Soal PKn 7 Paket 5

Soal-Soal Latihan

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Peraturan hidup yang bersumber dari Tuhan disebut norma . . . .
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

2. Tidak meludah di sembarang tempat, merupakan contoh norma . . . .
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

3. Tidak berbuat aib, tidak menelantarkan orang tua, merupakan contoh norma . . . .
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

4. Adanya hukuman mati, kurungan dan denda, merupakan sanksi bagi pelanggar norma. . . .
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum

5. Perbuatan manusia yang dilakukan berulang-ulang dalam hal yang sama, disebut . . . .
a. kebiasaan
b. adat-istiadat
c. hukum adat
d. norma-norma

6. Perkawinan exogam di Tapanuli merupakan salah satu contoh . . . .
a. kebiasaan
b. adat-istiadat
c. hukum adat
d. norma-norma

7. Manusia menurut hukum adat merupakan makhluk dalam ikatan kemasyarakatan yang kuat. Adat keseimbangan antara kepentingan pribadi dan umum, pernyataan ini merupakan corak hukum adat dalam pengertian . . . .
a. komunal
b. religis-magis
c. kontan
d. visual

8. Masih juga para sarjana hukum mencari-cari suatu definisi tentang hukum. Pendapat ini dikemukakan oleh . . . .
a. Immanuel Kant
b. L.J. van Apeldoorn
c. Grotius
d. Cornelis van Vollenhoen

9. Setiap perbuatan harus sesuai dengan pernyataan nyata atau yang diucapkan. Pernyataan ini merupakan corak hukum adat dalam pengertian . . . .
a. religis-magis
b. visual
c. kontan
d. Komunal

10. Contoh jenis kepentingan pribadi yang bersifat rohaniah ialah . . . .
a. terpenuhinya sandang
b. terpenuhinya kebutuhan pangan
c. terpenuhinya kebutuhan perumahan
d. kesempatan beribadah

11. Untuk tegaknya hukum, maka setiap pelanggar hukum harus . . . .
a. dijatuhi hukuman seumur hidup
b. membayar denda uang
c. mendapat teguran yang keras
d. dikenakan sanksi yang tegas

12. Kewajiban adalah keharusan untuk melakukan sesuatu berdasarkan . . .
a. aturan tidak tertulis
b. aturan masyarakat
c. kehendak seseorang
d. norma yang berlaku di masyarakat

13. Contoh mutlak ialah . . . .
a. hak untuk tinggal di suatu negara
b. hak negara untuk memungut pajak dari rakyatnya
c. hak perwalian
d. hak pada persetujuan jual beli

14. Dalam mengemukakan pendapat kita memiliki kebebasan yang harus diimbangi dengan . . . .
a. pendapat yang baik dan benar
b. penolakan terhadap pendapat orang lain
c. kemampuan berbicara
d. menghargai pendapat orang lain

15. Contoh kewajiban siswa di sekolah antara lain. . . . .
a. belajar di laboratorium bahasa
b. mematuhi peraturan pendapat orang lain
c. menggunakan buku perpustakaan
d. menghargai bimbingan dan penyuluhan dari guru

16. Warga negara yang taat hukum tercermin dalam perilaku . . . .
a. tidak main hakim sendiri
b. membayar pakaian sesuai tarif
c. meronda bersama teman sekolah
d. melakukan kerja bakti bila diberi upah

17. Untuk menghindari bentrokan kepentingan, gangguan keserasian dan kerukunan hidup, maka masyarakat membuktikan . . . .
a. ketentuan yang mengikat masyarakat
b. alat negara yang berwibawa
c. keyakinan bahwa hukum itu baik
d. kesetiaan untuk melaksanakan aturan hidupnya

18. Membuang sampah di bawah meja belajar di kelas, termasuk pelanggaran terhadap . . . .
a. tata tertib sekolah
b. hukum pidana sekolah
c. norma kesopanan
d. hukum perdata sekolah

