Soal PKn 8 Paket 5

Ulangan Kompetensi Dasar 1

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara, artinya .…
a. ditulis dalam lambang negara
b. dijadikan dasar mengatur negara
c. diajarkan pada pendidikan formal
d. ditulis di dalam dokumen negara

2. Pemberontakan G30S/ PKI pada hakikatnya bertujuan untuk ….
a. mengganti Pancasila dengan komunis
b. mengganti Presiden/Wakil Presiden
c. mencegah pemerintahan otoriter
d. mengganti kabinet

3.Bangsa Indonesia memilih Pancasila yang merupakan kepribadian bangsa dijadikan ideologi negara sebab .…
a. Pancasila sesuai dengan piagam PBB
b. Pancasila ideologi yang dikenal bangsa lain
c. negara lain mengagumi keampuhan Pancasila
d. mengambil ideologi lain sangat mahal dan hanya coba-coba

4. Pancasila sesuai dengan kodrat manusia karena mampu menjaga keserasian hubungan antara ….
a. manusia dengan Tuhan, dengan sesama dan dengan alam semesta
b. manusia yang satu dengan lainnya serta dengan Tuhan
c. bangsa yang satu dengan bangsa lainnya
d. pemerintah dengan tokoh masyarakat dan dengan rakyat

5. Nilai-nilai keadilan di dalam Pancasila memiliki makna .…
a. sama rata, sama rasa
b. yang lemah selalu ditolong
c. kekeluargaan dan gotong-royong
d. yang kuat memberi donor

6. Pancasila sila kesatu menuntun manusia untuk ….
a. mempelajari agama / kepercayaan orang lain
b. memperhatikan peribadatan orang lain
c. membantu tetangga yang kekurangan
d. percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

7. Batas-batas keterbukaan ideologi Pancasila antara lain ….
a. penciptaan norma yang harus melalui konsensus
b. pembentukan pemimpin harus melalui pemilihan
c. pengangkatan pejabat harus secara jujur dan terbuka
d. pengamalan Pancasila harus sesuai tuntunan

8. Sikap yang perlu kita kembangkan demi kelestarian ideologi Pancasila adalah….
a. membandingkan ideologi Pancasila dengan ideologi lain
b. menghayati, meyakini, dan mengamalkan Pancasila
c. mengambil inti sari dari nilai-nilai Pancasila
d. mengkaji nilai-nilai Pancasila melalui seminar

9. Setiap warga negara Indonesia wajib menjaga kemurnian Pancasila dengan tetap ….
a. memperhatikan adat-istiadat
b. menghargai kebudayaan daerah
c. terbuka terhadap nilai-nilai baru
d. menghormati ajaran agama

10. Contoh peran serta warga negara dalam mempertahankan Pancasila dalam lingkungan masyarakat yaitu ….
a mengembangkan sikap toleransi
b mengikuti kegiatan para pemuda
c menuruti permintaan tetangga
d suka mengalah dalam pergaulan

11. Setiap warga masyarakat wajib mengembangkan perilaku positif terhadap Pancasila berarti wajib ….
a. menghafal rumusan Pancasila
b. mempelajari makna Pancasila
c. mengamalkan Pancasila
d. menyebarluaskan Pancasila

12. Kewajiban seorang siswa terhadap Pancasila yaitu ….
a. mempelajari sejarah lahirnya Pancasila
b. mengenang para penggali nilai-nilai Pancasila
c. mempelajari, mengamalkan, dan mempertahankan Pancasila
d. mengkaji kebenaran Pancasila melalui diskusi kelompok

13. Perilaku positif terhadap Pancasila di dalam keluarga dapat ditunjukkan dengan sikap ….
a. saling mencintai sesama anggota keluarga
b. menyimpan buku-buku yang menjelaskan tentang Pancasila
c. menghormati anggota keluarga yang lebih tua
d. jarang bepergian agar bisa berkumpul dengan anggota keluarga

14. Para tokoh masyarakat yang berjiwa Pancasila , akan ….
a. menghormati warga masyarakat yang memiliki kelebihan
b. suka membantu tetangga yang pernah membantu
c. bersedia menghormati orang yang lebih tua
d. memandang bahwa seluruh anggota masyarakat memiliki derajat yang sama

B. Jawablah dengan singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Jelaskan kedudukan Pancasila menurut Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998!
2. Sebutkan faktor-faktor yang melatarbelakangi Pancasila dijadikan ideologi negara!
3. Tunjukkan tiga contoh penjabaran nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung di dalam Pancasila!
4. Tunjukkan tiga contoh perilaku positif terhadap ideologi Pancasila di lingkungan sekolah!
5. Bagaimanakah sikapmu jika di sekolah ada kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila?

