Soal PKn 8 Paket 2

ULANGAN KOMPETENSI DASAR 1

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Sejarah bangsa Indonesia menunjukkan bahwa kepercayaan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan salah satu ciri khas. . . .
a. kepribadian bangsa Indonesia
b. kepatuhan bangsa Indonesia
c. ketaatan bangsa Indonesia
d. kewajiban bangsa Indonesia

2. Persatuan dan kesatuan bangsa perlu kita pertahankan serta dibina terus menerus. Untuk itu kita memerlukan perekat, pengikat, dan pemersatu yang berupa . . . .
a. asas senasib dan sepenanggungan
b. falsafah negara Pancasila
c. bendera sang Merah Putih
d. semboyan Bhinneka Tunggal Ika

3. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh pengamalan sila keempat ialah . . . .
a. menaati tata tertib diskusi
b. menghormati pendapat orang lain
c. menghormati orang yang sedang beribadah
d. tidak memaksakan kehendak

4. Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah oleh siapapun termasuk oleh MPR hasil pemilu, karena . . . .
a. bila Pembukaan UUD 1945 diubah berarti membubarkan negara Republik Indonesia yang diproklamasikan 17 Agustus 1945
b. jika Pembukaan UUD 1945 diubah akan menimbulkan perpecahan bangsa
c. bila Pembukaan UUD 1945 diubah akan mengancam persatuan bangsa
d. apabila Pembukaan UUD 1945 diubah berarti tidak menghargai jasa para pahlawan nasional

5. Untuk meraih kesejahteraan bersama berdasarkan keadilan sosial, kita harus mengembangkan . . . .
a. pemerataan kesempatan kerja
b. usaha bersama yang menguntungkan
c. usaha bersama untuk mewujudkan kesejahteraan
d. usaha bersama untuk mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial

6. Pancasila memiliki segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia, artinya Pancasila memiliki nilai . . . .
a. material
b. kerohanian
c. vital
d. pragmatis

7. Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari disebut juga pengamalan Pancasila secara . . . .
a. subjektif
b. etis
c. objektif
d. estetis

8. Pancasila hadir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia pada abad XIV (Kerajaan Nusantara), maka Pancasila merupakan . . . .
a. ciri kepribadian bangsa Indonesia
b. jiwa bangsa
c. ideologi bangsa
d. dasar negara

9. Nilai-nilai dasar Pancasila dapat dikembangkan dengan menerima pemikiran-pemikiran baru sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, kebutuhan bangsa dan negara, karena Pancasila merupakan ideologi . . .
a. tertutup
b. praktis
c. terbuka
d. tertutup dan terbuka

10. Mengamalkan Pancasila untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara Republik Indonesia, merupakan pengamalan Pancasila sebagai ….
a. sumber segala sumber tertib hukum
b. dasar negara
c. cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
d. falsafah bangsa Indonesia

11. Karena Indonesia bersifat majemuk, maka diperlukan filsafat yang dapat mempersatukan pandangan kenegaraan, yaitu. . . .
a. way of life yang bersifat tunggal
b. menyatunya aspirasi pada satu partai politik yang kuat
c. kesamaan asas kerohanian dan karakteristik bangsa
d. pandangan hidup yang dapat diterima semua pihak

12. Suasana kebatinan atau cita-cita hukum dasar negara Republik Indonesia terangkum dalam . . . .
a. peraturan perundangan yang telah berlaku
b. empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945
c. pidato kenegaraan presiden menjelang 17 Agustus
d. berbagai ketetapan dan keputusan MPR

13. Karena nilai dasar Pancasila tetap dan tidak mengalami perubahan, maka Pancasila tergolong pada ideologi yang . . . .
a. inovatif
c. kaku
b. terbuka
d. kontemporer

14. Fungsi filsafat Pancasila dalam hubungan dengan ideologi-ideologi di dunia adalah sebagai . . . .
a. unsur ideologi setiap bangsa
b. perbandingan perkembangan ideologi
c. perpaduan filsafat dan ideologi
d. penyaringan masuknya ideologi asing

15. Corak negara yang menganut ideologi fasisme mengutamakan . . . .
a. kekuasaan negara
b. kesejahteraan bersama
c. kemakmuran rakyat
d. keadilan sosial

16. Hubungan antara Pancasila dan Proklamasi kemerdekaan adalah . . . .
a. Proklamasi kemerdekaan menjadi dasar berlakunya Pancasila
b. Pancasila memberi motivasi perjuangan kemerdekaan
c. Teks Proklamasi dirumuskan bersamaan dengan Pancasila
d. Pancasila menjadi dasar perumusan teks Proklamasi

17. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Memberi arah yang mantap menuju tujuan masyarakat.
2) Membentuk identitas bangsa.
3) Untuk mengatasi berbagai konflik dan ketegangan sosial.
4) Memperdalam dinding pemisah dari berbagai keanekaragaman kehidupan.
5) Meningkatkan kesejahteraan individu.
Pernyataan di atas yang merupakan arti penting ideologi bagi suatu bangsa ditunjukkan oleh nomor . . .
a. 2, 3, dan 4
b. 1, 3, dan 5
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 3

18. Pancasila sebagai dasar falsafah negara meliputi . . . .
a. keinginan segolongan masyarakat dalam mencapai tujuan hidupnya
b. kekuatan yang mengikat kaum individualis
c. cita-cita hukum yang terkandung dalam UUD 1945
d. kebebasan mutlak para pendiri negara

19. Yang bukan merupakan kekuatan Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia adalah . . . .
a. menerima dan mengembangkan pemikiran-pemikiran asing tanpa batas
b. memiliki nilai-nilai dasar yang kuat dan tumbuh dari budaya bangsa Indonesia
c. memiliki kekuatan sejarah perjuangan bangsa Indonesia
d. memiliki pedoman yang untuk menangkal segala bentuk ancaman

20. Bentuk pengamalan Pancasila yang mengandung nilai moral kemanusiaan adalah . . . .
a. mengakui Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an sebagai arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa
b. menghargai sesama manusia yang memiliki rasa, cipta, cinta, karsa, dan keyakinan
c. kedaulatan negara ada di tangan rakyat
d. mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil makmur merata material dan spritual.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Jelaskan mengapa suatu ideologi penting bagi suatu negara!
2. Jelaskan apa kelebihan ideologi Pancasila dari ideologi-ideologi lainnya di dunia!
3. Mengapa kita harus mempertahankan ideologi Pancasila?
4. Jelaskan pengertian Pancasila sebagai:
a) Ideologi bangsa
b) Dasar negara
c) Falsafah bangsa
d) Kepribadian bangsa
e) Jiwa bangsa Indonesia
f) Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
g) Sumber segala sumber hukum di Indonesia
h) Perjanjian luhur bangsa Indonesia
5. Berikan contoh pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di dalam lingkungan:
a) Keluarga
b) Sekolah
c) Masyarakat

ULANGAN KOMPETENSI DASAR 2

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Yang tidak termasuk isi dari Dekrit Presiden 5 Juli 1959 ialah . . . .
a. pembentukan kabinet baru
b. pembubaran konstituante
c. pembentukan MPR dan DPR Sementera
d. Pemberlakuan kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950

2. Praktik monopoli pada masa Orde Baru merupakan bentuk penyimpangan di bidang . . .
a. politik
c. sosial
b. ekonomi
d. hukum

3. Salah satu penyimpangan yang dilakukan pemeritahan Presiden Soekarno ialah . . . .
a. Presiden Soekarno diangkat oleh MPRS sebagai presiden seumur hidup
b. Ketua DPR merangkap ketua MPR
c. Pemilihan presiden dilaksanakan secara langsung
d. Tidak ada kedudukan yang sederajat antara pimpinan MPR dan Menteri