19. Sebagai warga negara kita memiliki kedudukan yang sama di depan hukum dan wajib menjunjung tinggi hukum yang berlaku. Sebagai seorang siswa, maka di sekolah sebaiknya berperilaku . . . .
a. mentaati tata tertib sekolah untuk kepentingan bersama
b. mematuhi peraturan sekolah yang dianggap baik
c. mengabaikan peraturan sekolah yang tidak sesuai kemauan
d. tidak melaksanakan peraturan yang bertentangan dengan pendapat sendiri

20. Jika ada pencuri yang tertangkap, sebaiknya kita tidak bertindak main hakim sendiri. Kita berbuat demikian atas dasar . . . .
a. pada suatu saat pencuri itu akan menyadari perbuatan
b. sudah ada polisi yang bertugas, jadi bukan urusan kita
c. kita percaya bahwa itu sudah menjadi jalan hidup pencuri
d. kita menghargai kepada pribadinya sebagai manusia dan hal itu merupakan penghargaan terhadap hukum

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

1. Jelaskan empat norma yang berlaku di masyarakat berikut sumber dan sanksi bila melanggarnya!
2. Jelaskan pengertian kebiasaan, adat istiadat, hukum adat dan norma!
3. Tuliskan empat unsur hukum!
4. Jelaskan tujuan hukum menurut Prof. Subekti, S.H., Prof. Mr. Dr. L.J. van Apeldoorn, Jeremy Bentham, dan Prof. Mr. J. van Kan!
5. Jelaskan definisi hukum menurut J. C. T. Simorangkir, S.H.!
6. Jelaskan 3 arti penting hukum bagi warga negara!
7. Ada berapakah jenis kepentingan manusia itu? Berikanlah contohnya !
8. Berikan masing-masing satu contoh hak dan kewajiban WNI di bidang:
a. Politikc. Sosial
b. Ekonomid. Pertahanan keamanan
9. Hak dibedakan menjadi hak mutlak dan hak relatif. Jelaskanlah apa maksudnya dan berikan contohnya!
10. Kapankah suatu kebiasaan bisa menjadi hukum kebiasaan (Costumary law)?

Soal-Soal Latihan

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat !

1. Setelah proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, kehidupan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh . . . .
a. bantuan negara-negara tetangga
b. usaha penanam modal asing
c. keadaan ekonomi dunia
d. bangsa Indonesia sendiri

2. Hal berikut bukan merupakan arti proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 . . . .
a. lahirnya bangsa dan negara Indonesia
b. dimulainya revolusi Indonesia
c. Indonesia tidak lagi menjadi wilayah penjajahan Belanda
d. melaksanakan janji kemerdekaan kaidah pemerintahan Jepang

3. Cita-cita kemerdekaan tanah air terwujud pada 17 Agustus 1945 atas ….
a. bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa
b. kerja sama antara pemerintahan Indonesia dengan Jepang
c. persetujuan negara-negara adikuasa (besar)
d. perjuangan seluruh rakyat dan berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa

4. Pada sidangnya yang pertama tanggal 18 Agustus 1945, PPKI menetapkan ….
a. Garis-garis Besar Haluan Negara
b. Undang-undang dasar dan Presiden serta Wakil Presiden RI
c. membentuk MPR
d. Kabinet yang pertama

5. Kabinet Republik Indonesia yang pertama berbentuk . . . .
a. presidensial
b. parlementer
c. pembangunan
d. koalisi

6. Kabinet Republik Indonesia yang pertama dipimpin oleh . . . .
a. Presiden
b. Perdana menteri
c. DPR
d. KNI Pusat

7. Untuk mengadakan pegawai negeri, pemerintah RI melakukan tindakan ….
a. mengajar kaum pelajar menjadi pegawai negeri
b. mengangkat pegawai negeri dan menyerahkannya pada sekutu
c. mendaftarkan sukarelawan menjadi pegawai negeri
d. menyatakan dengan dekrit presiden bahwa pegawai negeri pada dinas-dinas Jepang menjadi pegawai Republik Indonesia

