Soal PKn 7 Paket 3

Soal Latihan Kompetensi Dasar 1

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Tata pergaulan kehidupan berkeluarga perlu didasarkan atas ….
a. norma hukum, adat, kesusilaan, dan agama
b. keadaan dan perkembangan lingkungan sekitar
c. kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan
d. ketentuan yang telah disepakati

2. Keberadaan norma agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sangat penting karena ….
a. memberi semangat kepada para umat beragama agar lebih bahagia
b. mendorong para pemeluknya untuk hidup merdeka
c. mendorong pemeluknya untuk meningkatkan iman dan takwa
d. dapat menyadarkan manusia untuk hidup sederhana

3. Sebagai warga negara yang disiplin, kita wajib taat terhadap aturan/norma di bawah ini, kecuali ….
a. norma agama
b. norma amoral
c. norma hukum
d. norma kesusilaan

4. Untuk menghindari terjadinya pelanggaran terhadap norma agama, maka setiap pemeluk agama harus ….
a. mendalami ajaran agamanya di samping agama lainnya
b. memahami ajaran semua agama dan membandingkannya
c. meningkatkan iman dan takwa menurut keyakinannya
d. selalu mengikuti kegiatan keagamaan

5. Norma yang diterapkan dalam penyelenggaraan negara adalah ….
a. norma agama
b. norma kesopanan
c. norma hukum
d. norma sosial

6. Pengamalan berbagai norma dalam kehidupan bagi setiap warga negara akan menciptakan ….
a. masyarakat yang tertib, aman, dan damai
b. kehidupan yang selaras dan seimbang
c. kehidupanmasyarakatyangmampumengembangkandanmengendalikandiri
d. masyarakat yang beradab dan seimbang

7. Dengan menerapkan norma-norma dalam kehidupan, diharapkan kita dapat ….
a. menciptakan keseimbangan dalam masyarakat
b. saling menghormati antarsesama anggota masyarakat
c. menciptakan rasa persatuan dan kesatuan nasional yang kukuh
d. memelihara keseimbangan antara hak dan kewajiban

8. Norma kehidupan masyarakat yang selaras, serasi, dan seimbang dapat dicapai apabila masyarakat ….
a. bersikap apatis
b. menerima budaya luar
c. memerhatikan hak dan kewajiban serta saling menghargai
d. melestarikan budaya bangsa

9. Di Indonesia berlaku rule of law yang berarti ….
a. negara mengatur segala kehidupan
b. hukum mengatur segala kehidupan kenegaraan
c. kekuasaan tertinggi di tangan pemerintah
d. rakyat yang berkuasa

10. Sikap dan tindakan hukum yang adil tercermin dalam asas ….
a. peradilan yang bebas
b. peradilan yang terbuka
c. peradilan yang tertutup
d. peradilan yang keras

11. Seorang petugas negara yang melanggar hukum dalam ruang lingkup tugasnya akan ….
a. diberhentikan dengan hormat
b. langsung dipecat tanpa melalui proses hukum
c. mendapat keringanan hukuman karena dia petugas negara
d. dijatuhi hukuman yang lebih berar daripada orang biasa

12. Tujuan negara hukum secara hukum adalah …
a. membatasi kekuasaan negara
b. melindungi hak asasi manusia
c. menjamin kekuasaan kepada negara
d. menjunjung tinggi hukum

13. Berikut ini yang bukan merupakan syarat negara hukum adalah ….
a. harus disepakati bersama
b. semua orang mempunyai kedudukan hukum yang sama
c. badan peradilan harus bebas dan tidak memihak
d. pemerintah berlandaskan hukum

14. Kaidah atau aturan yang berisi petunjuk tentang tingkah laku yang wajib dilakukan dan atau tidak boleh dilakukan oleh manusia adalah ….
a. norma
b. hukum
c. aturan
d. adat

15. Prinsip-prinsip negara hukum adalah ….
a. adanya pemilihan umum
b. kekuasaan legislatif di tangan parlemen
c. adanya pembagian kekuasaan dalam pemerintah
d. dibentuknya lembaga peradilan agama dan militer

16. Pelaksanaan negara hukum di Indonesia ….
a. Penjelasan UUD 1945
b. Pembukaan UUD 1945 Alinea II
c. Pasal 2 Ayat 1 UUD 1945
d. negara hukum dalam arti sempit

17. Keseluruhan norma hukum yang mengatur hidup bernegara berwujud dalam ….
a. tata hukum negara
b. tata pemerintahan
c. tata administrasi
d. ilmu tata negara

