalam hidupnya. Sikap kami terhadap pernyataan tersebut ialah . . . .
a. sangat tidak setuju
b. sangat setuju
c. kurang setuju
d. setuju

8. Profesi seorang Direktur lebih tepat dipegang oleh orang yang memiliki kecerdasan . . . .
a. natural
b. interpersonal
c. matematika
d. intrapersonal

9. Kemampuan yang melekat pada diri seseorang berkaitan dengan struktur otak ialah . . . .
a. daya positif manusia
b. potensi diri
c. prestasi diri
d. bakat

10. Seseorang yang memiliki daya ingat tinggi, berpikir logis, memiliki mekanis dan lain sebagainya merupakan ciri . . . sesorang.
a. potensi diri
b. kemampuan
c. prestasi diri
d. bakat

11. Hal yang negatif perlu diperbaiki bagi seseorang yang berbakat ialah sikap untuk . . . .
a. cepat bosan dengan sesuatu yang berulang-ulang
b. suka mengkritisi kebijakan pemerintah yang keliru
c. selalu mematuhi peraturan hukum yang berlaku
d. tampil beda dengan orang lain sesuai dengan kebolehannya

12. Salah satu ciri seseorang yang memiliki kecerdasan matematika ialah senang melakukan . . . .
a. percobaan
b. menyusun kata-kata
c. memerintah
d. mempertahankan pendapat

13. Keterampilan kerja bagi seorang siswa yang memiliki kecerdasan bodily kinesthetic ialah . . . .
a. melakukan penelitian
b. menari
c. menyetel piano
d. teknisi

14. Menurut kamus besar bahasa Indonesia istilah potensi diri ialah . . . .
a. kualitas yang dimiliki seseorang
b. sesuatu yang melekat pada dirinya
c. kekuatan
d. kelemahan

15. Profesi sebagai pengacara lebih tepat dipegang oleh orang yang memiliki kecerdasan . . . .
a. bahasa
b. intrapersonal
c. interpersonal
d. bodily kinesthetic

16. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk kecerdasan emosional ialah ….
a. mengelola emosi
b. menyesuaikan diri
c. menahan emosi
d. menganalisis masalah

17. Kemampuan kita untuk dapat menyesuaikan dengan perasaan, pikiran bahkan tindakan dengan keadaan yang berubah-ubah merupakan sikap ….
a. supel
b. realistis
c. fleksibel
d. maju

18. Kemampuan untuk mempertahankan sikap positif yang realistis, terutama dalam mengatasi masa-masa sulit ialah sikap . . . .
a. idealis
b. pesimis
c. optimis
d. reformis

19. Kemampuan untuk menunda atau menahan keinginan bertindak merupakan pengendalian . . . .
a. inpuls
b. pribadi
c. sosial
d. kerja

20. Bentuk partisipasi kita dalam rangka mengembangkan kecerdasan bodily kinesthetic dapat kita lakukan melalui kegiatan lomba . . . .
a. membaca puisi
b. olimpiade
c. olahraga
d. cerdas cermat

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Jelaskan perbedaan antara potensi diri, bakat dan prestasi!
2. Berikan lima contoh yang menunjukkan bangsa Indonesia masih tertinggal dengan bangsa lain!
3. Bagaimana sikap kalian terhadap berbagai kegiatan baik di tingkat RT, RW maupun di sekolah dan berilah alasannya?
4. Jelaskan faktor yang menghambat untuk meraih prestasi!
5. Tuliskan ciri-ciri orang yang memiliki prestasi tinggi!
6. Identifikasikan faktor yang menghambat kegagalan bangsa Indonesia dalam mewujudkan menjadi bangsa yang unggul dari bangsa lain!
7. Jelaskan dampak ketidakmampuan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul dalam era dewasa ini!
8. Identifikasikan ciri-ciri manusia yang berkualitas!
9. Bagaimana upaya kalian untuk meraih prestasi/sukses sesuai dengan harapan kita semua?
10. Bagaimana sikap kalian terhadap kegagalan dan keberhasilan yang telah kalian alami?
11. Jelaskan dampak bagi seorang yang tidak melihat realita yang ada!
12. Jelaskan alasan mengapa kita harus optimis bukan pesimis!
13. Bagaimana cara kita agar mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang positif?
14. Uraikan alasan seseorang bisa terbawa arus negatif dalam pergaulannya!
15. Identifikasikan upaya yang harus dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosional!