8. Tanggal 20 Mei 1908 merupakan Hari Kebangkitan Nasional, sebab . . . .
a. pada tanggal tersebut Indonesia mulai menyerang Belanda
b. pada tanggal tersebut berdiri organisasi pergerakan nasional
c. Indonesia mulai menuntut kemerdekaannya
d. pada tanggal itu rakyat berdemonstrasi kepada penjajah

9. Sumpah Pemuda 28 Oktober mencerminkan kesadaran kaum pemuda dalam perjuangan mencapai kemerdekaan berlandaskan . . . .
a. kesediaan berkorban pada nusa dan bangsa
b. kerja sama dengan Belanda
c. semangat pengabdian yang tinggi pada negara
d. semangat persatuan dan kesatuan

10. Seandainya saya sudah menjadi pelajar pada saat gerakan kebangsaan, maka perbuatan yang sangat baik dan harus dilakukan ialah . . . .
a. belajar di rumah
b. berpartisipasi bila menguntungkan
c. ikut serta berjuang meskipun mengandung resiko
d. berpartisipasi demi kehormatan keluarga

11. Para pemuda terpelajar membentuk gerakan kebangsaan didorong oleh keinginan . . . .
a. memperoleh kedudukan dalam pemerintahan
b. mendapat bea siswa
c. menjadi pemimpin rakyat
d. membebaskan rakyat Indonesia dari penderitaan

12. Adanya hubungan Majapahit dengan negara tetangga terlukiskan dalam Kitab Negara Kertagama karangan . . . . .
a. Mpu Prapanca
b. Mpu Tantular
c. Mpu Gandring
d. Mpu Sendok

13. Pada awal kemerdekaan, presiden melaksanakan tugasnya dibantu oleh ….
a. MPR
b. DPR
c. KNIP
d. KNPI

14. Supriyadi memimpin pertempuran PETA di Blitar mempunyai tujuan ….
a. ingin menjadi panglima TKR
b. merampas persenjataan Jepang
c. agar rakyat terhindar dari penderitaan
d. supaya Jepang memerdekakan Indonesia

15. Seandainya saya sudah hidup dan dewasa pada masa penjajahan Jepang, maka akan. . . .
a. ikut berjuang melawan Jepang yang menyengsarakan rakyat
b. tidak ikut melawan Jepang karena takut
c. berdiam diri karena bukan militer
d. berjuang melawan Jepang agar diangkat menjadi tokoh masyarakat

16. Perlawanan terhadap penjajah pada awal abad XIX di Mataram dipimpin oleh . . . .
a. Diponegoro (+ 1825 1830)
b. Imam Bonjol (+ 1822 1837)
c. Cut Nya Din (+ 1873 1904)
d. Badaruddin (+ 1817)

17. BPUPKI dalam sidangnya telah berhasil merumuskan hal-hal berikut, kecuali . . . .
a. dasar negara Pancasila
b. menetapkan UUD 1945
c. rancangan UUD 1945
d. Piagam Jakarta

18. Suasana kebatinan atau cita-cita hukum dasar negara Republik Indonesia terangkum dalam . . . . .
a. peraturan perundang-undangan
b. pidato kenegaraan tanggal 16 Agustus 1945
c. berbagai Ketetapan MPR
d. empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945

19. Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah oleh siapapun termasuk MPR hasil pemilu sebab . . . .
a. bila Pembukaan UUD 1945 diubah berarti membubarkan negara Republik Indonesia yang diproklamasikan 17 Agustus 1945
b. jika Pembukaan UUD 1945 diubah akan menimbulkan perpecahan bangsa
c. jika Pembukaan UUD 1945 diubah berarti tidak menghargai jasa para pahlawan
d. bila Pembukaan UUD 1945 diubah akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa

20. Hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD 1945 ialah . . . .
a. baik Proklamasi maupun Pembukaan UUD 1945, keduanya merupakan pernyataan kemerdekaan
b. Keduanya merupakan dasar negara Indonesia
c. Pembukaan UUD 1945 mempunyai kedudukan lebih penting dari Proklamasi kemerdekaan
d. Keduanya merupakan kebulatan dari peraturan-peraturan hukum