Ulangan Kompetensi Dasar 2

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Fungsi konstitusi ditinjau dari tujuannya yaitu untuk …
a. membatasi kekuasaan pemerintah
b. mengatur tugas lembaga negara
c. menjamin hak-hak warga negara
d. membantu para pejabat negara

2. CF Strong menyebutkan bahwa konstitusi itu sebagai sekumpulan asas-asas yang mengatur…
a. hak dan kewajiban warga negara
b. kekuasaan pemerintah
c. wewenang lembaga negara
d. membantu para pejabat negara

3. Pada tanggal 18 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949 Indonesia menggunakan …
a. UUD RIS
b. UUDS
c. UUD Federal
d. UUD 1945

4. Undang-Undang Dasar Sementara pernah berlaku di Indonesia pada periode…
a. 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950
b. 17 Agustus 1950 sampai dengan 5 Juli 1959
c. 5 Juli 1959 sampai dengan 11 Maret 1966
d. 11 Maret 1966 sampai dengan 11 Oktober 1968

5. Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 antara lain menetapkan…
a. pembubaran DPR
b. pembubaran PKI
c. berlakunya kembali UUD 1945
d. pembentukan kabinet Dwikora

6. Pada waktu berlaku UUD Sementara Indonesia menganut sistem pemerintahan…
a. presidensiil
b. otoriter
c. monarki
d. parlementer

7. Negara konstitusional memiliki konstitusi yang bercirikan….
a. membatasi kegiatan kepala negara
b. membatasi masa jabatan Presiden
c. mengatur tugas Kepala Negara
d. membatasi kekuasaan pemerintah

8. UUD 1945 pasal 1 ayat 2 menyebutkan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan….
a. DPR dan Presiden
b. sesuai konstitusi negara
c. menurut Undang-Undang Dasar
d. Presiden dan Wakil Presiden

9. Negara dikatakan menganut sistem konstitusionil apabila kekuasaan pemerintahan didasarkan kepada….
a. kehendak para cendikiawan
b. Undang-Undang Dasar
c. pendapat ahli hukum
d. kebijakan wakil rakyat

10. Contoh penyimpangan konstitusionil antara lain….
a. MPR memberhentikan Presiden karena usulan dari DPR
b. Presiden memberhentikan menteri karena tidak mampu bekerja
c. Anggota DPR merangkap jabatan menjadi anggota MA
d. Pegawai Negeri Sipil menggunakan hak pilih

11. Tujuan utama perubahan UUD 1945 yaitu untuk….
a. membatasi masa jabatan Presiden
b. memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme
c. meningkatkan fungsi DPR
d. disesuaikan dengan aspirasi warga negara Indonesia

12. Dasar hukum perubahan UUD 1945 yang telah dilakukan oleh MPR yaitu….
a. Ketetapan MPRS No. XX/MPRS/1966
b. UUD 1945 pasal 37
c. UU No. 9 Tahun 1998
d. Ketetapan MPR No. IV/MPR/1998

13. Menurut Hukum Tata Usaha Negara ada dua cara perubahan UUD yaitu….
a. konstitusional dan revolusioner
b. konstitusional dan radikal
c. revolusioner dan progresif
d. progresif dan konstitusional

14. Pasal 37 ayat 5 UUD 1945(hasil amandeman) menegaskan bahwa….
a. Batang tubuh UUD 1945 tidak dapat diubah lagi
b. MPR tidak lagi sebagai lembaga tertinggi negara
c. bentuk negara kesatuan tidak dapat diubah
d. kekuasaan Presiden dibatasi undang-undang

15. Arti penting perubahan UUD 1945 bagi masyarakat Indonesia antara lain….
a. merupakan angin segar bagi kehidupan politik di Indonesia
b. menjamin kebebasan dalam segala bidang kehidupan
c. menjamin terpenuhinya seluruh hak warga negara
d. mendorong kreativitas daerah untuk menyusun undang-undang sendiri

B. Jawablah dengan singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Jelaskan pengertian konstitusi menurut CF Strong!
2. Bandingkan antara konstitusi / UUD 1945, UUD RIS, UUD Sementara mengenai bentuk negara, susunan negara, dan sistem pemerintahan!
3. Sebutkan tiga contoh penyimpangan konstitusional yang dapat terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia!
4. Bagaimanakah pendapat kalian apakah Pembukaan UUD 1945 boleh diubah?
5. Tunjukkan sedikitnya tiga arti penting perubahan UUD 1945 bagi kehidupan bangsa Indonesia!