4. Bentuk negara Indonesia menurut UUD 1945 ialah . . .
a. kesatuan
b. republik
c. serikat
d. kerajaan

5. Bentuk pemerintahan menurut UUD 1945 ialah . . . .
a. republik
b. aristokrasi
c. kerajaan
d. demokrasi

6. Sistem pemerintahan menurut perubahan UUD 1945 ialah . . . .
a. parlementer
b. semi presidensial
c. presidensial
d. otoriter

7. Perubahan UUD 1945 memiliki sistematika . . . .
a. 37 pasal, 4 pasal aturan peralihan, 2 ayat aturan tambahan, dan penjelasan
b. Pembukaan, 21 bab, 73 pasal, 170 ayat, 3 pasal aturan peralihan, dan 2 pasal aturan tambahan
c. Mukadimah, 6 bab, 197 pasal
d. Mukadimah, 6 bab, dan 146 pasal

8. Ciri sistem presidensial pada masa perubahan UUD 1945 ialah . . .
a. presiden dipilih oleh MPR
b. presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat
c. menteri-menteri bertanggung jawab pada parlemen
d. masa jabatan presiden tidak dibatasi

9. Salah satu penyimpangan pada awal kemerdekaan ialah . . . .
a. UUD tidak ditetapkan oleh MPR
b. didirikannya negara Indonesia serikat
c. presiden membubarkan DPR
d. politik luar negeri memihak salah satu blok

10. Demokrasi terpimpin merupakan bentuk penyimpangan konstitusional pada masa . . . .
a. awal kemerdekaan
b. Orde Baru
c. Orde Lama
d. Reformasi

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar

1. Jelaskan bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik!
2. Jelaskan bagaimana bentuk negara pada masa konstitusi RIS!
3. Apa yang dimaksud dengan sistem parlementer pada masa UUDS 1950?
4. Tunjukanlah contoh-contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama (1945 – 1965)!
5. Pada masa Orde Baru ketua MPR merangkap ketua DPR. Jelaskan apa akibatnya!
6. Pada masa Orde Lama, seluruh anggota DPRS diangkat oleh presiden. Jelaskan apa akibatnya!
7. Pada masa Orde Baru ada usaha untuk mempertahankan UUD 1945, sekalipun terdapat pasal 37 UUD 1945. Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 37 UUD 1945!
8. Jelaskanlah pengaruh perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi!
9. Buatlah struktur pemerintahan Republik Indonesia pasca perubahan UUD 1945!
10. Bagaimanakah UUD 1945 memberikan perlindungan terhadap HAM?

ULANGAN KOMPETENSI DASAR 3

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dibuat oleh pemerintah setiap tahun harus mendapat persetujuan dari . . . .
a. Presiden
b. MPR
c. Mahkamah Agung
d. DPR

2. Putusan majelis yang mempunyai kekuatan hukum mengikat ke luar dan ke dalam majelis disebut . . . .
a. kesepakatan
b. keputusan
c. ketetapan
d. ketentuan

3. Lembaga ini tidak termasuk lembaga anti korupsi di Indonesia yaitu . . . .
a. International Corruption Watch
b. Masyarakat Transparansi Indonesia
c. KPKPN
d. BUMD

4. Yang disebut sebagai organisasi sosial politik adalah . . . .
a. LMD dan partai politik
b. Partai Golkar dan DPR
c. PAN, Partai Keadilan, dan PPP
d. DPR, DPRD I, dan DPRD II

5. Berikut adalah tugas dari MPR, kecuali . . . .
a. menetapkan Undang-Undang Dasar
b. menetapkan GBHN
c. memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden
d. meminta pertanggungjawaban presiden pada akhir masa jabatannya

6. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama pada hakikatnya adalah . . . .
a. menghayati kehidupan masyarakat
b. mengamalkan jiwa demokrasi Pancasila
c. sesuai dengan hati nurani manusia
d. mempertinggi harkat dan martabat manusia

7. Perbedaan musyawarah dan suara terbanyak adalah . . . .
a. musyawarah mewakili yang lemah, suara terbanyak mewakili golongan
b. musyawarah mewakili semua pihak, suara terbanyak mewakili golongan
c. musyawarah ada paksaan, suara terbanyak tidak ada paksaan
d. musyawarah lambat, suara terbanyak cepat

8. Berikut yang tidak termasuk alat-alat kelengkapan Majelis adalah . . . .
a. Komisi Majelis
b. Pimpinan Majelis
c. Panitia Ad Hoc Majelis
d. Badan Pekerja Majelis

9. Berdasarkan UUD 1945 Pasal 6 ayat (2) tugas pokok MPR adalah . . . .
a. menetapkan tata tertib MPR dalam sidang umum
b. memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden
c. mengubah undang-undang dasar jika dianggap perlu
d. menetapkan undang-undang dasar dan peraturan lain

10. MPR melaksanakan tugas-tugasnya untuk kepentingan rakyat karena MPR . . . .
a. merupakan lembaga tertinggi negara
b. seluruhnya dipilih oleh rakyat dalam Pemilu
c. melakukan sepenuhnya kedaulatan rakyat
d. merupakan lembaga permusyawaratan rakyat

11. Penyalahgunaan uang negara untuk kepentingan pribadi atau orang lain disebut . . . .
a. korupsi
b. nepotisme
c. kolusi
d. pencucian uang (money laundry)

12. Asas yang menyatakan bahwa pejabat administrasi negara harus berhati-hati dalam pengambilan keputusan ialah . . . .
a. asas bertindak cermat
b. asas kesamaan
c. asas motivasi
d. asas keseimbangan

13. Undang-undang yang mengatur tentang penyelenggaraan negara yang bebas dari KKN ialah . . . .
a. UU No.3 Tahun 1999
b. UU No.22 Tahun 1999
c. UU No.28 Tahun 1999
d. UU No.39 Tahun 1999

14. Beberapa asas peraturan perundang-undangan antara lain, kecuali . . . .
a. undang-undang tidak berlaku surut
b. undang-undang itu dicabut oleh instansi yang lebih tinggi
c. undang-undang yang bersifat khusus menyampingkan undang-undang yang bersifat umum
d. undang-undang tidak dapat diganggu gugat

15. Untuk menjalankan undang-undang, Presiden membuat . . . .
a. Keputusan Presiden
b. Peraturan Pemerintah
c. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang
d. Instruksi Presiden

16. Usaha yang tidak menunjukkan pencapaian pemerintah yang bersih dan berwibawa adalah . . . .
a. pemberantasan KKN
b. penegakan supremasi hukum
c. penyampaian upeti bagi pejabat
d. pemeriksaan kekayaan pejabat

17. Salah satu kerugian ekonomis dari perilaku KKN ialah . . . .
a. tidak berjalannya proses partisipasi masyarakat dalam sistem pemerintahan
b. pembengkakan anggaran belanja negara dan daerah
c. profesionalisme masyarakat kurang dihargai
d. penyalahgunaan wewenang oleh alat negara

18. Peraturan perundangan setingkat lebih rendah dari undang-undang ialah . . . .
a. Ketetapan MPR
b. Peraturan Pemerintah
c. Keputusan Presiden
d. Peraturan Daerah

19. Pada proses pembahasan Rancangan Undang-Undang Tingkat IV akan mendengar pendapat . . . .
a. Presiden
b. Fraksi-fraksi
c. Pengusul RUU
d. Komisi-komisi

20. Menurut UU No.10 Tahun 2004, urutan perundangan Republik Indonesia yang tertinggi ialah . . . .
a. Peraturan Pemerintah
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. Undang-Undang
d. Keputusan Presiden

21. Yang menjadi landasan filosofis dalam pembuatan segala peraturan negara Republik Indonesia ialah . . . .
a. Pancasila
b. Pembukaan UUD 1945
c. UUD 1945
d. Ketetapan MPR