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

1. Mengapa kerajaan Sriwijaya dan Mataram dijadikan salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia?
2. Jelaskan beberapa perbedaan perjuangan bangsa Indonesia pada saat sebelum dan sesudah tahun 1908!
3. Bagaimana janji Jepang kepada bangsa Indonesia yang diucapkan oleh Perdana Menteri Kaiso pada tanggal 9 September 1944?
4. Badan apakah yang dibentuk Indonesia pada 28 Mei 1945?
5. Perbedaan pendapat seperti apakah yang terjadi antara para pemuda dengan Bung Karno?
6. Mengapa para pemuda membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok?
7. Bagian pidato Bung Karno manakah, yang menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia bukan buatan Jepang?
8. Badan apakah yang bertindak menyusun kelengkapan negara setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia? Ketetapan apakah yang sudah diambil oleh Badan itu?
9. Jelaskanlah hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan Pembukaan UUD 1945!
10. Jelaskan hubungan antara Pembukaan UUD 1945 dengan UUD 1945!

Soal-Soal Akhir Semester 1

Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Aturan yang berisi perintah dan larangan sebagai pedoman hidup bermasyarakat disebut . . . .
a. doktrin
b. norma
c. hukum
d. traktat

2. Tujuan pembentukan norma di dalam kehidupan masyarakat adalah . . .
a. menjamin kepentingan dan ketentraman dalam masyarakat
b. mendukung disintegrasi bangsa
c. menjamin kelangsungan hidup kelompok masyarakat tertentu
d. menciptakan kehidupan materialistis

3. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Bersumber dari hati nurani.
2) Menempatkan nilai-nilai budaya masyarakat
3) Menempatkan nilai-nilai manusia.
4) Bersumber pada pergaulan masyarakat.
5) Sanksi yang didapat dikucilkan dari pergaulan masyarakat.
Pernyataan di atas yang merupakan ciri norma kesusilaan ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 3, 4, dan 5
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 4, dan 5

4. Norma yang dibuat oleh pengusaha negara disebut . . . .
a. norma agama
b. norma kesusilaan
c. norma kesopanan
d. norma hukum

5. Contoh norma yang belum dibukukan/kodifikasi adalah . . . .
a. norma adat
b. norma agama
c. norma hukum
d. hukum pidana

6. Salah satu unsur hukum adalah . . . .
a. peraturan itu dibuat oleh lembaga masyarakat
b. peraturan itu dibuat oleh badan-badan resmi
c. peraturan itu bersifat fleksibel
d. peraturan itu memiliki sanksi yang tidak mengikat

7. Negara Indonesia adalah negara hukum . Pernyataan ini sesuai dengan UUD 1945 pasal . . . .
a. 1 ayat (1)
b. 1 ayat (2)
c. 1 ayat (3)
d. 2 ayat (1)

8. Contoh kepentingan masyarakat yang bersifat jasmaniah adalah . . . .
a. terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, dan papan
b. tersedianya jalan raya, jembatan, perumahan, rumah sakit, dan gudang sekolah
c. terpenuhinya kebutuhan rasa aman, rekreasi, cinta kasih, dan hiburan
d. terpenuhinya pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan umum, dan pembinaan mental masyarakat

9. Manusia memiliki keinginan untuk hidup bersama dengan orang lain karena memiliki banyak kepentingan yang harus dipenuhi. Hal ini seiring dengan pendapat Aristoteles yang menyatakan bahwa manusia adalah ….
a. individualistis
b. makhluk sosial
c. zoon politicon
d. makhluk Tuhan

10. Segala perbuatan manusia yang secara sengaja dilakukan oleh seseorang untuk menimbulkan hak dan kewajiban disebut . . . .
a. pelanggaran
b. perbuatan hukum
c. kejahatan
d. prinsip hukum