Soal-Soal Akhir Semester Genap

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Suatu organisasi sekelompok manusia yang mendiami suatu wilayah tertentu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan disebut . . . .
a. negara
b. masyarakat
c. bangsa
d. warga negara

2. Perhatikan pernyataan dalam bagan berikut ini!

1 2 3 4
Gotong royong
Kekeluargaan
Musyawarah dan mufakat
Persamaan hak
Keadilan
Keadilan
Solidaritas
Kerja sama
Kepentingan sama
Kesetiaan
Cinta tanah air
Rela berkorban
Nasionalisme
Kemampuan bela negara
Yakin terhadap
kesaktian Pancasila
Chauvinisme
Patriotisme
Individualisme
Nasionalisme
Rela berkorban

Bagan yang menunjukkan asas wawasan nusantara ditunjukkan oleh bagan dengan nomor . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

3. Tujuan negara Indonesia termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

4. Batas wilayah laut yang ditetapkan sejauh 24 mil dari pantai, dimana negara pantai dapat mengambil tindakan dan menghukum pihak yang melanggar ketertiban negara. Batas wilayah laut ini disebut . . . .
a. Batas Teritorial
b. Zona Ekonomi Eksklusif
c. Zona Bersebelahan
d. Batas Ekstratoritorial

5. Batas wilayah negara yang berupa pagar kawat, tembok, dan tiang pancang disebut batas . . . .
a. buatan
b. geofisika
c. alam
d. geostrategis

6. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Perkembangan ilmu komunikasi dan transportasi.
2) Penduduk menjadi modal dasar pembangunan.
3) Indonesia memiliki posisi strategis dalam tata hubungan internasional.
4) Indonesia diapit oleh dua samudera.
5) Indonesia terletak diantara dua benua.
Pernyataan yang menunjukkan kedudukan geografis dan geogstrategis Indonesia adalah . . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 3, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 1, 2, dan 5

7. “Setiap warga negara berhak dan wajib turut serta dalam upaya pembelaan negara”. Hal ini sejalan dengan isi UUD 1945 pasal . . . .
a. 27 ayat (1)
b. 27 ayat (2)
c. 27 ayat (3)
d. 28

8. Tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan negara. Pernyataan ini merupakan perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan . . . .
a. idiologi politik
b. sosial budaya
c. ekonomi
d. pertahanan dan keamanan

9. Contoh bentuk partisipasi bela negara dalam kehidupan bernegara adalah ….
a. meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum
b. terlibat dalam program wajib militer
c. terlibat sebagai rakyat terlatih
d. turut serta dalam mobilisasi umum

10. Unsur terpenting suatu negara adalah . . . .
a. wilayah
b. konstitusi
c. rakyat
d. pemerintah

11. Mereka yang berada dalam suatu negara, tetapi secara hukum tidak menjadi anggota negara, namun ia tunduk dan patuh pada pemerintah dimana ia berada disebut . . . .
a. warga negara
b. bukan warga negara
c. penduduk
d. rakyat

12. Pemerintah memiliki kekuasaan dalam melaksanakan kebijakan negara. Hal ini merupakan pengertian pemerintah dalam arti . . . .
a. luas
b. utuh
c. sempit
d. absolut

13. Rakyat terlatih dalam upaya pertahanan keamanan nasional. Hal ini merupakan komponen . . . .
a. khusus
b. utama
c. penunjang
d. dasar

14. Keikutsertaan kalian sebagai pelajar dalam upaya bela negara ditunjukkan dengan . . . .
a. menuntut ilmu dengan sebaik-baiknya
b. mengikuti wajib militer
c. mengikuti perlawanan rakyat
d. turut serta menjaga ketertiban masyarakat

15. Contoh bentuk ancaman yang datangnya dari dalam negeri adalah . . . .
a. agresi militer
b. penjajahan
c. pemberontakan
d. modernisasi

16. Menurut UUD 1945 pasal 18 ayat (5), untuk melaksanakan otonomi dan tugas pembantuan, maka Pemerintah Daerah berhak menetapkan . . . .
a. Peraturan Daerah
b. Instruksi Gubernur
c. Keputusan Kepala Daerah Tingkat I
d. Keputusan Kepala Daerah Tingkat II