Ulangan Kompetensi Dasar 3

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh DPR besama dengan Presiden disebut….
a. Keputusan DPR
b. Undang-Undang
c. Peraturan Pemerintah
d. Undang-Undang Dasar

2. Prinsip peraturan perundang-undangan antara lain menyebutkan bahwa peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi….
a. menghargai peraturan perundang-undangan yang lebih rendah
b. melarang berlakunya peraturan perundang-undangan yang lebih rendah
c. mendukung peraturan perundang- undangan yang lebih rendah
d. mengesampingkan peraturan perundang-undangan yang lebih rendah

3. Berdasarkan Undang-Undang No. 10 Tahun 2004, peraturan perundang-undangan RI tidak mengenal bentuk Keputusan Presiden tetapi diganti dengan….
a. Pengumuman Presiden
b. Instruksi Presiden
c. Peraturan Presiden
d. Dekrit Presiden

4. Peraturan daerah kabupaten sebagaimana yang dimaksud pada ketentuan UU No. 10 Tahun 2004 yaitu peraturan yang dibuat oleh….
a. DPRD provinsi dan DPRD kabupaten
b. Bupati dan DPRD kabupaten
c. Bupati dan pejabat teknis di kabupaten
d. Presiden, Gubernur, dan Bupati

5. Menurut ketentuan pasal 20 UUD 1945 pemegang kekuasaan membuat undang-undang adalah….
a. DPR
b. DPD
c. DPRD
d. Presiden

6. Rancangan Undang-Undang yang berasal dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) diajukan kepada….
a. Presiden
b. Mahkamah Konstitusi
c. DPR
d. MPR

7. Peraturan perundang-undangan yang sudah sesuai dengan kondisi kehidupan masyarakat akan….
a. didukung oleh masyarakat luas
b. dilaksanakan para pejabat negara
c. disosialisasikan kepada rakyat
d. disiarkan dalam acara TV

8. Seseorang yang melanggar undang-undang sebaiknya….
a. dimasukkan dalam penjara
b. dikenakan denda
c. diberi sanksi sesuai peraturan
d. dihukum yang berat

9. Contoh perilaku warga masyarakat yang menaati peraturan perundang-undangan adalah….
a. suka mengalah dalam pergaulan
b. suka meminjamkan uang kepada tetangga
c. tidak berbuat onar di lingkungan masyarakat
d. selalu menengok jika tetangga sakit

10. Kewajiban warga negara terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku adalah….
a. mempelajari dan melaksanakan
b. memperhatikan masa berlakunya
c. menyebarluaskan kepada umum
d. mempelajari materinya

11. Bentuk penyalahgunaan kekuasaan yang jelas-jelas merugikan keuangan negara adalah….
a. korupsi
b. kolusi
c. nepotisme
d. separatisme

12. Akibat dari tindakan korupsi bagi negara adalah….
a. menimbulkan ketidakadilan dalam hal pendapatan dan kekayaan
b. menghabiskan atau memakan harta kekayaan negara
c. menghabiskan uang pajak yang masuk negara
d. menjadikan negara miskin dan banyak hutang

13. Agar para pejabat negara tidak melakukan korupsi maka sebaiknya….
a. para pejabat negara dipenuhi segala kebutuhannya
b. dilakukan pengawasan secara ketat penggunaan keuangan negara
c. pejabat yang melakukan korupsi dihukum mati
d. jumlah polisi ditambah

14. Perilaku seseorang yang antikorupsi dapat ditunjukkan dengan cara….
a. benci terhadap pejabat yang korupsi
b. membantu pemerintah di dalam memberantas korupsi
c. mengawasi semua kegiatan pejabat negara
d. mengadakan demonstrasi jika ada pejabat yang korupsi

15. Pejabat-pejabat yang duduk di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hendaknya bekerja dengan baik sebab….
a. telah menerima gaji dari negara
b. telah dipercaya mengawasi keuangan negara
c. jika tidak baik akan diganti oleh orang lain
d. tidak dipengaruhi oleh pemerintah

B. Jawablah dengan singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Apakah perbedaan peraturan perundang-undangan dengan undang-undang?
2. Bandingkan tata urutan perundang-undangan menurut Ketetapan MPR No. III Tahun 2000 dan menurut UU No. 10 Tahun 2004!
3. Sebutkan bunyi UUD 1945 pasal 20 ayat 1,2, dan 3!
4. Tunjukkan empat contoh perilaku warga negara yang menaati peraturan perundang-undangan dalam kehidupan di masyarakat !
5. Tunjukkan tiga contoh usaha-usaha untuk memberantas korupsi di Indonesia!