11. Yang termasuk hak mutlak antara lain . . . .
a. hak individu, kewajiban individu, dan hak asasi manusia
b. hak menjual, hak pembayaran, dan hak menerima barang
c. hak nisbi, hak keperdataan, dan hak publik
d. hak asasi, hak publik mutlak, dan hak keperdataan

12. Contoh peraturan yang berlaku dalam kehidupan keluarga adalah . . . .
a. mematuhi aturan sopan santun
b. melaksanakan program pendidikan
c. menghormati aparat penegak hukum
d. membantu pembangunan sarana umum

13. Contoh hukum tertulis adalah . . . .
a. yurisprudensi
b. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)
c. hukum adat
d. kebiasaan

14. Tata kelakuan yang kekal dan warisan turun temurun sehingga kuat melembaga dalam pola perilaku masyarakat disebut . . .
a. kebiasaan
b. traktat
c. adat istiadat
d. doktrin

15. Contoh corak hukum adat religis-magis adalah . . . .
a. pola hidup gotong royong
b. peristiwa jual beli
c. hak seseorang atas benda
d. upacara ritual kepada roh-roh leluhur

16. Norma yang bersumber pada budaya masyarakat disebut . . . .
a. norma agama
b. norma kesusilaan
c. norma kesopanan
d. norma hukum

17. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Untuk mencapai ketertiban masyarakat.
2) Sebagai pedoman bertingkah laku di masyarakat.
3) Untuk menghindari bentrokan kepentingan di masyarakat.
4) Untuk menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara.
5) Untuk mencapai keadilan di masyarakat.
Pernyataan di atas yang menunjukkan arti penting hukum bagi warga negara ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 2, 4, dan 5
d. 1, 3, dan 5

18. Contoh pelaksanaan norma di dalam lingkungan bernegara adalah . . . .
a. menjaga kelestarian alam
b. sopan terhadap teman
c. taat membayar pajak
d. menjalankan ajaran agama

19. Sifat norma hukum yaitu . . . .
a. memaksa dan adil
b. fleksibel dan adil
c. tegas dan fleksibel
d. tegas dan memaksa

20. Unsur hukum adat antara lain . . . .
a. asli dan unsur agamac.
b. tidak tertulis dan aslid.
c. komunal dan konkrit
d. visual dan religis-magis

21. Bagi bangsa Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 memiliki arti . . . .
a. berakhirnya penjajahan Jepang di Indonesia
b. rakyat Indonesia hidup tanpa penindasan bangsa asing
c. puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya
d. para pahlawan bangsa dapat merebut dan mempertahankan kemerdekaannya

22. Tengku Hamid adalah tokoh daerah yang melawan pendudukan Jepang yang berasal dari . . . .
a. Jambi
b. Aceh
c. Sumatera Utara
d. Sumatera Selatan

23. Ketika Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, dan dr. Radjiman Widyodiningrat kembali dari Dalat (Vietnam Selatan), para pemuda mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Para pemuda itu dipimpin oleh . . . .
a. Sayuti Melik
b. Sukarni dan Wikana
c. Yusuf Kunto
d. Subeno

24. Hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 sangat penting bagi kehidupan negara karena telah menetapkan . . . .
a. Badan Keamanan Rakyat
b. UUD 1945, Presiden, Wakil Presiden RI pertama
c. kabinet
d. Majelis Permusyawaratan Rakyat

25. Menteri Luar Negeri pada masa kabinet RI pertama (19 Agustus –19 November 1945) adalah . . . .
a. Mr. A.A. Maramis
b. Mr. Achmad Soebardjo
c. Ki Hadjar Dewantoro
d. R. Otto Iskandardinata

26. Hubungan antara Pancasila dan Proklamasi kemerdekaan adalah . . . .
a. teks proklamasi dirumuskan bersamaan dengan Pancasila
b. Pancasila memberi motivasi perjuangan meraih kemerdekaan
c. Proklamasi kemerdekaan menjadi dasar berlakunya Pancasila
d. Pancasila menjadi dasar perumusan teks proklamasi