17. Pelaksanaan otonomi daerah didasarkan pada otonomi seluas-luasnya, nyata dan bertanggung jawab. Kewenangan otonomi nyata maksudnya ialah . . . .
a. keleluasaan daerah untuk menyelenggarakan pemerintah yang mencakup semua bidang pemerintahan kecuali bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan, moneter, fiskal, dan agama serta kewenangan lainnya yang ditetapkan peraturan pemerintah
b. keleluasaan daerah untuk menangani urusan pemerintahan, berdasarkan tugas, wewenang dan kewajiban yang secara nyata telah ada berpotensi untuk hidup dan berkembang sesuai dengan potensi serta kekhasan daerah
c. wujud pertanggungjawaban sebagai konsekuensi pemberian hak dan kewenangan kepada daerah dalam wujud tugas dan kewajiban yang harus dipikul oleh daerah untuk mencapai tujuan pemberian otonomi
d. keleluasaan daerah yang memiliki kewenangan yang utuh dalam penyelenggaraannya mulai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi

18. Kebijakan politik luar negeri, dapat dikategorikan kedalam bentuk kebijakan publik . . . .
a. substantif
b. simbolik
c. distributif
d. konservatif

19. Berikut ini contoh pelaksanaan otonomi daerah di lingkungan masyarakat yaitu . . . .
a. siswa melaksanakan program sekolah
b. anggota keluarga melaksanakan hasil keputusan musyawarah keluarga
c. masyarakat RT/RW melaksanakan program pemerintahan desa
d. media masa menampung suara pembaca atau dialog interaktif

20. “Kebijakan publik mengenai langsung atau tidak langsung semua anggota masyarakat di daerah kekuasaan tertentu”. Ini merupakan pernyataan dari ….
a. Thomas R. Sye
b. A. Hoogerwerf
c. James E. Anderson
d. Dror

21. Berikut ini bukan merupakan faktor yang memperbaiki kualitas kebijakan publik, yaitu . . . .
a. peka terhadap kebutuhan masyarakat
b. pembentuk kebijakan publik didukung oleh penyempurnaan sistem informasi yang berguna
c. lembaga pengesah kebijakan publik yang bertindak otoriter terhadap kebebasan masyarakat
d. kebijakan jangka panjang guna menghindari krisis yang terkait dengan perkembangan dunia

22. Berikut ini bukan salah satu proses perumusan kebijakan publik yang dilakukan para pembuat kebijakan publik ialah . . . .
a. mencari dan menentukan identitas permasalahan secara benar
b. mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebijakan
c. melakukan gerakan-gerakan proses dan kekerasan
d. mengajukan usulan kebijakan untuk memperoleh pengesahan dari lembaga legislatif

23. Kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah, berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan serta kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, disebut . . . .
a. otonomi
b. otonomi daerah
c. daerah otonomi
d. desentralisasi

24. Tugas pembantuan ialah penugasan untuk melaksanakan tugas tertentu dari . . . .
a. pemerintah desa kepada pemerintah daerah
b. pemerintah provinsi kepada kabupaten/kota dan/atau desa
c. pemerintah kabupaten/kota kepada pemerintah provinsi
d. pemerintah desa kepada pemerintah kabupaten

25. Meningkatkan peran serta masyarakat, merupakan salah satu dari . . . .
a. pengertian otonomi daerah
b. masalah otonomi daerah
c. prinsip otonomi daerah
d. tujuan pembentukan otonomi daerah

26. Kebijakan-kebijakan substantif, distributif, material, barang-barang kolektif dan liberal, merupakan beberapa kategori kebijakan publik yang dikemukakan oleh . . . .
a. Dror
b. A. Hoogerwerf
c. James E. Anderson
d. Thomas R. Dye

27. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1) Proses pengambilan keputusan.
2) Memperbaiki kualitas kebijakan publik.
3) Memahami proses pembuatan kebijakan publik.
4) Menemukan dan merumuskan secara benar permasalahan kebijakan.
5) Menyampaikan permasalahan kebijakan publik kepada pembuat kebijakan.
Pernyataan-pernyataan di atas merupakan suatu langkah-langkah dari ….
a. proses perumusan kebijakan publik
b. bentuk partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik di daerah
c. prinsip kebijakan publik dan otonomi daerah
d. pertimbangan-pertimbangan para pembuat kebijakan

28. Urusan yang menjadi kewenangan daerah meliputi urusan wajib dan pilihan. Yang termasuk urusan pilihan misalnya . . . .
a. pendidikan dasar
b. potensi unggulan dan kekhasan daerah
c. kesehatan
d. prasarana lingkungan dasar