22. Berikut ini bukan merupakan bentuk kerja sama antara presiden dengan DPR dalam bidang legislatif, yaitu . . . .
a. Hak presiden untuk mengajukan RUU kepada DPR
b. Peraturan Pemerintah harus mendapat persetujuan DPR dalam persidangan yang berikutnya.
c. RAPBN yang diajukan presiden dibahas bersama DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPR.
d. DPR mengawasi pelaksanaan roda-roda pemerintahan yang dilaksanakan oleh presiden

23. Sikap patuh terhadap perundang-undangan di lingkungan sekolah tampak dalam kegiatan . . . .
a. menggunakan fasilitas keluarga dengan tertib
b. menghargai tata cara adat kebiasaan setempat
c. memelihara kekayaan negara
d. berpakaian seragam sekolah sesuai peraturan yang berlaku

24. Bentuk sikap kritis terhadap perundang-undangan yang tidak mengakomodasi aspirasi masyarakat, ialah . . . .
a. melakukan dialog dan musyawarah antara kelompok masyarakat dan DPR
b. melakukan sikap anarkis dalam berunjuk rasa
c. menghujat para pembuat kebijakan dalam media masa
d. melakukan pendekatan secara kekeluargaan dengan para pejabat

25. Badan yang menyiapkan usul RUU dan usul-usul inisiatif dari DPR, komisi dan gabungan komisi ialah . . . .
a. Komisi dan Subkomisi
b. Badan Legislasi
c. Badan Urusan Rumah Tangga
d. Dewan Kehormatan

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Apa yang dimaksud dengan perundang-undangan nasional?
2. Jelaskan tata cara pembentukan perda!
3. Sebutkan tugas dan wewenang MPR sebagai badan legislatif!
4. Sebutkan tugas DPR sebagai badan legislatif!
5. Jelaskanlah dengan bagan, prosedur pembentukan RUU yang diusulkan DPR!
6. Sebutkan alat kelengkapan DPR!
7. Sebutkan para penyelenggara negara yang kekayaannya dapat diperiksa oleh KPKPN?
8. Jelaskan kerja sama antara DPR dan Presiden dalam perundang-undangan!
9. Jelaskan mengapa dalam pembuatan peraturan perundang-undangan masyarakat perlu dilibatkan!
10. Jelaskan apa pengertian konsiderans dan diktum dalam suatu undang-undang?
11. Jelaskan apa konsekuensi bila para pejabat negara dan pemimpin politik bertindak korupsi!
12. Upaya-upaya pemberantasan korupsi bisa dilakukan siapa saja. Berikan masing-masing satu contoh yang dilakukan oleh:
a. Masyarakat pendidikan/akademis
b. Masyarakat luas
c. Pemerintah
d. Lembaga non-pemerintah
e. Media masa
13. Berikan masing-masing satu contoh kerugian akibat korupsi di bidang:
a. Politik
b. Hukum
c. Ekonomi
d. Sosial budaya
e. Hankam dan agama
14. Apa sanksi bagi pejabat negara yang melakukan korupsi?
15. Sebutkan lembaga-lembaga anti korupsi di Indonesia!
16. Bagaimana hukum memberi sanksi terhadap para koruptor?

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1.

A B C D
Konsep dasar bangsa Diyakini kebenarannya Intitusional bangsa Cita-cita bangsa
Kesepaktan luhur bangsa Kesepakatan golongan Kehendak elit politik Sekularisme
Kristalisasi bangsa Intimidasi politik Pedoman golongan tertentu Militerisme
Cita-cita bangsa Tujuan bangsa Kristalisasi agama Intimidasi ekonomi
Diyakini kebenarannya Kehidupan yg ideal Berakar pada nilai budaya bangsa Kehendak golongan elit
Kebutuhan bangsa Kristalisasi budaya

Yang harus terkandung dalam suatu pandangan/ideologi suatu bangsa adalah pernyataan yang terkandung pada kolom . . . .
a. A
c. C
b. B
d. D

2. Inti ajaran liberalisme bertitik tolak dari paham . . . .
a. sosialis
c. kekeluargaan
b. individualis
d. keadilan

3. Pengaruh yang cukup kuat dari ideologi liberal terhadap ideologi bangsa Indonesia adalah lahirnya konsep tentang masyarakat . . . .
a. beragama
c. sipil (civil society)
b. beradab
d. adil dan makmur

4. Ideologi yang memandang bahwa manusia pada hakikatnya merupakan makhluk sosial adalah paham . . . .
a. nasionalisme
b. fasisme
c. liberalisme
d. sosialisme

5. Pokok pikiran utama dalam Pembukaan UUD 1945 adalah . . . .
a. Pemerintah memelihara fakir miskin dan anak-anak terlantar
b. Negara akan mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia
c. Negara menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan
d. Pemerintah menyelenggarakan kesejahteraan bagi rakyat

6. Pengorganisasian pemerintah dan masyarakat secara totaliter oleh kediktatoran satu partai adalah . . . .
a. ideologi liberal
b. ideologi komunis
c. ideologi Islam
d. ideologi fasis

7. Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang dapat menumbuhkan nilai moral dan budi pekerti luhur pada kehidupan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kewajiban kita sebagai warga negara yang sangat penting adalah . . .
a. menghafalkan rumusan Pancasila
b. membandingkan dengan ideologi bangsa lain
c. menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan
d. menyebarluaskan ideologi Pancasila

8. Pembangunan harus terus berlangsung, walaupun pemerintahan silih berganti, sebab tujuan nasional bangsa hanya akan dapat dicapai melalui ….
a. amanat penguasa negara
b. pembangunan nasional
c. cita-cita orde lama
d. harapan setiap partai politik

9. Jiwa Pancasila digali dan dikembangkan untuk dijadikan sebagai . . . .
a. lambang negara
b. semboyan bangsa
c. dasar negara
d. kepribadian bangsa

10. Contoh negara yang menganut ideologi komunis adalah . . . .
a. Amerika Serikat
b. Saudi Arabia
c. Korea Utara
d. Jerman

11. Pancasila berakar pada nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia, merupakan pengertian Pancasila sebagai . . . .
a. jiwa bangsa Indonesia
b. pandangan hidup bangsa
c. kepribadian bangsa
d. sumber tertib hukum bangsa

12.

 

A B C D
Nasionalisme ditolak Nasionalisme dijunjung tinggi Nasionalisme diabaikan Nasionalisme ekslusif
Kepentingan negara Kepentingan seluruh rakyat Kepentingan mayoritas Mengandalkan kekuatan militer
Keputusan di tangan partai Keputusan hasil musyawarah Keputusan melalui voting Keputusan penguasa tunggal
HAM diabaikan HAM dilindungi HAM dijunjung tinggi HAM diabaikan

Yang merupakan ciri dari ideologi Pancasila adalah . . . .
a. A
c. C
b. B
d. D

13. Perhatikan rumusan Pancasila berikut ini!
1) Peri Kebangsaan
2) Peri Kemanusiaan
3) Peri Ketuhanan
4) Peri Kerakyatan
5) Kesejahteraan Sosial (Keadilan Sosial)
Rumusan Pancasila di atas dikemukakan oleh . . . .
a. Ir. Soekarno
b. Bung Hatta
c. Mr. Muh. Yamin
d. Prof. Soepomo

14. Maksud dan tujuan dirumuskannya Pancasila adalah . . . .
a. untuk dijadikan sebagai pembanding ideologi lain
b. untuk dijadikan sebagai kerangka hukum di Indonesia
c. untuk dijadikan sebagai dasar negara dan ideologi nasional bangsa
d. untuk dijadikan sebagai alat penegak hukum di Indonesia

15. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Dapat bersaing dengan negara lain.
2) Membentuk identitas bangsa.
3) Mengatasi berbagai konflik.
4) Pembentuk solidaritas yang tinggi.
5) Menjadi negara yang kuat.
Fungsi ideologi bagi suatu bangsa adalah . . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 3, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 1, 3, dan 5

16. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai . . . .
a. penyelenggaraan pemerintahan negara
b. sistem nilai yang ideal
c. petunjuk dan pedoman kehidupan bangsa
d. penentu tujuan negara Indonesia

17. Fungsi Pancasila untuk memberikan orientasi kedepan mengharuskan bangsa Indonesia selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dihadapinya. Pernyataan ini merupakan pengertian ideologi Pancasila sebagai ideologi . . . .
a. terbuka
b. persatuan
c. tertutup
d. pembangunan

18. Yang bukan merupakan suatu ideologi bangsa adalah . . . .
a. memberi arah dan tujuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
b. merupakan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara
c. menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pihak penguasa
d. prinsip-prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara

19. Diantara nilai-nilai yang terkandung dalam sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah . . . .
a. warga masyarakat mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama
b. mengakui persamaan derajat antarsesama manusia sebagai asas kebersamaan
c. mengutamakan kesanggupan dan kerelaan untuk kepentingan bangsa dan negara
d. memupuk sikap saling menghormati dan bersikap mewujudkan kebersamaan

20. Kedudukan Pancasila menurut UU RI No.10 Tahun 2004 adalah . . . .
a. sebagai pandangan hidup bangsa
b. sebagai sumber hukum dasar nasional
c. sebagai dasar negara
d. sebagai kepribadian bangsa

21. Bentuk negara pada masa pemerintahan UUDS 1950 ialah . . . .
a. Negara Kesatuan
c. Negara Kerajaan
b. Negara Serikat
d. Negara Federal

22. Sistem pemerintahan yang berlaku pada masa UUDS 1950 ialah . . . .
a. presidensial
b. kerajaan
c. parlementer
d. otoriter

23. Dalam sistem kebinet presidensial, para menteri pembantu presiden bertanggung jawab kepada . . . .
a. parlemen
b. DPR
c. presiden
d. MPR

24. Berikut ini tidak termasuk kesepakatan dasar dalam perubahan UUD 1945 yaitu . . . .
a. presiden, MPR, DPR, DPA, BPK, dan MA
b. presiden, MPR, DPR, DPD, BPK, dan kekuasaan kehakiman
c. parlemen, Mahkamah Agung, presiden, Dewan Pengawas Keuangan, dan konstituante
d. presiden, parlemen, MA, konstituante

25. Berikut ini yang tidak termasuk kesepakatan dasar dalam perubahan UUD 1945 yaitu . . . .
a. tidak mengubah Pembukaan UUD 1945
b. mempertegas sistem presidensial
c. tidak mempertahankan negara kesatuan
d. penjelasan UUD 1945 yang memuat hal-hal normatif masuk kedalam pasal-pasal

26. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Presiden dan wakil presiden merupakan satu institusi.
2) Para menteri bertanggung jawab kepada parlemen.
3) Para menteri diangkat, diberhentikan, dan bertanggung jawab kepada presiden
4) Presiden dipilih langsung oleh rakyat.
Urutan yang menunjukkan sistem pemerintahan presidensial ialah . . . .
a. 1-3-4
b. 2-3-4
c. 1-2-4
d. 1-2-3

27. “Presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya satu kali masa jabatan.” Bunyi uraian tersebut merupakan isi UUD 1945 pasal . . . .
a. 7
b. 7B
c. 7 ayat (3)
d. 6

28. Berlakunya demokrasi liberal, merupakan penyimpangan terhadap UUD 1945. Hal ini terjadi pada masa . . . .
a. UUDS 1950
b. Konstitusi RIS
c. awal kemerdekaan
d. Perubahan UUD 1945

29. Presiden membubarkan DPR hasil pemilu karena DPR menolak APBN. Hal ini merupakan bentuk penyimpangan konstitusi pada masa . . . .
a. Orde Lama
b. reformasi
c. Orde Baru
d. awal kemerdekaan

30. Munculnya pola monopoli merupakan penyimpangan Orde Baru di bidang . . . .
a. politik
b. hukum
c. ekonomi
d. hankam

31. Keputusan yang diambil pejabat administrasi negara tidak diskriminatif (bersifat membeda-bedakan), merupakan salah satu asas pemerintahan yaitu . . . .
a. asas kesamaan
b. asas kepastian hukum
c. asas keseimbangan
d. asas motivasi

32.

 

Bidang Kerugian

  1. A. Ekonomis

1. Kesenjangan sosial

  1. B. Politik

2. Ketidakrukunan antar umat

    1. C. Hankam dan agama

    3. Pelecehan hukum

      1. D. Sosial budaya

      4. Penggelembungan dana

      Pasangan yang tepat dari tabel di atas, sebagai dampak korupsi ialah . . .
      a. A – 2
      c. D – 4
      b. B – 3
      d. C – 1

      33. Contoh perilaku patuh terhadap peraturan perundang-undangan di lingkungan keluarga ialah . . . .
      a. menggunakan fasilitas keluarga dengan tertib
      b. taat dan tepat waktu membayar pajak
      c. menjaga rahasia negara
      d. mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai dengan peraturan

      34. Bab, bagaian, pasal, dan ayat dalam suatu sistematika undang-undang disebut . . . .
      a. konsiderans
      b. isi undang-undang
      c. diktum
      d. kepala surat

      35. Dalam tingkat pembicaraan RUU dari pemerintah, pemandangan umum, fraksi terhadap RUU, dilakukan pada pembicaraan Tingkat . . . .
      a. I
      b. II
      c. III
      d. IV

      36. Presiden berhak mengajukan RUU kepada DPR merupakan bunyi UUD 1945 pasal . . . .
      a. 5 ayat (1)
      b. 22 ayat (2)
      c. 20 ayat (2)
      d. 22 ayat (3)

      37. Peraturan Mahkamah Agung dibuat oleh . . . .
      a. Mahkamah Agung
      b. DPR
      c. Mahkamah Konstitusi
      d. MPR

      38. Hak DPR untuk mengadakan perubahan terhadap usul RUU yang diajukan pemerintah (presiden) disebut . . . .
      a. hak amandemen
      b. hak budget
      c. hak inisiatif
      d. hak angket

      39. Tata urutan perundang-undangan nasional dengan susunan UUD 1945 -UU/Perpu – Peraturan Pemerintah – Peraturan Presiden – Peraturan Daerah. Hal ini sesuai dengan . . . .
      a. Tap MPR RI No.III/MPR/2000
      b. UU RI Nomor 10 Tahun 2004
      c. Tap MPRS No.XX/MPRS/1965
      d. UU RI Nomor 32 Tahun 2004

      40. Peraturan Pemerintah ditetapkan oleh presiden untuk menjalankan . . . .
      a. Peraturan Presiden
      b. Undang-undang
      c. Peraturan Daerah
      d. UUD 1945

      ULANGAN KOMPETENSI DASAR 4

      A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

       

      1. Bentuk partisifasi rakyat secara langsung dalam penyelenggaraan negara adalah . . . .
      a. menjadi pejabat negara dan pemimpin politik
      b. aktif di berbagai kegiatan kemasyarakatan
      c. menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum
      d. ikut mengawasi roda-roda pemerintahan

      2. Makna yang terkandung dalam pemerintahan demokrasi ialah . . . .
      a. rakyat ikut mengendalikan pemerintahan yang berdaulat
      b. lembaga perwakilan adalah wadah para wakil rakyat
      c. kekuasaan sepenuhnya dipercayakan kepada rakyat
      d. rakyat merupakan sumber kekuasaan dalam negara dan pemerintahan

      3. Ditinjau dari hubungan antar lembaga negara, maka demokrasi terbagi ….
      a. Demokrasi parlementer-Demokrasi dengan sistem pemisahan kekuasaan – Demokrasi dengan sistem referendum
      b. Demokrasi langsung – Demokrasi tidak langsung – referendum
      c. Demokrasi liberal – Demokrasi rakyat – Demokrasi Pancasila
      d. Referendum obligator – referendum fakultatif