27. Suasana kebatinan atau cita-cita hukum dasar negara Republik Indonesia terangkum dalam . . . .
a. berbagai keputusan MPR
b. peraturan perundang-undangan yang berlaku
c. empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945
d. pidato presiden RI menjelang 17 Agustus

28. Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah oleh siapapun, termasuk oleh MPR hasil pemilu, karena . . . .
a. bila Pembukaan UUD 1945 diubah akan menimbulkan perpecahan bangsa
b. bila Pembukaan UUD 1945 diubah, berarti membubarkan negara Republik Indonesia yang diproklamasikan 17 Agustus 1945
c. bila Pembukaan UUD 1945 diubah akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa
d. bila Pembukaan UUD 1945 diubah berarti tidak menghargai jasa para pahlawan nasional

29. Berikut ini tidak termasuk pada nilai-nilai juang 1945, yaitu . . . .
a. rela berkorban tanpa mengharapkan imbalan atau bebas jasa
b. menjunjung semangat persatuan dan kesatuan bangsa
c. bertanggung jawab atas kepentingan pribadi atau golongan
d. semangat menentang dominasi asing atau segala bentuk penjajahan

30.

Usulan lisan

Usulan tertulis

1. Peri kebangsaan

2. Peri kemanusiaan
3. Peri ketuhanan
4. Peri Kerakyatan
5. Kesejahteraan rakyat

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kebangsaan persatuan Indonesia
3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dasar negara kebangsaan tersebut dalam tabel diutarakan pada sidang BPUPKI I oleh . . . .
a. Ir. Soekarno
b. Mr. Mohammad Yamin
c. Soepomo
d. KH. Wahid Hasyim

31. Berikut ini merupakan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 yang ketiga ialah . . . .
a. negara persatuan
b. negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
c. negara yang berkedaulatan rakyat, berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan perwakilan
d. negara berdasar ketuhanan Yang Maha Esa

32. Alinea keempat Pembukaan UUD 1945 mempunyai hubungan dengan UUD 1945 karena mengandung beberapa aspek, antara lain . . . .
a. negara Indonesia berbentuk republik yang berkedaulatan rakyat
b. adanya rangkaian keadaan yang mendahului terbentuknya negara
c. dasar-dasar pemikiran yang mendorong tersusunnya kemerdekaan bangsa/terbentuknya negara
d. keduanya saling melekat melangsungkan kehidupan keluarga

33. Bentuk rela berkorban seorang warga negara untuk mengisi kemerdekaan ialah dengan . . . .
a. membiarkan hak miliknya digunakan untuk kepentingan orang lain
b. menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat kecil
c. merelakan sebagian tanahnya untuk kepentingan orang lain
d. Berjuang tanpa pamrih untuk kepentingan

34. Bila ada diantara temanmu yang melecehkan bendera merah putih, tindakan yang akan kamu ambil ialah . . . .
a. membiarkannya
b. melaporkannya kepada polisi
c. menamparnya karena menyinggung rasa kebangsaan
d. berusaha menegurnya secara baik-baik

35. Untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, maka diperlukan ….
a. semboyan hidup bermasyarakat
b. bendera kebangsaan
c. undang-undang yang beragam
d. pandangan hidup bangsa

36. Ciri-ciri negara Indonesia sebagai Negara Kesatuan adalah . . . .
a. hanya berlaku satu undang-undang
b. tidak ada negara di dalam negara
c. rakyat memegang kekuasaan pemerintah
d. kekuasaan penuh dimiliki oleh pemerintah pusat

37. Salah satu sikap positif terhadap proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama ialah . . . .
a. melanjutkan semangat juang 1945, dan mengamalkan Pancasila serta UUD 1945
b. melaksanakan janji kemerdekaan yang pernah disampaikan Jepang
c. mengorbankan harta benda dan jiwa raga ketika diminta panitia korban bencana alam
d. mencintai produk luar negeri