18. Hukum tata negara dan hukum administrasi negara termasuk dalam lapangan ….
a. hukum publik
b. hukum negara
c. hukum tata pemerintahan
d. hukum tata usaha negara

19. Hukum material dan hukum formal merupakan penggolongan hukum berdasarkan….
a. bentuknya
b. fungsinya
c. waktu
d. ruang berlakunya

20. Menurut penggolongannya, hukum perdata terdiri atas hukum ….
a. perorangan, benda, kekeluargaan, dan hukum waris
b. perorangan, keluarga, kekayaan, adat, dan hukum waris
c. perorangan, kekeluargaan, adat, dan hukum dagang
d. perorangan, kekayaan, dagang, dan hukum waris

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Mengapa negara Indonesia disebut negara hukum? Apa ciri-cirinya?
2. Bagaimana contoh hubungan antara norma hukum dan norma kesusilaan?
3. Bagaimanakah kesadaran hukum rakyat Indonesia sekarang ini?
4. Apakah penegakan hukum di Indonesia sekarang ini sudah dilaksanakan secara adil? Jelaskan!
5. Bagaimana cara yang efektif untuk melaksanakan norma hukum di lingkunganmu?

Soal Latihan Kompetensi Dasar 2

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Proklamasi Kemerdekaan RI mencerminkan patriotisme bangsa Indonesia karena proklamasi kemerdekaan ….
a. membuat bangsa Indonesia bebas menentukan nasibnya sendiri dalam mengatur negara
b. merupakan tonggak sejarah perjuangan bangsa
c. merupakan puncak perjuangan bangsa yang kita tebus dengan harta, darah, dan nyawa
d. puncak perjuangan bangsa Indonesia yang sekaligus tujuan perjuangan bangsa Indonesia

2. Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 juga dinyatakan dalam ….
a. Pembukaan UUD 1945 Alinea I
b. Pembukaan UUD 1945 Alinea II
c. Pembukaan UUD 1945 Alinea III
d. Pembukaan UUD 1945 Alinea IV

3. Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan mempunyai landasan yang kukuh karena sesuai dengan ….
a. perjuangan bangsa-bangsa terjajah
b. aspirasi bangsa yang ingin merdeka
c. asas perikemanusian dan perikeadilan
d. kemajuan dan perkembangan zaman

4. Pernyataan kemerdekaan Indonesia dituangkan dalam ….
a. Piagam Jakarta
b. Putusan Sidang PPKI
c. Batang Tubuh UUD 1945
d. Pembukaan UUD 1945

5. Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 sesungguhnya merupakan ….
a. cita-cita nasional
b. tujuan rakyat
c. tujuan akhir perjuangan
d. jembatan emas dalam mencapai cita-cita nasional

6. Pembukaan UUD 1945 disebut juga sebagai pernyataan kemerdekaan karena ….
a. memuat Pancasila sebagai dasar negara
b. memuat tujuan negara
c. mengandung cita-cita luhur proklamasi kemerdekaan
d. memuat proklamasi kemerdekaan yang dideklarasikan oleh Sukarno-Hatta

7. Faktor yang sangat menentukan dalam upaya mencapai kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 adalah ….
a. sikap dan semangat berjuang yang tinggi para pejuang bangsa
b. politik bumi hangus dan serbu serta tanpa mengenal waktu
c. sikap kooperatif dan kompromi dengan penjajah
d. persatuan dan kesatuan seluruh unsur bangsa

8. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tidak hanya untuk sebagian suku bangsa Indonesia melainkan untuk ….
a. seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke
b. membangun menuju ke arah yang lebih baik dan maju
c. berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain
d. melepaskan diri dari segala pengaruh asing

9. Berikut ini yang bukan merupakan pengalaman penting dalam upaya mencapai kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. kerelaan berkorban para tokoh dan pahlawan bangsa
b. adanya ambisi yang kuat untuk berkuasa dan mengatur negara
c. tanpa persatuan dan kesatuan yang kokoh sulit mengenyahkan penjajah
d. beberapa faktor penghambat yang ditinggalkan Belanda, yaitu devide et impera

10. Salah satu keputusan yang diambil oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945 adalah ….
a. menyatakan bahwa Indonesia sudah tidak dijajah lagi
b. tetap melawan Belanda sampai titik darah penghabisan
c. memberikan bantuan kepada bangsa-bangsa yang ingin merdeka
d. sebelum terbentuknya MPR, presiden dibantu oleh Komite Nasional

11. Sumber hukum pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ….
a. UUD 1945
b. Pancasila
c. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
d. Piagam Jakarta

12. Yang merupakan sumber dari motivasi dan aspirasi perjuangan serta tekad bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan nasional adalah ….
a. Pembukaan UUD 1945
b. Batang Tubuh UUD 1945
c. Pokok Pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
d. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