      4. Pentingnya keikutsertaan menghargai hak memilih dan dipilih adalah ….
      a. orang bebas menetapkan pilihannya
      b. menjamin kelancaran dan ketertiban pemilihan umum
      c. menghormati para pemimpin terpilih
      d. memprotes lembaga perwakilan yang bertentangan dengan aspirasi rakyat

      5. Maksud asas pemilu yang bersifat langsung ialah . . . .
      a. tidak memperoleh tekanan dari siapapun
      b. langsung memberikan suaranya sesuai keinginan bersama
      c. langsung memberikan suaranya menurut hati nurani tanpa paksaan
      d. tidak diketahui siapapun tentang apa yang dipilihnya

      6. Penyelenggaraan Pemilu 2004 di Indonesia menganut sistem . . . .
      a. distrik
      b. proporsional
      c. kombinasi proporsional
      d. single member constituency

      7. Menurut Pasal 6 ayat (2) UUD 1945 yang diamandemen, syarat-syarat menjadi presiden dan wakil presiden diatur dengan . . . .
      a. undang-undang
      b. suara terbanyak
      c. ketetapan MPR
      d. undang-undang dasar

      8. Pemilihan presiden seumur hidup tidak mencerminkan budayademokratis karena tidak memenuhi aspek . . . .
      a. inklusif
      b. berkala
      c. definitif
      d. kompetitif

      9. Menurut pasal 7 UUD 1945 yang diamandemen masa jabatan presiden/wakil presiden . . . .
      a. satu kali masa jabatan
      b. dua kali masa jabatan
      c. tiga kali masa jabatan
      d. empat kali masa jabatan

      10. Berikut ini bukan merupakan ciri demokrasi konstitusional . . .
      a. kekuasaan pemerintah tunduk pada rule of law
      b. pemerintah tidak bertindak sewenang-wenang terhadap warga negaranya
      c. adanya konstitusi/UUD yang membatasi kekuasaan pemerintah
      d. kekuasaan pemerintah tidak terbatas

      11. Contoh penerapan budaya demokrasi di lingkungan sekolah ialah . . . .
      a. pembentukan kepanitiaan gelar kreatifitas siswa
      b. melaksanakan pemilihan ketua RT, RW, dan kepala desa
      c. menghormati lembaga sosial yang ada
      d. usaha menangani masyarakat putus sekolah

      12. Langkah-langkah pengambilan keputusan secara mufakat harus dilandasi nilai-nilai . . . .
      a. persamaan kepentingan
      b. kebersamaan untuk kelompok mayoritas
      c. kepentingan individu
      d. kepentingan masyarakat, bangsa dan negara

      13. Penerapan demokrasi yang dijiwai tanggung jawab kepada Tuhan yang Maha Esa akan melahirkan sikap dan perilaku yang . . . .
      a. menjunjung nilai kebenaran, kebaikan, keadilan dan hati nurani luhur dalam mengambil keputusan
      b. menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dalam mengambil keputusan
      c. menghendaki persamaan dan kesatuan
      d. bersikap monopoli dalam kehidupan ekomi

      14. Masyarakat menyampaikan aspirasinya kepada lembaga politik . . . .
      a. eksekutif
      b. legislatif
      c. yudikatif
      d. federatif

      15. Salah satu kelemahan demokrasi langsung bagi negara-negara modern ialah . . . .
      a. sulitnya mencari tempat untuk menampung seluruh rakyat dalam membicarakan suatu masalah
      b. mengetahui kehendak rakyat secara langsung
      c. setiap rakyat memahami dan mampu menyelesaikan masalah kompleks
      d. rapat rakyat efektif dalam menghasilkan keputusan yang baik

      16. Demokrasi menjamin kehidupan berpolitik, antara lain kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum, yang diatur dalam . . . .
      a. UU No. 31 Tahun 2002
      b. UU No. 40 Tahun 1999
      c. UU Nomor 9 Tahun 1998
      d. UU Nomor 8 Tahun 1985

      17. Contoh penerapan demokrasi di lingkungan rumah ialah . . . .
      a. menentukan acara keluarga secara musyawarah
      b. penyelesaian kesulitan belajar siswa
      c. menjadi anggota perlindungan masyarakat
      d. menjadi anggota organisasi masa

      18. Contoh penerapan demokrasi di lingkungan bernegara . . . .
      a. melaksanakan pemilu wakil rakyat dan presiden/wakil presiden
      b. mengangkat Ketua Murid
      c. memilih ketua OSIS
      d. pembentukan panitia acara perkawinan

      19. Berikut ini contoh organisasi masa . . . .
      a. Partai Persatuan Pembangunan
      b. Golongan Karya
      c. Partai Demokrasi Indonesia
      d. KNPI

      20. Pelaksanaan keputusan musyawarah secara bertanggung jawab memiliki ciri . . . .
      a. melaksanakan keputusan secara jujur dan sesuai aturan
      b. tidak memikul resiko dari suatu keputusan
      c. mau melaksanakan keputusan yang sesuai dengan keinginan sendiri
      d. menghargai keputusan sepihak

      B. Jawablah pertanyaan-pertayaan berikut dengan benar!

      1. Jelaskan bentuk-bentuk demokrasi moderen disertai beberapa ciri khas yang menonjol!
      2. Jelaskan sistem pemilihan demokrasi menurut Jean Kirpatrick!
      3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
      a. Asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam pemilihan umum.
      b. Hak pilih pasif dan hak pilih aktif di Indonesia.
      4. Jelaskan secara singkat sistem pemilihan secara demokratis pasca reformasi di Indonesia!
      5. Berikan satu contoh penerapan budaya demokrasi Pancasila melalui organisasi masa!
      6. Tunjukkan cara-cara pemilihan presiden Republik Indonesia secara demokratis!
      7. Jelaskan bahwa koperasi merupakan praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi!
      8. Jelaskan kebaikan demokrasi daripada otoriter!
      9. Jika suatu saat kamu diminta memimpin pertemuan OSIS. Apa yang akan kamu lakukan bila menghadapi berbagai perbedaan pendapat di antara peserta musyawarah?

      10. Jelaskan pembagian demokrasi ditinjau dari prinsip idiologi!

      ULANGAN KOMPETENSI DASAR 5

      A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

       

      1.  Negara Indonesia menganut sistem kedaulatan rakyat, berarti kedaulatan berada di tangan . . . .
      a. MPR
      b. Presiden
      c. DPR
      d. Rakyat

      2. Kita menganut demokrasi Pancasila, perbuatan kita hendaknya . . . .
      a. memaksakan kehendak sendiri kepada orang lain
      b. mau menghargai pendapat teman akrab
      c. menuruti kehendak orang lain
      d. mau mendengarkan pendapat orang lain

      3. Keanggotaan MPR menurut pasal 2 ayat (1) UUD 1945 terdiri atas . . . .
      a. Anggota MPR, utusan daerah
      b. Anggota DPR, utusan golongan
      c. Anggota DPD, partai politik
      d. Anggota DPR, DPD

      4. Menurut pasal 1 ayat (2) UUD 1945, kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut . . . .
      a. Undang-undang
      b. Pancasila
      c. Undang-undang Dasar
      d. Ketetapan MPR

      5. Teori kedaulatan rakyat memiliki ciri, antara lain . . . .
      a. segala aspek kehidupan harus tunduk pada hukum
      b. adanya Dewan Perwakilan Rakyat yang mencerminkan kehendak rakyat
      c. kekuasaan tertinggi dalam suatu negara ada di tangan raja
      d. Tuhan menyerahkan kekuasaan kepada penguasa di dunia

      6.Ajaran Trias Politica dilaksanakan sepenuhnya dalam demokrasi sistem ….
      a. Parlementer
      b. Liberal
      c. Terpimpin
      d. Pemisahan kekuasaan