38. Semangat jiwa beragama tampak dalam membahas dasar negara ketika sidang pleno BPUPKI tanggal 14 Juli 1945, yaitu . . .
a. para tokoh yang terlibat dalam diskusi tidak mengambil ide budaya lain
b. para pendiri negara serius menempatkan agama pada posisi yang tepat dalam kehidupan bernegara
c. budaya bangsa bernilai luhur dijadikan landasan bernegara
d. nilai-nilai adat menjadi perhatian para pendiri negara dalam perumusan Pancasila

39. Sidang BPUPKI I dilaksanakan pada tanggal . . . .
a. 18 Agustus 1945
b. 29 Mei – 1 Juni 1945
c. 22 Juni 1945
d. 10 – 16 Juli 1945

40. Berikut ini bukan merupakan hasil rapat panitia kecil dengan anggota BPUPKI pada tanggal 22 Juni 1945 adalah . . . .
a. penetapan bentuk negara dan penyusunan hukum dasar negara
b. pembentukan tentara kebangsaan dan tentang keuangan
c. permintaan kepada pemerintah Jepang untuk secepatnya mengesahkan hukum dasar
d. penyampaian pandangan tentang dasar Indonesia merdeka (philosopische grondslag)

41. Hubungan hukum dianggap terjadi bila diberi wujud suatu benda atau tanda yang dapat dilihat. Pernyataan ini merupakan corak hukum adat dalam pengertian . . . .
a. komunal
b. religis-magis
c. visual
d. kontan

42. Dinamakan hukum adat karena . . . .
a. dibuat oleh pemuka adat
b. memiliki sanksi hukum
c. dimiliki golongan masyarakat tertentu
d. warisan turun temurun

43. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, diketuai oleh . . . .
a. R.P. Soeroso
b. Ir. Soekarno
c. Sutan Syahrir
d. dr. KRT Rajiman Wediodiningrat

44. Panitia Sembilan menghasilkan Rancangan Pembukaan Hukum Dasar. Rancangan ini dikenal juga dengan nama . . . .
a. Trisila
b. Piagam Jakarta
c. Ekasila
d. Declaration of Rights

45. Yang menjemput Bung Karno dan Bung Hatta di Rengasdengklok, untuk kembali ke Jakarta adalah . . . .
a. MS. Subardjo
b. Wikana
c. Sukarni
d. Sutan Syahrir

Soal-Soal Latihan

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Menurut kodratnya, manusia memiliki sifat sebagai . . . .
a. makhluk pribadi
b. makhluk sosial
c. makhluk bermasyarakat
d. makhluk pribadi dan sosial

2. Hak asasi adalah hak dasar atau hak pokok yang dimiliki manusia atas pemberian . . . .
a. teman
b. Tuhan
c. orang tua
d. Pemerintah

3. Pelaksanaan hak dan kewajiban dapat berjalan selaras, serasi dan seimbang apabila kita mampu . . . .
a. memilih mana yang menjadi haknya dan mana yang menjadi hak orang lain
b. mencari kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan secara bersama-sama
c. menuntut hak-hak yang harus kita terima
d. mengendalikan diri dengan mematuhi ajaran agama yang dipeluknya

4. Pengakuan hak asasi manusia secara meluas diakui dan dilaksanakan oleh bangsa-bangsa di dunia pada tanggal . . . .
a. 10 Desember 1948
b. 10 Desember 1949
c. 18 Agustus 1945
d. 30 September 1965

5. Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, terdapat dalam rumusan Pembukaan UUD 1945 alinea . . . .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

6. Hak untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak diperuntukkan bagi . . . .
a. Tuhan
b. manusia
c. Pemerintah
d. hewan

7. Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pengajaran yang termasuk dalam hak asasi bidang . . . .
a. politik
b. ekonomi
c. hukum
d. sosial budaya

8. Kesadaran akan arti penting hak asasi manusia sedunia terangkum dalam ….
a. Magna Charta
b. The Four Freedom of F.D. Roosevelt
c. The Universal Declaration of Human Rights
d. The Declaration of Independence of America