29. Kebijakan untuk mengoreksi kelemahan dalam peraturan-peraturan sosial, merupakan salah satu contoh kebijakan . . . .
a. liberal
b. simbolik
c. konservatif
d. material

30. Untuk mencapai kualitas kebijakan publik perlu didukung oleh partisipasi masyarakat dalam perumusan dan proses pembentukan kebijakan publik. Bila masyarakat tidak berperan dalam kebijakan publik, maka akibatnya . . . .
a. masyarakat harus menerima sebagian keputusan, meskipun kurang memenuhi kepentingan publik atau tidak berkualitas
b. masyarakat itu termasuk kelompok yang acuh tak acuh
c. kebijakan publik harus diganti dengan kebijakan individu
d. setiap kebijakan itu akan memenuhi aspirasi publik

31. Dalam era globalisasi dewasa ini tidak terdapat hubungan timbal balik antara negara produsen dan konsumen karena adanya sikap saling . . . .
a. menghormati
b. ketergantungan
c. berlomba untuk maju
d. berkompetisi terhadap produk

32. Sikap positif yang harus kita kembangkan untuk memanfaatkan era globalisasi adalah melalui peningkatan . . .
a. penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
b. penguasaan bahasa daerah
c. kesejahteraan
d. sumber dana

33. Makna aktif dalam kebijakan politik luar negeri Indonesia adalah untuk ….
a. meningkatkan persahabatan dengan bangsa lain
b. memperjuangkan kemerdekaan dan perdamaian abadi
c. mewujudkan tujuan pembangunan nasional
d. meningkatkan kesetiakawanan sosial dengan bangsa lain

34. Contoh sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi pada bidang budaya adalah . . . .
a. meniru mode pakaian yang sedang “ngetrend”
b. menolak semua unsur kebudayaan asing
c. meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
d. meningkatkan bantuan terhadap korban bencana alam

35. Peluang bangsa Indonesia dalam memanfaatkan era globalisasi adalah ….
a. promosi produk dalam negeri
b. peningkatan kesejahteraan rakyat
c. peningkatan impor bahan baku
d. peningkatan mutu tenaga kerja Indonesia

36. Contoh kerja sama bilateral pada bidang sosial adalah . . . .
a. pemberantasan penyelundupan narkoba
b. peningkatan kegiatan penelitian
c. peningkatan kerja sama penyelenggaraan olympiade
d. pertukaran kegiatan magang

37. Dampak positif era globalisasi dalam bidang politik adalah . . . .
a. tidak adanya masalah korupsi
b. makin banyaknya partai politik
c. meningkatnya kesadaran berpolitik warga negara
d. meningkatnya kegiatan pemilihan umum di Indonesia

38. Dampak negatif globalisasi ada bidang budaya ialah . . . .
a. kemerosotan moral
b. meningkatnya keberanian
c. meningkatnya ketergantungan
d. meningkatnya budaya meniru

39. Tayangan TV yang memiliki dampak positif bagi generasi muda adalah yang mengandung . . . .
a. pendidikan
b. kesenian
c. perjuangan
d. kesetiaan

40. Senang melakukan percobaan pada bidang ilmu pengetahuan alam merupakan dampak globalisasi pada bidang . . . .
a. politik
b. sosial
c. ekonomi
d. budaya

41. Nasionalisme Indonesia merupakan paham kebangsaan yang menjadi alat penyaring pengaruh globalisasi, namun tidak mengarah pada chauvinisme, maksudnya adalah suatu paham yang menganggap bangsa lain . . . .
a. lebih maju
b. beragam
c. sejajar
d. lebih rendah

42. Dampak positif pada kehidupan agama dengan adanya era globalisasi adalah ditandai dengan . . . .
a. meningkatnya media siar agama
b. meningkatnya jumlah penganut agama
c. meningkatnya jumlah agama yang ada
d. berkembangnya kegiatan diskusi tentang agama

43. Kecintaan kita terhadap tanah air dapat kita wujudkan melalui . . . .
a. penolakan produk dari luar
b. peningkatan kualitas produksi dalam negeri
c. tidak mau menggunakan produk dalam negeri
d. kebiasaan merendahkan produksi dalam negeri