      7. Sesuai UUD 1945, tugas Dewan Perwakilan Daerah adalah . . . .
      a. memberi pertimbangan kepada DPR atas rancangan UU APBN dan rancangan UU tentang pajak, pendidikan dan agama
      b. mengawasi keuangan negara berdasarkan laporan dari BPK
      c. mengajukan rancangan undang-undang
      d. mengajukan seseorang untuk mengisi jabatan lembaga tinggi negara jika ditentukan undang-undang

      8. Trias Politica yang membagi kekuasaan negara atas legislatif, eksekutif dan yudikatif dikemukakan oleh . . . .
      a. John Locke
      b. Montesquieu
      c. Jean Jacques Rousseau
      d. Abraham Lincoln

      9. Di desa Bagelen, Jawa Tengah terdapat kebiasaan penduduk desa untuk mengerjakan pekerjaan yang bersifat kepentingan umum. Kegiatan ini disebut . . . .
      a. Layadan
      b. Rerukun alur waris
      c. Gugur Gunung
      d. Krubutan

      10. Mengusulkan pengangkatan hakim agung dan menjaga kehormatan perilaku hakim merupakan tugas . . . .
      a. Mahkamah Konstitusi
      b. Mahkamah Agung
      c. Komisi Yudisial
      d. Pengadilan Tinggi

      11. Perhatikan pernyataan berikut ini!
      1) Pembukaan UUD 1945 alinea 3.
      2) Pembukaan UUD 1945 alinea 4.
      3) Pasal 1 ayat (2) UUD 1945.
      4) Pasal 30 ayat (1) UUD 1945.
      5) UU No. 9 Tahun 1998
      Tiga dasar hukum pelaksanaan demokrasi di Indonesia ditunjukkan oleh nomor . . . .
      a. 1, 2, dan 4
      b. 2, 3, dan 5
      c. 1, 3, dan 5
      d. 2, 3, dan 4

      12. Hukum berada di atas segala-galanya dan merupakan sumber kedaulatan. Pernyataan ini merupakan . . . .
      a. Teori kedaulatan Tuhan
      b. Teori kedaulatan rakyat
      c. Teori kedaulatan negara
      d. Teori kedaulatan hukum

      13. Lembaga yang mencerminkan penjelmaan kedaulatan rakyat adalah ….
      a. eksekutif
      b. yudikatif
      c. legislatif
      d. Komisi Yudisial

      14. Prinsip kedaulatan rakyat masyarakat Sulawesi Selatan tampak dalam kegiatan . . . .
      a. Tasmi’ah
      b. Duduo samo rendah, taga samo tinggi
      c. Balai Banjar
      d. Keregan

      15. Berikut ini bukan merupakan tugas MPR ialah . . . .
      a. menetapkan dan mengubah Undang-Undang Dasar
      b. melantik presiden dan wakil presiden
      c. memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden
      d. memberhentikan presiden dan wakil presiden dalam masa jabatannya menurut UUD 1945

      16. DPR mempunyai hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat, sesuai dengan UUD 1945 pasal . . . .
      a. 20 A ayat (3)
      b. 23 ayat (2)
      c. 11 ayat (1)
      d. 23 E ayat (2)

      17. Yang mengajukan rancangan UU berkaitan dengan otonomi daerah ialah ….
      a. DPR
      b. DPD
      c. MPR
      d. DPRD

      18. Presiden mengangkat Duta dan Konsul serta menerima Duta dari negara lain dengan memperhatikan pertimbangan . . . .
      a. MPR
      b. Mahkamah Agung
      c. DPR
      d. Menteri

      19. Lembaga yang berhak memeriksa, mengadili dan memutuskan pendapat DPR tentang pelanggaran hukum yang dilakukan presiden dan/atau wakil presiden ialah . . . .
      a. Mahkamah Agung
      b. MPR
      c. Mahkamah konstitusi
      d. DPRD

      20. Contoh peran masyarakat dalam pemerintahan di lingkungan negara ialah . . . .
      a. membantu kegiatan siskamling di RT/RW
      b. melaksanakan program OSIS
      c. mematuhi hukum dan menghormati aparat pemerintah
      d. menjaga petugas bencana alam

      B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

      1. Jelaskan mengapa Indonesia menganut sistem pemerintahan demokrasi Pancasila?
      2. Berikanlah contoh perilaku demokrasi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, Rukun Tetangga dan kehidupan bernegara!
      3. Berikan dua contoh perilaku siswa yang dapat memberikan dukungan, partisipasi dan pengawasan terhadap pemerintahan di lingkungan terdekat!
      4. Jelaskan sistem pemerintahan Indonesia ditinjau dari aspek;
      a. Struktur pemerintah
      b. Tugas dan wewenang lembaga-lembaga negara
      5. Jelaskan tiga sifat kedaulatan menurut Jean Bodin!
      6. Apa yang dimaksud dengan teori kedaulatan berikut ini:
      a. Teori Kedaulatan Tuhan
      b. Teori Kedaulatan Rakyat
      c. Teori Kedaulatan Negara
      d. Teori Kedaulatan Hukum
      7. Bagaimana pendapat Dr. B. J. Haga tentang demokrasi asli di Indonesia?
      8. Bagaimana hasil penelitian Prof. Dr. Kuntjaraningrat di desa Bagelen tentang kegotongroyongan?
      9. Tunjukkanlah kekuasaan dan kewenangan lembaga eksekutif di Indonesia dalam UUD 1945!

      10. Berikan satu contoh bentuk pengawasan rakyat terhadap pemerintah!

      ULANGAN AKHIR SEMESTER 2

      Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

      1

       

      . Pancasila mengandung nilai dan norma yang diyakini paling benar dan tepat untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Hal ini merupakan pengertian Pancasila sebagai . . . .
      a. dasar negara
      b. jiwa bangsa
      c. falsafah hidup
      d. kepribadian bangsa

      2. Pancasila sebagai norma fundamental berarti berfungsi sebagai . . . .
      a. cita-cita hukum Indonesia
      b. fakta hukum
      c. modernisasi hukum
      d. hukum mutlak

      3. Pancasila sebagai ideologi terbuka harus mampu menampilkan kenyataan hidup yang berkembang dalam masyarakat. Pernyataan ini merupakan pengertian Pancasila dalam dimensi . . . .
      a. idealis
      b. realistis
      c. normatif
      d. fundamental

      4. Perhatikan pernyataan berikut ini!
      1) Nilai yang bersifat umum.
      2) Mencakup cita-cita bangsa.
      3) Nilai yang memiliki ciri khas.
      4) Sesuai dengan nilai nyata.
      5) Nilai pengamalan.
      Pernyataan yang menunjukkan nilai dasar Pancasila ditunjukkan oleh nomor . . . .
      a. 1, 2, dan 3
      b. 3, 4, dan 5
      c. 2, 3, dan 4
      d. 1, 3, dan 5

      5. Nilai moral pengamalan Pancasila berwujud perbuatan yang berhubungan dengan . . . .
      a. sosial budaya
      b. politik dan ideologi
      c. adat dan budaya
      d. etika dan agama

      6. Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung nilai moral . . .
      a. religius
      b. persatuan
      c. kemanusiaan
      d. kerakyatan

      7. Inti sila Pancasila selalu ada dalam adat, kebiasaan, kebudayaan, dan agama. Pernyataan ini merupakan penjabaran nilai Pancasila yang bersifat ….
      a. objektif
      b. normatif
      c. subjektif
      d. material

      8. Empat nilai kerohanian Pancasila adalah . . . .
      a. kenyataan, objektif, tidak diubah, abstrak
      b. kebenaran, estetis, etis, dan religius
      c. kenyataan, etis, umum, dan religius
      d. kebenaran, objektif, estetis, dan universal