Ulangan Kompetensi Dasar 4

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang….
a. memberi kekebasan mutlak kepada rakyat.
b. memberi kesempatan yang luas kepada rakyat untuk berpartisipasi dalampemerintahan.
c. menjamin terpenuhinya kebutuhan seluruh rakyat.
d. melindungi kepentingan rakyat mayoritas.

2. Salah satu dari asas pokok demokrasi adalah….
a. terdapat partisipasi rakyat terhadap negara.
b. terselenggara pemilihan umum setiap lima tahun.
c. ada presiden dan wakil presiden yang dipilih.
d. dibentuk DPR dan MPR.

3. Salah satu ciri pokok pemerintahan demokrasi adalah…
a. terdapat lembaga pemilihan umum.
b. ada pemisahan atau pembagian kekuasaan.
c. terdapat hak pilih aktif dan pasif yang dimiliki rakyat.
d. pengangkatan pejabat melalui pemilihan.

4. Demokrasi menghendaki pergantian penguasa….
a. dengan teratur.
b. melalui pemilihan umum.
c. melalui demonstrasi besar-besaran.
d. ditunjuk kepala negara.

5. Kehidupan yang demokratis dalam segala bidang akan dapat terwujud apabila….
a. pemerintah menyosialisasikan manfaat kehidupan demokratis.
b. para pejabat negara memberi contoh tentang perwujudan kehidupan yang demokratis.
c. tokoh-tokoh masyarakat menganjurkan warga masyarakat agar mempelajari demokrasi.
d. seluruh warga negara berusaha mewujudkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

6. Pentingnya kehidupan demokratis di dalam lingkungan kenegaraan antara lain….
a. mendidik pegawai untuk berani menilai atasannya.
b. mengurangi sistem pengawasan dari badan legislatif.
c. mendidik pimpinan untuk selalu menuruti kehendak bawahan.
d. memperlancar penyelenggaraan pemerintahan.

7. Pentingnya kehidupan demokratis di dalam lingkungan masyarakat antara lain….
a. mengembangkan kebersamaan dan kegotongroyongan.
b. kebodohan dan kemiskinan menghilang.
c. pengangguran berkurang.
d. segala bentuk kejahatan berkurang.

8. Pentingnya kehidupan demokratis di dalam lingkungan sekolah antara lain….
a. melatih siswa berbicara keras di depan umum.
b. membantu guru dalam memecahkan masalah keilmuan
c. mendidik siswa berpikir kritis.
d. meringankan tugas kepala sekolah.

9. Contoh perilalu positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan keluarga antara lain….
a. menghargai pendapat semua anggota keluarga.
b. anak wajib mengikuti kehendak orang tua.
c. orang tua wajib menuruti permintaan anak.
d. isteri harus mengikuti kebijakan suami.

10. Penerapan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi sebenarnya tidak hanya dalam bidang politik tetapi juga….
a. dalam kehidupan kebudayaan.
b. dalam hukum dan pemerintahan.
c. menyangkut kehidupan masyarakat.
d. dalam segala bidang kehidupan.

11 Perilaku positif terhadap pelaksanaan demokrasi dapat ditumbuhkembangkan di sekolah dengan jalan….
a. memberi kebebasan siswa pada waktu istirahat.
b. menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan siswa.
c. memberi hadiah kepada siswa yang terpilih menjadi ketua kelas.
d. memberikan penataran kepada guru tentang nilai-nilai demokrasi.

12. Demi berkembangnya perilaku positif terhadap pelaksanaan demokrasi, maka harus menghindari….
a. pembentukan pemimpin tanpa melalui pemilihan.
b. terhadap bentuk penyelewengan.
c. kegiatan yang menghabiskan dana besar.
d. segala bentuk pemaksaan.

13. Seorang warga masyarakat yang demokratis akan….
a. menerima saran dan kritik dari ketua RT.
b. bersedia menerima segala bentuk perbedaan.
c. membantu masyarakat berekonomi lemah.
d. mengikuti jejak tokoh masyarakat.

14. Seorang pejabat yang memiliki sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi akan….
a. melaporkan segala perbuatannya kepada masyarakat sekitar.
b. memiliki rasa malu dan bertanggungjawab kepada publik.
c. melaporkan hasil pekerjaan kepada atasannya.
d. memperhatikan kesejahteraan bawahannya.

