Kriteria Kelulusan Peserta didik SMP/MTs Tahun 2012

Kriteria kelulusan Peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan yang sederajat pada tahun pelajaran 2011/ 2012, diatur dalam Permendikbud Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Dari Satuan Pendidikan Dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah Dan Ujian Nasional

 Adapun kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud diatur sebagai berikut :

1. Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan:
Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah:
a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas:
1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
3) kelompok mata pelajaran estetika, dan
4) kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
c. lulus US/M untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d. lulus UN.

2. Kriteria kelulusan peserta didik dalam Ujian Sekolah:
(1) Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Sekolah SMP/MTs, apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai Sekolah.
(2) Nilai Sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dari gabungan antara nilai Ujian Sekolah dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan semester 5 untuk SMP/MTs dengan pembobotan 60% (enam puluh persen) untuk nilai Ujian Sekolah dan 40% (empat puluh persen) untuk nilai rata-rata rapor.
(3) Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Sekolah apabila nilai rata-rata dari semua Nilai Akhir dan nilai setiap mata pelajaran mencapai batas sebagaimana yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

3. Kriteria kelulusan peserta didik dalam Ujian Nasional:
(1) Kelulusan peserta didik dalam Ujian Nasional ditentukan berdasarkan Nilai Akhir.
(2) Nilai Akhir sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai Ujian Nasional, dengan pembobotan 40% (empat puluh persen) untuk Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% (enam puluh persen) untuk Nilai Ujian Nasional.
(3) Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Nasional apabila nilai rata-rata dari semua Nilai Akhir sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

4. Lain-lain:
Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud dalam Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

1 responses to “Kriteria Kelulusan Peserta didik SMP/MTs Tahun 2012

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.