44. Dampak positif globalisasi pada bidang sosial adalah . . . .
a. menurunnya masalah-masalah sosial
b. meningkatnya kesetiakawanan sosial
c. menurunnya penyalahgunaan narkoba
d. meningkatnya kritik-kritik sosial

45. Peran serta kita sebagai generasi muda untuk memberikan sesuatu kepada negara dalam mengatasi masalah krisis moral, adalah melalui peningkatan . . . .
a. prestasi
b. kesetiakawanan sosial
c. pengembangan bakat
d. keimanan dan ketakwaan

46. Bangsa Indonesia dewasa ini sedang berupaya meningkatkan prestasi dalam berbagai bidang. Hal ini sejalan dengan semangat Pembukaan UUD 1945 alenia keempat tujuan negara Indonesia yang antara lain . . . .
a. mewujudkan masyarakat adil dan makmur
b. mewujudkan masyarakat yang lebih maju
c. mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia
d. mensejajarkan bangsa Indonesia dengan bangsa lain

47. Pernyataan berikut ini yang tidak termasuk ciri manusia yang berkualitas adalah . . .
a. cerdas
b. kreatif
c. sehat jasmani dan rohani
d. selalu terpenuhi kehidupannya

48. Jika seseorang memiliki kemahiran dalam bidang olahraga, maka yang bersangkutan memiliki kecerdasan . . . .
a. matematika
b. kinestetika
c. musikal
d. interpersonal

49. Dampak bagi suatu bangsa yang tidak mampu meningkatkan prestasinya adalah menjadi bangsa yang . . . .
a. terjajah
b. tertindas
c. terbelakang
d. terdepan

50. Kunci untuk menjadi bangsa yang unggul adalah adanya peningkatan ….
a. sumber daya alam
b. sumber daya manusia
c. sumber daya mineral
d. sumber keuangan negara

51. Seseorang yang senang bekerja sendirian dan menciptakan karya yang unik dan orisinal sangat berkaitan dengan kecerdasan . . . .
a. natural
b. kinestetika
c. visual
d. intrapersonal

52. Jika kalian bercita-cita ingin menjadi seorang desainer, maka kecerdasan yang harus kita kembangkan adalah . . . .
a. matematis
b. kinestetika
c. spasial
d. linguistik

53. Kemampuan memahami perasaan dan pikiran orang lain mencerminkan kecerdasan emosional, istilah lain adalah . . . .
a. simpati
b. luwes
c. empati
d. supel

54. Contoh kecerdasan spiritual bagi seseorang individu nampak dalam sikap dan perbuatan yang selalu didasarkan kepada . . . .
a. keimanan dan ketakwaan
b. kesabaran menghadapi masalah
c. kepedulian pada orang lain
d. kesederhanaan dalam bertindak

55. Prestasi bangsa Indonesia yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah krisis sosial budaya adalah melalui . . . .
a. peningkatan pendapatan negara
b. pemberdayaan potensi daerah
c. peningkatan mutu pendidikan
d. pemberdayaan sumber alam yang ada

56. Bentuk partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah adalah ….
a. mengikuti pelajaran yang disenangi
b. menjadi tutor dalam proses pembelajaran
c. mengikuti ujian perbaikan karena belum mencapai ketuntasan
d. memarahi teman yang terlambat hadir

57. Pelajaran yang dapat kita peroleh dari keberhasilan orang lain adalah berdasarkan pada . . . .
a. pendidikan
b. kedisiplinan
c. ketekunan
d. semangat juang

58. Kendala yang dihadapi generasi muda dalam mewujudkan prestasi ialah ….
a. rendahnya tingkat kecerdasan yang dimiliki
b. kebiasaan malu untuk tampil
c. terbatasnya peluang yang ada untuk berprestasi
d. banyaknya masalah yang dihadapi generasi muda

59. Upaya untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang unggul harus dimulai dari lingkungan keluarga, antara lain melalui pendidikan dan . . . .
a. pelajaran keterampilan
b. pembiasaan kerja walaupun sederhana
c. keseimbangan hak dan kewajiban
d. pelajaran tambahan

60. Prestasi yang dapat kita kembangkan sejalan dengan perkembangan global adalah . . . .
a. penguasaan bahasa dan iptek
b. penguasaan pasar dunia
c. pengurangan kadar pencemaran
d. pemberantasan masalah korupsi

One response to “Soal PKn 9 Paket 5

  1. hei kamu jangan mengangu bae kalo menggangu saya hajar nya pake golok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s