15. Seorang warga negara yang memiliki perilaku positif terhadap pelaksanaan demokrasi di dalam lingkungan kenegaraan ia akan….
a. bercita-cita menjadi pegawai negeri atau anggota TNI.
b. mengawasi proyek-proyek pembangunan yang berskala besar.
c. menggunakan fasilitas umum/milik negara sesuai kemauannya.
d. aktif berpartisipasi terhadap perumusan kebijakan publik yang dibuat pemerintah.

B. Jawablah dengan singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Sebutkan 4 (empat) nilai-nilai demokrasi secara umum!
2. Sebutkan 4 (empat) ciri negara demokrasi!
3. Tunjukkan tiga arti penting kehidupan demokratis dalam kehidupan masyarakat!
4. Mengapa pendidikan tentang demokrasi sangat tepat diberikan di sekolah?
5. Sebutkan empat contoh penerapan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan kenegaraan!

Uji Kompetensi Dasar 5

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Kedaulatan memiliki dua pengertian yaitu kedaulatan….
a. ke dalam dan ke luar.
b. sekarang dan yang akan datang.
c. luas dan sempit.
d. rakyat dan pemerintah.

2. Menurut pandangan para ilmuwan teori kedaulatan yang lebih diyakini dapat menyejahtera- kan rakyat yaitu teori kedaulatan….
a. Tuhan.
b. Rakyat.
c. Negara.
d. Raja.

3. Kedaulatan rakyat memiliki makna bahwa ….
a. penggunaan keuangan secara terbuka dilaporkan kepada seluruh rakyat.
b. seluruh rakyat mendapat perhatian yang sama dari negara.
c. kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.
d. rakyat mempunyai hak memilih dalam pemilihan umum.

4. Negara yang menerapkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat akan memberi kemerdekaan seluas-luasnya kepada rakyat dalam berperan serta terhadap penyelenggaraan negara, tetapi pelaksanaannya tetap harus….
a. mematuhi norma-norma yang berlaku.
b. mengikuti kehendak pejabat negara.
c. memperhatikan kepentingan pemerintah.
d. memperhatikan kedaulatan yang dianut negara lain.

5. Indonesia menerapkan kedaulatan rakyat tetapi aspirasi rakyat dapat disalurkan lewat….
a. pejabat yang berkuasa.
b. pimpinan yang disegani.
c. golongan yang menguasai perekonomian.
d. wakil-wakil rakyat.

6. Indonesia menganut pemerintahan konstitusional artinya….
a. pemerintahan berdasarkan kepada konstitusi atau Undang-Undang Dasar
b. tugas Presiden diatur oleh konstitusi atau Undang-Undang Dasar.
c. lembaga negara memegang teguh konstitusi atau Undang-Undang Dasar.
d. setiap warga negara wajib memahami konstitusi atau Undang-Undang Dasar.

7. Tugas pokok dari lembaga pemegang kedaulatan rakyat adalah….
a. menyalurkan aspirasi masyarakat.
b. mengangkat pemimpin negara.
c. mengawasi tindakan pejabat.
d. memberantas korupsi.

8. Berikut ini yang bukan tugas/wewenang DPR adalah….
a. menetapkan APBN bersama Presiden.
b. melaksanakan pengawasan terhadap Presiden.
c. membentuk undang-undang bersama Presiden.
d. memberi pertimbangan Presiden dalam mengangkat menteri.

9. Mahkamah Agung berhak memutuskan….
a. kasasi
b. amnesti
c. abolisi
d. rehabilitasi

10. Salah satu tugas dan wewenang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) adalah melaksanakan pengawasan terhadap….
a. tindakan para pejabat daerah
b. pengangkatan pejabat daerah
c. penarikan retribusi di daerah
d. kebijakan pemerintah daerah.

11. Sebagai warga negara yang meyakini prinsip-prinsip kedaulatan rakyat maka akan….
a. mempunyai sikap peduli terhadap jalannya pemerintahan negara.
b. harus berusaha agar menjadi pemimpin organisasi politik.
c. wajib berusaha menjadi wakil rakyat dalam lembaga demokrasi.
d. wajib memperhatikan kehidupan masyarakat sekitar.

12. Contoh peran serta warga negara dalam pemerintahan dapat dilakukan dengan cara….
a. membantu Kepala Desa dalam menarik PBB.
b. menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.
c. menghormati pegawai negeri yang berkunjung ke desa.
d. mengikuti upacara peringatan hari besar nasional di stadion.