13. Pembukaan UUD 1945 mempunyai nilai universal karena ….
a. mampu menampung dinamika masyarakat
b. menjadi landasan perjuangan bangsa dan negara selama bangsa Indonesia tetap setia kepada negara Proklamasi 17 Agustus 1945
c. mengandung nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa beradab di seluruh muka bumi
d. berlaku umum untuk mewujudkan keadilan sosial

14. Semangat nasionalisme Indonesia telah berhasil mengikat bangsa Indonesia untuk merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan. Rintisan awal bagi terbentuknya rasa persatuan Indonesia diwujudkan dalam ….
a. Pembukaan UUD 1945
b. sila Persatuan Indonesia
c. Kongres Pemuda II
d. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

15. Dicantumkannya aturan peralihan dalam UUD 1945 bermaksud untuk ….
a. melengkapi UUD 1945
b. memperbanyak jumlah pasal-pasal
c. menghindari kekosongan hukum di Indonesia
d. menyempurnakan UUD 1945

16. Termasuk tujuan negara dalam Pembukaan UUD 1945 adalah ….
a. melepaskan diri dari belenggu penjajahan
b. melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
c. menjaga ketetiban umum
d. memajukan kesejahteraan individu ataupun golongan

17. Berikut ini yang bukan kedudukan UUD 1945, adalah ….
a. satu-satunya hukum dasar yang berlaku di Indonesia
b. sebagian hukum dasar yang berlaku di Indonesia
c. konstitusi yang berlaku di Indonesia sejak Dekret Presiden
d. hukum dasar yang tertulis yang berlaku di Indonesia

18. Alinea I Pembukaan UUD 1945 mengandung dalil yang objektif dan subjektif.
Dalil yang subjektif adalah ….
a. penjajahandiatasduniatidaksesuaidenganperikemanusiaandanperikeadilan
b. penjajahan di atas dunia harus dihapuskan agar semua bangsa dapat merdeka
c. penjajahan harus dilawan karena memeras negara yang dijajah
d. bangsa Indonesia membebaskan diri dari penjajahan

19. Pancasila yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 dilihat dari proses terjadinya merupakan ….
a. perjanjian luhur bangsa Indonesia
b. pandangan hidup bangsa Indonesia
c. filsafat hidup bangsa Indonesia
d. pedoman hidup bangsa Indonesia

20. Salah satu makna yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea III adalah ….
a. pernyataan objektif bahwa penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan
b. kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan
c. motivasi spiritual bahwa kemerdekaan itu adalah berkat rahmat Tuhan
d. kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan dalam mencapai tujuannya

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Sebutkan nilai-nilai Proklamasi 17 Agustus 1945 yang harus selalu kita amalkan dalam memasuki era globalisasi!
2. Apakah makna Pembukaan UUD 1945 bagi perjuangan bangsa Indonesia?
3. Deskripsikan secara singkat pembentukan konstitusi pertama!
4. Bagaimanakah hubungan proklamasi kemerdekaan dengan konstitusi pertama?
5. Jelaskan sikap positif kalian sebagai siswa terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!

Soal Latihan Akhir Semester 1

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Menurut kodratnya, manusia akan selalu membutuhkan orang lain sehingga disebut ….
a. makhluk berakal budi
b. makhluk individu
c. makhluk sosial
d. makhluk hidup

2. Sanksi terhadap pelanggar norma kesusilaan biasanya berupa ….
a. penjara
b. denda
c. perasaan malu terhadap masyarakat sekitar
d. cibiran/cemoohan dari masyarakat

3. Pelanggaran terhadap norma agama akan memperoleh sanksi berupa ancaman ….
a. surga
b. neraka
c. alam gaib
d. akhirat

4. Pelanggaran terhadap norma hukum, sanksinya bersifat ….
a. memaksa
b. nyata
c. tertulis
d. hukum

5. Tujuan diadakannya norma hukum sebagai peraturan kehidupan dalam masyarakat adalah untuk ….
a. kedamaian
b. manfaat
c. kesejahteraan
d. ketertiban

6. “Siswa harus sudah berada di lingkungan sekolah 5 menit sebelum tanda bel masuk dibunyikan”. Pernyataan itu adalah contoh norma sebagai perwujudan dari nilai ….
a. kedisiplinan
b. ketertiban
c. keindahan
d. kekeluargaan

7. Hukum yang berlaku dalam suatu negara adalah hukum ….
a. nasional
b. internasional
c. regional
d. tradisional

8. Pada dasarnya hukum diciptakan untuk ….
a. menjerat pelanggar hukum
b. mengatur kehidupan masyarakat
c. memperkuat kedudukan pemerintah
d. menekan kebebasan rakyat