      9. Lima dasar falsafah negara Indonesia yang dinamakan Pancasila dikemukakan oleh Ir. Soekarno pada tanggal . . . .
      a. 22 Juni 1945
      b. 29 Mei 1945
      c. 14 Juni 1945
      d. 1 Juni 1945

      10. UUD 1945 yang memuat susunan pemerintahan di Indonesia dijiwai oleh ….
      a. Pancasila dan Pembukaan UUD 1945
      b. Pembukaan UUD 1945 dan Pokok Pikiran UUD 1945
      c. Pancasila dan Nilai-nilai jiwa 1945
      d. Pembukaan UUD 1945 dan norma hukum

      11. Contoh pengamalan sila Kemanusiaan yang adil dan berabad dalam kehidupan/lingkungan sekolah adalah . . . .
      a. tidak saling mencampuri hak orang lain
      b. menegur teman yang mencontek
      c. tidak mencoret-coret dinding kelas dan sarana lainnya
      d. tertib membayar uang sekolah

      12. Perhatikan pernyataan dalam kolom berikut ini!

       

      1 2 3 4
      1. menjunjung tinggi kesopanan pergaulan 1. menyalurkan opini 1. menjunjung tinggi kesopanan pergaulan 1. memperingati kemerdekaan RI
      2. Tidak merendahkan orang lain 2.Melaksanakan diskusi 2.Tidak merendahkan orng lain 2.Mengutamakan kepentingan umum
      3.Mengembangkan sikap tenggang rasa 3. pembangunan balai desa 3. mengembangkan sikap tenggang rasa 3. turut serta dalam sistem keamanan lingkungan

      Pengamalan Pancasila sila ketiga ditunjukkan oleh kolom . . . .
      a. 1
      b. 3
      c. 2
      d. 4

      13. Pancasila menjadi ciri khas bangsa yang dapat membedakannya dari bangsa lain merupakan pengertian Pancasila sebagai . . . .
      a. jiwa bangsa
      b. kepribadian bangsa
      c. pandangan hidup
      d. dasar negara

      14. Pancasila dalam pengertian dasar negara ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea . . . .
      a. 1
      b. 3
      c. 2
      d. 4

      15. Menurut Prof. Notonegoro unsur-unsur pokok kaidah negara yang fundamental serta mempunyai kedudukan istimewa dalam kehidupan kenegaraan dan hukum bangsa Indonesia adalah . . . .
      a. asas hukum
      b. asas kebangsaan
      c. asas kerohanian
      d. asas manfaat

      16. Menurut pasal 1 ayat (2) Konstitusi RIS, kekuasaan kedaulatan Rakyat Indonesia Serikat dilakukan oleh pemerintah bersama-sama dengan . . .
      a. DPR
      b. DPR dan Senat
      c. Senat
      d. Parlemen

      17.

       

      1. UUD 1945 (I) A. Pembukaan, 37 pasal, 16 ban, IV pasal aturan peralihan, 2 ayat aturan tambahan
      2. Konstitusi RIS B. Mukadimah, 6 bab, 146 pasal
      3. UUD 1950 C. Mukadimah, 6 bab, 197 pasal, dan lampiran
      4. UUD 1945 (II) D. Pembukaan, 21 bab, 73 pasal, 170 ayat, 3 pasal aturan peralihan, 2 pasal aturan tambahan
      5. Perubahan UUD 1945 E. Pembukaan, 16 bab, 37 pasal, iv pasal aturan peralihan, 2 ayat aturan tambahan

      Dari tabel di atas yang merupakan nomor pasangan yang tepat untuk sistematika UUD/Konstitusi ialah . . . .
      a. 1 – E
      b. 5 – D
      c. 2 – B
      d. 3 – C

      18. “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik”. Ini merupakan bunyi UUD 1945 pasal . . . .
      a. 1 ayat (1)
      b. 1 ayat (2)
      c. 2 ayat (1)
      d. 1 ayat (3)

      19. Sistem pemerintahan menurut UUD 1950 ialah . . . .
      a. demokrasi Pancasila
      b. demokrasi liberal parlementer
      c. sistem pemerintahan presidensial
      d. demokrasi terpimpin

      20. Pimpinan lembaga-lembaga negara dijadikan menteri-menteri negara. Ini merupakan penyimpangan konstitusional pada masa . . . .
      a. Orde Baru
      b. Orde Lama
      c. Era Reformasi
      d. Awal Kemerdekaan

      21. Penegasan kedudukan presiden dan DPR sejajar, maka presiden tidak dapat membekukan dan/atau membubarkan DPR. Hal ini merupakan salah satu hasil perubahan UUD 1945, yaitu pada . . . .
      a. perubahan kesatu
      b. perubahan kedua
      c. perubahan ketiga
      d. perubahan keempat

      22. “Bercampurnya jabatan publik, perusahaan dan yayasan sehingga pemegang kekuasaan menjadi pemenang dan mengambil keuntungan secara tidak adil”. Hal ini merupakan bentuk penyimpangan masa Orde Baru di bidang . . . .
      a. sosial
      b. ekonomi
      c. budaya
      d. politik

      23. Menurut UUD 1945 hasil perubahan, dalam memberikan amnesti dan abolisi, presiden harus memperhatikan . . . .
      a. MPR
      b. DPR
      c. DPD
      d. Kepentingan rakyat

      24. Banyak peluang untuk mengadakan perubahan terhadap UUD 1945, antara lain karena faktor berikut . . . .
      a. materi UUD 1945 belum memuat materi demokrasi, pemberdayaan rakyat, HAM, masih multitafsir, dan desakan dari berbagai komponen bangsa
      b. kita hidup di masa modern, maka UUD pun harus berubah
      c. pemerintahan yang sentralistik (terpusat)
      d. ada undang-undang yang mengaturnya

      25. Sikap positif yang dapat dilakukan oleh warga negara Indonesia terhadap UUD 1945 hasil perubahan adalah . . . .
      a. membahas perlunya perubahan sistem ketatanegaraan
      b. menghafal pasal-pasal perubahan UUD 1945
      c. mempelajari aturan berkaitan dengan hak asasi dan kewajiban dasar manusia
      d. memahami, memasyarakatkan dan melaksanakan UUD 1945 secara konsisten dan konsekuen

      26. “Setiap putusan tertulis yang dibuat, ditetapkan dan dikeluarkan oleh lembaga dan atau pejabat negara yang menjalankan fungsi legislatif sesuai dengan tata cara yang berlaku”. Ini merupakan pengertian dari . . . .
      a. norma
      b. surat keputusan
      c. perundang-undangan
      d. peraturan perundang-undangan

      27. Perundang-undangan nasional sangat penting artinya untuk mencapai ….
      a. kemakmuran negara
      b. keserasian dan kerukunan
      c. kebahagiaan lahir dan batin
      d. ketertiban, ketenteraman dan keadilan

      28. Berikut ini adalah bukan cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan sikap kritis terhadap perundang-undangan, yaitu . . . .
      a. melakukan dialog antara kelompok masyarakat dan DPR
      b. melakukan aksi unjuk rasa secara anarkis
      c. melibatkan peran aktif para pakar dalam pembahasan perundang-undangan
      d. mengajukan gugatan ke PTUN bila terjadi kesalahan prosedur dalam proses perubahan surat keputusan

      29. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
      1) Bahtiar menangkap seorang pencuri dan langsung menyerahkannya kepada yang berwajib.
      2) Amin seorang anak yang baik dan sopan terhadap siapapun.
      3) Rani selalu berbuat jujur dan bertanggung jawab terhadap perbuatannya.
      4) Ratih seorang anak yang selalu membantu temannya yang kesusahan.
      Diantara ilustrasi di atas yang termasuk pelaksanaan norma hukum adalah normor?
      a. 1
      c. 3
      b. 2
      d. 4

      30. Peraturan Pemerintah ditetapkan oleh presiden untuk menjalankan . . . .
      a. Peraturan Daerah
      b. Peraturan Presiden
      c. Undang-undang
      d. UUD

      31. Untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar dalam sidang MPR harus dihadiri oleh sekurang-kurangnya . . . .
      a. 2/3 dari jumlah anggota MPR
      b. 2/3 dari jumlah anggota MPR yang hadir
      c. 1/3 dari jumlah anggota MPR
      d. 1/2 dari anggota MPR

      32. Contoh perilaku yang menunjukkan sikap patuh terhadap peraturan perundangan di lingkungan negara yaitu . . . .
      a. mematuhi rambu-rambu lalu lintas
      b. tidak menggelandang sepulang sekolah
      c. menggunakan fasilitas keluarga dengan tertib
      d. menghormati tata cara adat kebiasaan setempat

      33.