13. Perilaku warga negara yang memahami prinsip kedaulatan dalam kehidupan sehari-hari akan….
a. melakukan perbuatan sesuai tradisi masyarakat sekitar.
b. memikirkan kondisi negara dan perilaku pejabat tinggi negara.
c. berbuat sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
d. mempelajari undang-undang yang baru agar tidak ketinggalan jaman.

14. DPRD Kabupaten berfungsi sebagai….
a. badan eksekutif kabupaten
b. badan legislasi kabupaten
c. badan pertimbangan di daerah
d. alat kontrol dari pemerintah pusat

15. Pemerintah daerah berfungsi sebagai….
a. lembaga administratif daerah
b. badan eksekutif daerah
c. badan legislatif daerah
d. badan yudikatif daerah

B. Jawablah dengan singkat dan jelas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Jelaskan tentang pengertian kedaulatan ke dalam dan ke luar!
2. Sebutkan empat contoh ketentuan UUD 1945 yang berfungsi membatasi kekuasaan pemerintah!
3. Sebutkan tiga fungsi DPR!
4. Mengapa setiap warga negara wajib mendukung sikap positif terhadap perwujudan kedaulatan rakyat?
5. Tunjukkan empat contoh bentuk-bentuk penerapan kedaulatan di dalam lingkungan masyarakat.

Ulangan Akhir Semester

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Ideologi merupakan pegangan dan pedoman suatu bangsa untuk memecahkan masalah-masalah….
a. politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan
b. politik, hukum, sosial budaya, dan ekonomi
c. hukum, ekonomi, sosial budaya, dan keagamaan
d. kemasyarakatan, sosial budaya, ekonomi dan hukum

2. Pancasila adalah dasar Negara Republik Indonesia yang tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945. Kalimat tersebut merupakan pengertian Pancasila secara….
a. etimologis
b. terminologis
c. sosiologis
d. historis

3. Siswa yang giat belajar sebenarnya telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila khususnya sila….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

4. Pancasila wajib diamalkan di dalam….
a. kehidupan keluarga dan masyarakat
b. kehidupan pribadi, sosial, dan kenegaraan
c. pergaulan sehari-hari dengan orang lain
d. kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

5. Kita adalah bangsa yang beragam, baik dari budaya suku, agama, dan bahasa maka hanyalah Pancasila yang dapat….
a. menghilangkan berbagai perbedaan
b. memadukan keanekaragaman
c. menyatukan keanekaragaman tersebut
d. menyeragamkan keanekaragaman tersebut

6. Pancasila sila kesatu menuntun warga negara Indonesia untuk …
a. percaya dan taqwa terhadap Tuhan YME
b. mempelajari agama/kepercayaan orang lain
c. memperhatikan peribadatan orang lain
d. membantu tetangga yang kekurangan

7. Dasar hukum berlakunya UUD 1945 pada kurun waktu yang kedua adalah….
a. Sidang PPKI 18 Agustus 1945
b. Konferensi Meja Bundar di Den Haag
c. Dekrit Presiden 5 Juli 1959
d. Ketetapan MPRS XX/MPRS/1966

8. Contoh kemungkinan penyimpangan konstitusional yang dapat terjadi yaitu Presiden….
a. memberhentikan menteri
b. membubarkan DPR
c. memberikan grasi
d. mengangkat duta dan konsul

9. Pengaruh perubahan UUD 1945 terhadap perkembangan politik di Indonesia yaitu….
a. partai politik tidak ada batasan apapun
b. partai politik harus berasas Pancasila
c. partai politik tidak perlu memiliki Anggaran Dasar
d. adanya kebebasan yang lebih luas dalam berpolitik

10. Usaha yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah agar rakyat lebih menaati UUD 1945 hasil amandemen adalah….
a. menyosialisasikan kepada masyarakat
b. memberi hukuman kepada pihak yang melanggar
c. memberi sanksi yang berat kepada para yang melanggar
d. memasukkan materi UUD 1945 ke dalam kurikulum pendidikan dasar

11. Peraturan pemerintah adalah peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh Presiden untuk melaksanakan….
a. Undang-Undang
b. Peraturan Pemerintah
c. Ketetapan MPR
d. GBHN

12. Hirarki peraturan perundang-undangan RI menurut UU No. 10 Tahun 2004 yang kedudukannya berada tepat di bawah UUD 1945 adalah….
a. Ketetapan MPR
b. UU/PERPU
c. Peraturan Pemerintah
d. Peraturan Presiden

13. Menurut ketentuan UUD 1945 pasal 11 Presiden mempunyai tugas/wewenang untuk….
a. mengangkat duta dan konsul
b. memberi grasi dan rehabilitasi
c. membuat perjanjian dengan negara lain
d. mengangkat para menteri