9. Pengertian kesadaran hukum adalah ….
a. sikap seseorang yang menginsafi akan hak dan kewajibannya
b. perilaku seseorang yang selalu menjalankan aturan yang dibuat pemerintah yang berwenang
c. perilaku seseorang yang selalu menjalankan semua perintah agama dari Tuhannya
d. perbuatan seseorang yang selalu mengindahkan kebiasaan setempat

10. Pentingnya norma dalam kehidupan agar ….
a. adanya kepastian hukum
b. kebenaran dapat ditegakkan
c. tidak terjadi benturan hukum
d. masyarakat dapat diatur

11. Hukum yang mengatur antarwarga negara, yaitu ….
a. hukum perdata
b. hukum publik
c. hukum militer
d. hukum pidana

12. Norma hukum memiliki sanksi yang tegas dan nyata karena bersifat ….
a. memaksa dan mengikat
b. berisi perintah dan larangan
c. ketentuan dari Tuhan
d. telah terpelihara secara turun-temurun

13. Setiap bangsa berhak menentukan nasibnya sendiri. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ….
a. Woodrow Wilson
b. Mouroe
c. F. D. Roosevelt
d. J. F. Kennedy

14. Berikut ini yang bukan makna dari kemerdekaan adalah ….
a. putusnya hubungan dengan kolonial
b. kebebasan untuk melakukan apa saja
c. menentuan nasib
d. kebebasan

15. Berikut ini bukan merupakan arti penting dari proklamasi kemerdekaan adalah ….
a. proklamasi terwujud karena adanya peristiwa Rengasdengklok
b. bangsa Indonesia dapat mencapai kehidupan yang merdeka dan berdaulat
c. bangsa Indonesia menjadi bangsa pelopor bagi bangsa di Asia dan Afrika
d. puncak perjuangan bangsa Indonesia

16. Salah satu peristiwa penting di sekitar Proklamasi Kemerdekaan adalah ….
a. Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu
b. Jepang memberikan kemerdekaan kepada Indonesia
c. Jepang meninggalkan wilayah Indonesia
d. Jepang bertugas memelihara status quo

17. Berikut ini yang tidak termasuk unsur motivasi bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya adalah ….
a. keinginan untuk hidup merdeka
b. keinginan hidup berdaulat
c. keinginan untuk hidup sendiri
d. keinginan hidup adil dan makmut

18. Berikut ini yang bukan makna dari kemerdekaan adalah ….
a. putusnya hubungan dengan kolonial
b. kebebasan untuk melakukan apa saja
c. menentuan nasib
d. kebebasan

19. Hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pembukaan UUD 1945 adalah ….
a. Pembukaan UUD 1945 dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia saling menjelaskan
b. Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelasan terperinci dari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
c. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945
d. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagian dari Pembukaan UUD 1945

20. Pengesahan UUD 1945 dilakukan oleh ….
a. Panitia Kecil Perancang UUD 1945
b. BPUPKI
c. PPKI
d. Panitia AD Hoc MPR

21. Indonesia anti penjajahan. Hal ini dinyatakan dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

22. Berikut ini yang termasuk sumber hukum dasar nasional adalah ….
a. ketetapan MPR
b. amandemen UUD 1945
c. Batang Tubuh UUD 1945
d. Pembukaan UUD 1945

23. Berikut ini yang bukan makna dari kemerdekaan adalah ….
a. putusnya hubungan dengan kolonial
b. kebebasan untuk melakukan apa saja
c. menentuan nasib
d. kebebasan

24. Kalau kita melanggar norma hukum yang berlaku dalam masyarakat akan mendapat sanksi karena norma hukum memiliki sifat ….
a. memaksa
b. mengatur
c. mengikat
d. membatasi

25. Yang termasuk aturan dasar negara dalam jenjang norma hukum di Indonesia adalah
a. Pancasila dan UUD 1945
b. Peraturan pemerintah dan peraturan daerah
c. undang undang dasar 1945 dan GBHN
d. undang undang dasar 1945 dan ketetapan MPR

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!

1. Apakah yang dimaksud dengan norma dan kebiasaan?
2. Deskripsikan secara singkat antara kebiasaan dan adat istiadat!
3. Deskripsikan secara singkat proses terjadinya Proklamasi Kemerdekaan Indoneisa!
4. Mengapa setiap negara yang telah merdeka harus menyusun sebuah konstitusi?
5. Mengapa masih diperlukan norma hukum, padahal sudah ada norma agama, moral, dan kesopanan?