      Dengan Persetujuan

      DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA
      MEMUTUSKAN
      Menetapkan: UNDANG-UNDANG TENTANG PEMILU

      Pernyataan di atas merupakan contoh bagian dari undang-undang yang disebut dengan . . . .
      a. konsiderans
      b. isi
      c. diktum
      d. dasar hukum

      34. Pemberantasan tindak pidana korupsi terdapat dalam . . . .
      a. UU RI Nomor 12 Tahun 2003
      b. UU RI Nomor 31 Tahun 2002
      c. UU RI Nomor 20 Tahun 2001
      d. UU RI Nomor 14 Tahun 2004

      35. Tata cara mempersiapkan rancangan undang-undang, rancangan Peraturan Pemerintah dan rancangan Peraturan Presiden terdapat dalam materi . . . .
      a. Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2005
      b. UU Nomor 32 Tahun 2004
      c. UU Nomor 20 Tahun 2001
      d. UU Nomor 31 Tahun 2002

      36. Demokrasi yang berkaitan dengan bidang politik merupakan pengertian demokrasi dalam arti . . . .
      a. sempit
      b. utuh
      c. luas
      d. bulat

      37. Perhatikan pernyataan berikut ini!
      1) Kekuasaan minoritas.
      2) Nilai toleransi, kerja sama, dan mufakat.
      3) Proses hukum yang wajar.
      4) Pembatasan pemerintah secara konstitusional.
      5) Kedaulatan ada di tangan penguasa.
      Asas-asas demokrasi ditunjukkan oleh nomor . . . .
      a. 1, 2, dan 3
      b. 3, 4, dan 5
      c. 2, 3, dan 4
      d. 1, 3, dan 5

      38. Salah satu komponen pemerintahan demokratis adalah . . . .
      a. partai-partai menggalang kekuatan oposisi melawan pemerintahan yang ada
      b. badan legislatif melaksanakan kebijakan
      c. badan eksekutif membuat dan melaksanakan peraturan
      d. rakyat sebagai penentu kebijakan

      39. Perhatikan pernyataan berikut ini!
      1) Kekuasaan tidak terbatas.
      2) Pemerintahan bersifat totaliter.
      3) Rakyat menjadi objek pemerintahan semata.
      Pernyataan di atas merupakan ciri demokrasi . . . .
      a. marxisme
      b. komunisme
      c. modern
      d. konstitusional

      40. Pemungutan suara untuk mengetahui kehendak rakyat secara langsung disebut . . . .
      a. referendum
      b. voting
      c. musyawarah
      d. mufakat

      41. Demokrasi yang menunjukkan adanya hubungan yang erat antara badan eksekutif dan badan legislatif yaitu demokrasi . . .
      a. pemisahan kekuasaan
      b. parlementer
      c. referendum
      d. liberal

      42. Perwujudan budaya demokrasi di lingkungan masyarakat ialah . . . .
      a. pembagian tugas pekerjaan rumah
      b. diskusi kelompok tentang permasalahan di kelas
      c. memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak
      d. turut serta dalam organisasi politik

      43. Dalam demokrasi dengan sistem pemisahan kekuasaan, para menteri diangkat dan bertanggung jawab kepada presiden. Sistem ini disebut ….
      a. parlementer
      b. komunis
      c. liberal
      d. presidensial

      44. Berikut ini tidak termasuk ciri demokrasi Pancasila yaitu . . . .
      a. otoritas kekuasaan pada penguasa tertinggi
      b. musyawarah mufakat
      c. penghargaan terhadap HAM
      d. bersendikan hukum

      45. Dalam pelaksanaan demokrasi, mengemukakan pendapat secara lisan maupun tulisan bertujuan untuk . . . .
      a. membentuk disintegrasi kelompok
      b. membela kepentingan rakyat
      c. menciptakan jurang pemisah antara rakyat dengan pemerintah
      d. membentuk identitas bangsa

      46. Kekuasaan yang tidak berasal atau tidak dilahirkan oleh kekuasaan lain di muka bumi. Sifat kekuasaan ini disebut . . . .
      a. mutlak
      b. abadi
      c. asli
      d. permanen

      47. Kedaulatan rakyat di Indonesia dilatarbelakangi teori kenegaraan . . . .
      a. integralistik
      b. individualistik
      c. liberalistik
      d. monopolistik

      48. Kekuasaan dan kewenangan Mahkamah Konstitusi adalah . . . .
      a. melakukan kekuasaan kehakiman menyelenggarakan peradilan
      b. menguji undang-undang terhadap UUD
      c. mengusulkan pengangkatan hakim agung
      d. menjaga kehormatan, keluhuran martabat dan perilaku hakim

      49. Sarana demokrasi yang merupakan salah satu bentuk partisipasi rakyat dalam bidang politik ialah . . . .
      a. pemanfaatan sarana umum
      b. mengatur kelancaran lalu lintas
      c. pemilu
      d. membantu korban bencana alam

      50. Kedaulatan tertinggi ada di tangan rakyat. Pemerintah mendapat kekuasaan dari rakyat. Kedaulatan ini disebut pemerintahan . . . .
      a. monarkhis
      b. oligarkhis
      c. otokratis
      d. demokratis

      51. Berikut ini yang tidak termasuk ciri negara hukum (rule of law) yaitu . . . .
      a. pendidikan wajib militer
      b. supremasi hukum
      c. kebebasan mengemukakan pendapat
      d. badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak

      52. Perhatikan pernyataan berikut ini!
      1) Tirani minoritas
      2) Dominasi partai politik tertentu.
      3) Rule of law.
      4) Open management
      5) Pengakuan terahadap HAM
      Ciri negara yang menganut prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor….
      a. 1, 2, dan 3
      c. 1, 2, dan 4
      b. 3, 4, dan 5
      d. 1, 3, dan 5

      53. Pelaksanaan kedaulatan rakyat di Indonesia lebih tampak dalam kehidupan masyarakat . . . .
      a. kota
      b. desa
      c. sekolah
      d. metropolitan

      54. Yang disebut lembaga eksekutif di Indonesia sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen adalah . . . .
      a. MPR
      b. DPR dan DPD
      c. MA dan Mahkamah Konstitusi
      d. Presiden dan Wakil Presiden

      55. Berikut yang merupakan kekuasaan dan kewenangan MPR adalah . . . .
      a. menetapkan dan mengubah UUD
      b. membentuk undang-undang
      c. memegang kekuasaan pemerintahan
      d. mengajukan usul RUU

      10 responses to “Soal PKn 8 Paket 2

      1. Membantu sekali.

        trims

      2. terima kasih atas paket soal-2 PKn yang dibuat, semoga bermanfaat buat tambahan referensi saya dan buat latihan pemantapan penguasaan meteri bagi anak didik saya. sekali lagi terima kasih.

      3. kok q gx nemu konsikuen pejabat yg melakukan korupsi

      4. isinye mane ????

      5. sekalian sama jawabannya atuh hehe

      6. Kalau boleh tau,ada kunci jawabannya gak ya?

      7. Hahahahawkwkwkwkwk. Biasa aja sih (oh aja sih) loe GAJE

      8. Kuncinya??

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s