14. Lembaga yang paling berhak untuk merumuskan undang-undang adalah….
a. DPD
b. Presiden
c. DPR
d. MPR

15. Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh MPR atas usul….
a. Mahkamah Agung
b. Mahkamah Konstitusi
c. Badan Pemeriksa Keuangan
d. Dewan Perwakilan Rakyat

16. Tujuan pokok dirumuskannya peraturan perundang-undangan adalah….
a. mewujudkan kesejahteraan rakyat
b. membantu tugas Presiden
c. membatasi kekuasaan Presiden
d. melindungi rakyat pedesaan

17. Negara telah membentuk lembaga atau badan yang bertugas memberantas korupsi tetapi korupsi tidak akan bisa diberantas tanpa….
a. disertai kesediaan dana yang cukup
b. pengawasan yang ketat dari Presiden
c. bantuan dari negara lain
d. partisipasi seluruh warga negara

18. Usaha yang paling tepat untuk memberantas korupsi di Indonesia adalah….
a. menaikkan gaji pegawai negeri sipil dan TNI
b. meningkatkan kualitas moral dan ketaqwaan warga negara
c. menambah jumlah alat penegak hukum
d. mendirikan pengadilan khusus yang menangani korupsi

19. Perilaku korupsi dapat menyebabkan….
a. negara miskin dan banyak hutang
b. harga BBM naik
c. kemiskinan di pedesaan
d. inflasi yang tinggi

20. Asas negara demokrasi yaitu adanya pengakuan partisipasi rakyat dalam….
a. politik
b. pemerintahan
c. penyusunan Undang-Undang
d. pertahanan negara

21. Negara demokrasi harus mengakui asas-asas negara demokrasi antara lain….
a. perlindungan hak-hak politik warga negara dalam pemerintahan
b. terjaminnya kebutuhan hidup warga negara baik di pedesaan maupun perkotaan
c. pengakuan Hak Asasi Manusia sebagai penghargaan martabat manusia
d. pemberantasan segala bentuk kekerasan di dalam masyarakat

22. Kehidupan berbangsa dan bernegara yang dijiwai demokrasi akan….
a. tercipta kebebasan yang mutlak
b. terhindar dari tindak kekerasan
c. terjaminnya hak rakyat di pedesaan
d. terciptanya pemerintahan yang bersih tanpa pangawasan

23. Bangsa Indonesia telah menetapkan Pancasila sebagai ideologi negara maka….
a. menolak semua pengaruh yang berasal dari asing
b. bangsa Indonesia tidak perlu memperhatikan ideologi selain Pancasila
c. menerima pengaruh dari manapun sepanjang sesuai dengan Pancasila
d. tidak perlu bekerja sama dengan bangsa lain yang tidak memiliki Pancasila

24. Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang….
a. memberi kesempatan rakyat berpartisipasi dalam pemerintahan
b. menjamin kebebasan pers yang mutlak
c. melibatkan rakyat di dalam penyusunan Undang-Undang
d. melindungi kepentingan rakyat mayoritas

25. Kedudukan rakyat di dalam pemerintahan demokrasi yaitu rakyat sebagai ….
a. pemilik kedaulatan
b. pengendali bidang legislatif
c. pengendali bidang eksekutif
d. pengatur pejabat negara

26. Demokrasi yang diterapkan di Indonesia adalah demokrasi yang ….
a. mengutamakan golongan mayoritas
b. bersumber kepada kepribadian bangsa yaitu Pancasila
c. menentang kebebasan individu
d. bersumber ajaran nenek moyang

27. Kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos berarti rakyat dan kratos berarti….
a. negara
b. penguasa
c. pemerintahan
d. pemimpin

28. Kehidupan demokratis perlu kita wujudkan dalam bidang….
a. hukum, agama, sosial budaya, dan pertahanan keamanan
b. hukum, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan
c. politik, ekonomi, hukum, dan pertahanan keamanan
d. politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan

29. Kehidupan berbangsa dan bernegara yang dijiwai demokrasi akan….
a. terjamin hak-hak warga negara
b. tercipta pemerintahan yang disegani rakyat
c. tercipta kebebasan yang mutlak dalam berpolitik
d. bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme

30. Ciri-ciri negara demokrasi antara lain….
a. adanya DPR dan MPR
b. memiliki TNI dan Polri
c. pemilihan Presiden secara langsung
d. adanya jaminan kebebasan individu