Soal Latihan Kompetensi Dasar 3

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki pribadi manusia secara kodrati, artinya hak itu merupakan ….
a. anugerah Tuhan
b. perjanjian masyarakat
c. anugerah pemerintah
d. tumbuh dari kesadaran diri pribadi

2. Penggunaan hak asasi manusia sesungguhnya bersifat terbatas. Latar belakang keterbatasan itu adalah ….
a. adanya kesadaran kebangsaan
b. dengan dasar Pancasila penggunaan hak asasi tidak bebas
c. manusia sebagai makhluk pribadi dan sosial
d. terbatasnya kemampuan seseorang

3. Hak asasi manusia wajib dijunjung tinggi oleh semua orang sehingga penggunaannya ….
a. bebas dari pengawasan pemerintah
b. tidak bebas sebab harus dikaitkan dengan ajaran agama
c. harus hati-hati agar tidak merugikan diri sendiri
d. perlu dijamin oleh peraturan negara

4. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam UUD 1945 ialah menjunjung tinggi hak asasi manusia yang berpangkal pada asas ….
a. pengakuan dan jaminan hak asasi pribadi
b. keseimbangan antara individu dan masyarakat
c. hak kodrati manusia
d. manusia sebagai individu

5. Piagam hak asasi manusia bagi bangsa Indonesia adalah ….
a. Pembukaan UUD 1945
b. Piagam Jakarta, 22 Juni 1945
c. Batang Tubuh UUD 1945
d. Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

6. Hak asasi manusia memiliki sifat universal, namun pelaksanaannya di setiap negara tidak sama. Pelaksanaan hak asasi manusia di negara Indonesia berpangkal dari …..
a. keseimbangan antara hak dan kewajiban
b. pernyataan sedunia tentang hak asasi manusia
c. empat kebebasan Franklin D. Roosevelt
d. hak asasi politik dan sosial budaya

7. Menurut Franklin D. Roosevelt, manusia memiliki empat kebebasan. Berikut ini yang bukan empat kebebesan menurut Franklin D. Roosevelt adalah ….
a. kebebasan mengemukakan pendapat
b. kebebasan untuk memiliki dan mencukupi segala kebutuhan
c. kebebasan memeluk agama dan kepercayaan
d. kebebasan menggunakan hak milik

8. Salah satu contoh pelaksanaan hak asasi manusia di bidang sosial budaya adalah ….
a. mendapat perlakuan yang adil dalam proses sidang
b. memilih pendidikan
c. mengajukan petisi
d. mengadakan perjanjian atau kontrak

9. Dokumen hak asasi manusia yang dikeluarkan oleh PBB bernama ….
a. Magna Charta
b. Declaration of Independence
c. Bill of Rights
d. Universal Declaration of Human Rights

10. Berikut ini adalah hak-hak asasi manusia, kecuali ….
a. hak asasi pribadi
b. hak mendapatkan pengajaran
c. hak asasi politik
d. hak asasi ekonomi

11. Salah satu hak asasi manusia dalam politik adalah ….
a. mempunyai hak yang sama dalam hukum dan berhak atas perlindungan hukum
b. hak mendapatkan perlindungan yang sama dalam kehidupan di masyarakat
c. hak memilih dan dipilih dalam pemilihan umum
d. jaminan atas hak dan kewajiban warga negara

12. Contoh perlindungan hak asasi warga negara dalam bidang hukum adalah ….
a. keikutsertaan membela negara dijamin oleh UU
b. semua warga negara mempunyai hak membela diri di depan pengadilan
c. setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat
d. semua warga negara berhak atas penghidupan yang layak

13. Hak asasi manusia adalah hak yang dibawa sejak lahir yang secara kodrati melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
a. F.D. Roosevelt
b. Eleanor Roosevelt
c. Hans Kelsen
d. John Locke

14. Setiap manusia berhak mendapatkan rights of legal equality, yaitu ….
a. menggunakan hak pilih dalam pemilu
b. memilih agama menurut keyakinannya
c. mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan
d. mendapatkan pekerjaan yang layak bagi kehidupannya

15. Berikut ini adalah yang bukan hak asasi manusia yang ada dalam nilai-nilai Pancasila adalah ….
a. hak ketuhanan
b. hak kemerdekaan
c. hak keadilan
d. hak berserikat

16. Lembaga yang mempunyai tugas untuk mengembangkan pelaksanaan HAM di Indonesia adalah ….
a. LBH
b. Komnas HAM
c. Departemen Hankam
d. Departemen Sosial

17. Hak asasi memiliki, membeli, dan menjual sesuatu merupakan hak asasi ….
a. pribadi
b. ekonomi
c. politik
d. hukum

18. Tujuan Komisi Nasional HAM adalah ….
a. meningkatkan perlindungan HAM
b. mengadili para pelanggar HAM di Indonesia
c. menugaskan aparatur pemerintah untuk menegakkan HAM
d. menjadi lembaga yang melindungi kepentingan hukum warga negara

19. Persoalan HAM tidak memperoleh perhatian pada masa Orde Baru karena ….
a. masih terkosentrasi pada upaya melawan Belanda
b. pemerintah lebih mengutamakan pertumbuhan ekonomi
c. para elit pemerintahan tidak menganggap ada masalah dengan HAM rakyatnya
d. situasi negara diwarnai kemelut di tingkat elite pemerintahan sendiri

20. Dokumen yang terkait dengan sejarah perkembangan HAM di Inggris adalah ….
a. Magna Charta
b. Petition of Rights
c. Hobeas Corpus Act
d. Bill of Rights

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Deskripsikan yang dimaksud hak asasi manusia!
2. Sebutkan piagam hak asasi manusia yang pernah ada di dunia!
3. Deskripsikan hal yang melatarbelakangi lahirnya piagam Universal Declaration of Human Rights oleh PBB!
4. Mengapa kolonialisme merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak asasi manusia?
5. Bagaimanakah upaya penegakan HAM di Indonesia pada masa reformasi?

Soal Latihan Kompetensi Dasar 4

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Kebebasan mengemukakan pendapat dalam musyawarah yang sesuai dengan demokrasi Pancasila disampaikan atas dasar ….
a. keyakinan dan kebenaran
b. semangat kekeluargaan
c. mengutamakan kepentingan golongan
d. akal sehat dan hati nurani yang luhur

2. Setiap orang bebas menyatakan pendapatnya tanpa harus bertentangan dengan kepentingan hidup bersama. Hal ini merupakan usaha ….
a. untuk melaksanakan kebebasan
b. untuk membangun dan mempertahankan negara
c. untuk melaksanakan hak dan kewajiban
d. mengatur kebebasan bermasyarakat

3. Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum dilaksanakan berlandaskan pada beberapa asas. Berikut ini yang bukan asas kemerdekaan berpendapat adalah ….
a. asas adil dan merata
b. asas keseimbangan antara hak dan kewajiban
c. asas musyawarah dan mufakat
d. asas manfaat

4. Berikut ini hal yang tidak boleh dilakukan dalam menyampaikan pendapat di muka umum adalah ….
a. menghormati hak dan kebebasan orang lain
b. menghormati aturan moral yang diakui umum
c. menaati ketentuan peraturan perundangan yang berlaku
d. secara berama-ramai membawa perlengkapan demi keamanan diri

5. Dalam penyampaian pendapat di muka umum oleh warga negara, aparatur negara berkewajiban dan bertanggung jawab untuk tidak melakukan hal-hal yaitu ….
a. melindungi HAM
b. menghargai asas legalitas
c. membawa peralatan yang memadai
d. menyelenggarakan pengamanan

6. Surat pemberitahuan untuk menyampaikan pendapat di muka umum kepada Polri tidak boleh memuat …
a. sumber dana dan akomodasi
b. tempat, lokasi, dan rute
c. waktu dan lama berlangsungnya
d. jumlah peserta dan penanggung jawab

7. Pelaku atau peserta pelaksana penyampaian pendapat di muka umum yang melakukan pelanggaran hukum maka ….
a. diperingatkan sampai tidak melanggar lagi
b. secara langsung diamankan oleh yang berwajib dan diberi pengarahan
c. diberikan kebebasan asal bukan pidana ataupun tindak kekerasan
d. dikenakan sanksi hukum sesuai peraturan yang berlaku

8. Berikut ini merupakan contoh kemerdekaan mengemukakan pendapat yang bertanggung jawab adalah ….
a. berbicara di depan kelas sambil mengejek teman
b. duduk di atap mobil sambil berpawai
c. berdemo sambil membakar ban mobil
d. berorasi di halaman sekolah pada jam istirahat

9. Kemerdekaanmenyampaikanpendapatdimukaumumdilaksanakanberlandaskanasas….
a. keseimbangan antara hak dan kewajiban
b. musyawarah dan mufakat
c. manfaat
d. semua jawaban benar

10. Cara menyampaikan pendapat dengan arak-arakan di jalan umum disebut ….
a. demonstrasi
b. pawai
c. mimbar bebas
d. rapat umum