31. Perilaku positif terhadap pelaksanaan demokrasi dapat ditumbuhkembangkan di sekolah dengan jalan….
a. memberi kebebasan guru pada waktu mengajar di kelas
b. menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan warga sekolah
c. memberi hadiah kepada siswa yang terpilih menjadi ketua kelas
d. memberikan penataran kepada guru tentang nilai-nilai demokrasi

32. Suatu negara memiliki kedaulatan sejak….
a. masuk menjadi anggota PBB
b. memiliki duta dan konsul
c. memiliki Undang-Undang Dasar
d. bangsa tersebut merdeka

33. Indonesia menganut sistem kedaulatan rakyat terutama disebabkan….
a. wilayahnya luas dan penduduknya sangat besar
b. para pendiri negara orang yang adil dan bijaksana
c. kemerdekaan Indonesia merupakan perjuangan seluruh rakyat
d. pahlawan yang gugur sangat banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia

34. Salah satu ciri kedaulatan rakyat yaitu pengambilan keputusan dalam lembaga negara selalu….
a. mengutamakan keselamatan keamanan dalam negeri
b. mengutamakan kepentingan seluruh rakyat
c. meminta pendapat anggota DPR/MPR
d. dilakukan melalui pemungutan suara/voting

35. Indonesia menganut pemerintahan konstitusionil artinya….
a. tugas Presidan diatur oleh konstitusi atau Undang-Undang Dasar
b. Lembaga negara memegang teguh konstitusi atau Undang-Undang Dasar
c. Setiap warga negara wajib memahami konstitusi atau Undang-Undang Dasar
d. pemerintahan yang berdasarkan kepada konstitusi atau Undang-Undang Dasar

36. Kedudukan Presiden menurut UUD 1945 yaitu Presiden sebagai….
a. Kepala negara merangkap Perdana Menteri
b. Badan legislatif dan badan eksekutif
c. Pemegang kekuasaan tertinggi khusus Angkatan Darat
d. Kepala negara dan kepala pemerintahan

37. Lembaga negara yang berhak memutuskan kasasi yaitu….
a. Presiden
b. Mahkamah Agung
c. DPR
d. MPR

38. Perilaku warga negara yang memahami prinsip kedaulatan dalam kehidupan sehari-hari akan….
a. melakukan perbuatan sesuai tradisi masyarakat sekitar
b. memikirkan kondisi negara dan perilaku pejabat tinggi Negara
c. berbuat sesuai dengan norma-norma yang berlaku
d. mempelajari undang-undang yang baru agar tidak ketinggalan jaman

39. Contoh peran serta warga negara dalam pemerintahan dapat dilakukan dengan cara….
a. membantu kepala desa dalam menarik PBB
b. menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan
c. menghormati pegawai negeri yang berkunjung ke desa
d. mengikuti upacara peringatan hari besar nasional di stadion

40. Contoh perilaku warga negara yang memahami kedaulatan yang dimiliki negara adalah…
a. disiplin membayar pajak
b. menghormati pejabat jika berada di dalam kantor
c. memperhatikan perilaku wakil-wakil rakyat
d. selalu mengoreksi kekurangan pemerintah

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

1. Tunjukkan sedikitnya 3 contoh sifat yang harus dikembangkan di dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara!
2. Siapakah yang disebut Pemerintah Daerah itu ?
3. Jelaskan tata urutan perundang-undangan RI menurut UU. No.10 Tahun 2004!
4. Apakah yang dimaksud pemerintahan konstitusionil?
5. Mengapa korupsi harus diberantas!
6. Mengapa Indonesia tidak menerapkan demokrasi liberal ataupun demokrasi sosialis!
7. Jelaskan 3 fungsi pokok DPR!
8. Tunjukkan 4 contoh bentuk-bentuk penerapan kedaulatan di dalam lingkungan masyarakat!
9. Tunjukkan sedikitnya 3 arti penting kehidupan yang demokratis di lingkungan kenegaraan?
10. Berikan 3 contoh pelaksanaan demokrasi di dalam lingkungan sekolah!

11 responses to “Soal PKn 8 Paket 5

  1. apa tidak ada kunci jawbannya? kalau ada, kan sekalian bisa mengoreksi kesalahan sya

  2. asu taraku jawabane

  3. Halah…. jawabane ndeh???

  4. Pakai kunci jwbn donk…

  5. hah la tak kiro enek jwbn.e
    kok malah g enek
    tiwas bukak blog.e amean entek”i paketan Q ae regk ya
    salah wes reguler

  6. kok g enek kunci jwbne
    tiwas bukak blog.e regk entek”i paketan ae slh wes reguler

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s