11. Penyampaian pendapat di muka umum wajib diberitahukan kepada ….
a. Komnas HAM
b. Kepolisian RI
c. pemerintah
d. DPR

12. Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat. Hal itu terdapat dalam UUD 1945 ….
a. Pasal 28B
b. Pasal 28C
c. Pasal 28D
d. Pasal 28E

13. Penyampaian pendapat di muka umum dapat dibubarkan apabila ….
a. tidak memenuhi ketentuan
b. dilakukan dengan cara demonstrasi
c. membuat arak-arakan
d. melakukan mimbar bebas

14. Pendapat seseorang dapat diungkapkan melalui cara-cara yang baik, yaitu ….
a. berdemonstrasi tanpa seizin aparat keamanan
b. melakukan mimbar bebas dan mengerahkan massa sebanyak-banyaknya hingga memacetkan jalan raya
c. menuliskan opini di surat kabar dan menggelar pertunjukan seni
d. melakukan aksi mogok makan berhari-hari tanpa memedulikan kesehatannya

15. Dampak positif kemerdekaan mengemukakan pendapat adalah ….
a. meningkatkan demokratisasi dalam kehidupan sehari-hari
b. adanya kebebasan mengeluarkan pendapat, pikiran, dan gagasan
c. banyak masyarakat yang melakukan demonstrasi
d. rakyat takut mengemukakan pendapat

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!

1. Deskripsikan pengertian kemerdekaan mengemukakan pendapat!
2. Sebutkan landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat di Indonesia!
3. Bagaimana pendapatmu tentang kebebasan pers dewasa ini?
4. Bagaimanakah pelaksanaan kebebasan mengemukakan pendapat di sekolahmu?
5. Apakah arti menghargai cara mengemukakan pendapat yang dilakukan secara benar dan bertanggung jawab?

Soal Latihan Akhir Semester 2

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Pengingkaran taerhadap hak asasi manusia berarti mengingkari ….
a. diri sendiri
b. martabat kemanusiaan
c. masyarakat umum
d. kewajiban dasar manusia

2. Anggota Komnas HAM diresmikan oleh ….
a. DPR
b. presiden
c. MA
d. menteri

3. Pernyataan Bersama Sedunia tentang hak asasi manusia secara resmi dimulai sejak tanggal ….
a. 10 Sepetember 1948
b. 10 Oktober 1948
c. 10 November 1948
d. 10 Desember 1948

4. Berikut ini yang termasuk hak asasi pribadi adalah ….
a. hak kemerdekaan
b. hak persamaan
c. hak memiliki sesuatu di bidang hukum
d. hak memperoleh pendidikan

5. Inti sari ajaran hak asasi manusia di Indonesia terdapat dalam ….
a. Piagam Jakarta
b. Deklarasi Bandung
c. Sumpah Palapa
d. Pembukaan UUD 1945

6. Untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan harkat dan martabat manusia diperlukan ….
a. kesadaran manusia
b. instrumen HAM
c. lembaga hukum
d. pengadilan HAM

7. Hak seseorang untuk memiliki sesuatu merupakan contoh hak asasi manusia dalam ….
a. personal right
b. property rights
c. political right
d. procedural rights

8. Pengadilan HAM merupakan pengadilan khusus yang berada di lingkungan ….
a. peradilan militer
b. peradilan umum
c. peradilan Ad hoc
d. peradilan agama

9. Hak asasi manusia yang paling asasi adalah ….
a. hak memeluk agama
b. hak hidup
c. hak mendapat pekerjaan
d. hak kemerdekaan

10. Kemerdekan menyampaikan pendapat di muka umum diatur dalam ….
a. UU RI Nomor 8 tahun 1998
b. UU RI Nomor 10 Tahun 1998
c. UU RI Nomor 9 Tahun 1998
d. UU RI Nomor 11 Tahun 1998

11. Hak kebebasan yang dipergunakan tanpa batas akan menimbulkan hal-hal berikut ini, kecuali ….
a. keresahan
b. kekacauan
c. ketegangan
d. kemajuan

12. Cara menyampaikan pendapat dengan arak-arakan di jalan umum disebut ….
a. pawai
b. unjuk rasa
c. mimbar bebas
d. demonstrasi

13. Pertemuan terbuka yang dilakukan untuk menyampaikan pendapat dengan tema tertentu disebut ….
a. pawai
b. unjuk rasa
c. mimbar bebas
d. demonstrasi

14. Dalam demokrasi Pancasila terjadi perbedaan pendapat diusahakan menuju kesatuan pendapat dengan cara ….
a. pengambilan keputusan berdasarkan suara mayoritas
b. musyawarahdilakukandengansemangatkekeluargaandankegotong-royongan.
c. ditentukan oleh pimpinan rapat
d. menerima dan melaksanakan hasil putusan musyawarah dengan itikad baik dan tanggung jawab

15. Tata cara khas bangsa Indonesia dalam merumuskan atau memutuskan suatu hal berdasarkan kehendak rakyat adalah ….
a. mendahulukan kepentingan bangsa
b. musyawarah
c. mengutamakan kepentingan umum
d. musyawarah untuk mufakat

16. Masalah kemerdekaan mengeluarkan pendapat diatur dalam UUD 1945 pada ….
a. pasal 28 B
b. pasal 28 D
c. pasal 28 C
d. pasal 28 E

17. Penyampaian pendapat di muka umum tidak boleh dilakukan di lingkungan istana presiden dalam radius ….
a. 50 m
b. 150 m
c. 100 m
d. 200 m

18. Salah satu pembatasan atas hak asasi manusia dalam UUD 1945 adalah ….
a. kekuasaan negara
b. Piagam PBB
c. Pancasila
d. nilai-nilai moral dan agama

19. Hak asasi manusia memiliki sifat yang universal, namun pelaksanaannya di setiap negara tidak sama. Pelaksanaan hak asasi manusia di negara Indonesia berpangkal dari ….
a. keseimbangan antara hak dan kewajiban
b. pernyataan seduania tentang hak asasi manusia
c. empat kebebasan Franklin D. Rosevelt
d. hak asasi pribadi dan ekonomi

20. Dimasukkannya hak asasi manusia dalam UUD 1945 adalah untuk ….
a. melengkapi pasal-pasal UUD 1945
b. membatasi pelaksanaan hak asasi manusia
c. menegaskan hak asasi manusia
d. mengatur pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia

21. Jaminan hak asasi manusia di Indonesia tertuang dalam UUD 1945 ….
a. Pasal 28 UUD 1945
b. Pasal 28 A – 28 I UUD 1945
c. Pasal 28 dan 28 A UUD 1945
d. Pasal 28 A – 28 J UUD 1945

22. Nilai luhur kehidupan sehari-hari di lingkungan kita yang tidak bertentangan dengan HAM adalah ….
a. membela kebenaran dan keadilan
b. memiliki semangat kekeluargaan
c. melakukan kegiatan kemanusiaan
d. cinta sesama

23. Tantangan bagi penegakan hak asasi manusia adalah adanya pelanggaran hak asasi manusia yang dapat dilakukan oleh ….
a. warga masyarakat
b. negara
c. individu
d. masyarakat, individu, dan negara

24. Untuk misi penegakan hak asasi manusia di Indonesia, pemerintah pada tahun 1993 membentuk lembaga yang bernama ….
a. Komnas HAM
b. Pengadilan HAM
c. Pengadilan Ad Hoc HAM
d. Kontras

25. Manusia sejak dilahirkan mempunyai hak kebebasan. Hal itu berarti ….
a. diperbolehkan berbuat apa saja
b. kebebasan dengan diikuti tanggung jawab
c. dibebaskan dari segala kewajiban
d. kebebasan untuk hidup bebas

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

1. Sebutkan kegunaan dari instrumen HAM!
2. Apa fungsinya Komnas HAM?
3. Berikan dua contoh pelanggaran HAM yang bersifat horizontal!
4. Jelaskan yang dimaksud mimbar bebas!
5. Sebutkan dua dasar hukum kemerdekaan menyampaikan pendapat!

13 responses to “Soal PKn 7 Paket 3

  1. Gak ada jawaban nya (n)

  2. diandra inayah

    Kunci Jawabannya dong ..

  3. kunci jawaban nya napa

  4. kunci jawaban nya gila mana

  5. ikhh untuk apa cuman keluarin soalnya doank sama ajah boonk . KUNCI JAWABANNYA mana..!!?? -_-

  6. mana kunci jawabanya

    pleas

    • Adita dita putri

      Loe minta jawabannya?cari dong di buku jangan cuman mengandalkan internet ajah.meski internet lengkap sebaimananya kita harus berusaha sendiri dan harus belajar dengan giat supaya cita cita loe tercapai.ingat pesan gue…………….!

  7. Adita dita putri

    Gimana sih soalnya banyak jawabannya malah g’ ad

  8. gimana sih soalnya banyak jawaban nya ndak ada saya kan minta jawabannya

  9. Kenapa gak ada kunci jawabannya tauuuuuuuuu

  10. Kenapa sih nggak ada jawabannya

  11. Kayaknya minta dibantu jawab soalnya

  12. bagus saya suka gk ada kunci jadi orang bisa mikir gk hanya nyonto kunci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s