9. Bangsa Indonesia wajib memelihara perdamaian dunia karena . . . .
a. bangsa Indonesia tidak memiliki persenjataan lengkap
b. bangsa Indonesia merasa dirinya bagian dari masyarakat dunia dan diwajibkan untuk menjaga perdamaian dunia
c. bangsa Indonesia belum siap untuk perang
d. bangsa Indonesia tidak suka akan peperangan

10. Hak untuk memilih dan dipilih dalam pelaksanaan Pemilu merupakan hak yang dimiliki manusia dalam bidang . . . .
a. politik
b. ekonomi
c. sosial budaya
d. hukum

11. Jika kalian menyaksikan siaran televisi dan mendengar berita atau membaca berita, tentang bencana alam yang terjadi di suatu daerah dan banyak menelan korban, maka kalian harus segera . . . .
a melaporkan kepada orang tua
b. mendiskusikan masalah bencana alam
c. mengumpulkan para tetangga
d. membantu para korban dan mengumpulkan dana untuk korban bencana alam

12. Perbuatan yang dapat dipandang merendahkan nilai kemanusiaan apabila seseorang. . . .
a. memperhatikan orang lain
b. menyinggung perasaan orang lain
c. memperdulikan orang lain
d. merugikan diri sendiri

13. Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh . . . .
a. pemerintah
b. orang berada
c. negara
d. pejabat tinggi negara

14. Manusia memiliki kedudukan yang paling tinggi diantara makhluk-makhluk lainnya. Hal ini membuktikan bahwa manusia memiliki . . . .
a. panca indera
b. tempat tinggal yang nyaman
c. akal pikiran dan budi pekerti
d. kekayaan yang melimpah

15. Di antara teman satu kelas, yang kamu anggap paling tinggi derajatnya adalah . . . .
a. siswa yang paling pandai
b. siswa yang paling rajin
c. tidak ada karena semua siswa sama
d. siswa yang paling kaya

16. Dalam perjalanan sejarah, kita mengenal istilah perbudakan yang terjadi di beberapa negara. Hal ini merupakan bukti . . .
a. pelaksanaan hak-hak asasi manusia
b. perkosaan terhadap hak-hak asasi manusia
c. golongan kuat ingin menguasai golongan yang lemah
d. negara ingin menguasai dunia

17. Hak kebebasan memiliki sesuatu, hak membeli, hak menjual, hak mengadakan perjanjian atau kontrak merupakan hak asasi manusia dalam bidang . . . .
a. politik
b. ekonomi
c. sosial budaya
d. hankam

18. Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa lain, seperti Jepang, Belanda, Portugis, dan Inggris. Tindakan tersebut menunjukkan. . . .
a. menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat kemanusiaan
b. pelecehan hak asasi manusia
c. memberi kebebasan kepada negara-negara yang baru berkembang
d. menghormati semua warga negara Indonesia

19. Hak-hak asasi manusia yang diakui oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia dimaksudkan untuk . . . .
a. menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan bagi negara-negara yang merdeka
b. menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat manusia
c. memberikan kebebasan kepada setiap manusia untuk dapat bertindak leluasa
d. menghormati semua warga negara Indonesia

20. Salah satu instrumen hak asasi manusia di Indonesia adalah . . . .
a. lembaga yang berwenang tentang HAM
b. harkat, martabat, dan derajat manusia
c. manusia yang pintar
d. bentuk negaranya

21. Setiap manusia mendambakan agar hak-haknya dihargai dan dihormati karena pada hakikatnya bahwa setiap manusia itu . . . .
a. sama harkat dan status sosialnya
b. sama harkat dan martabatnya
c. harkat dan derajatnya berbeda
d. harkat dan martabatnya berbeda

22. Salah satu contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia adalah . . . .
a. menghilangkan nyawa orang lain
b. berdebat dengan orang lain
c. menolong sesama
d. mengharapkan bantuan orang lain

23. Dasar hukum pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia adalah . . . .
a. UU No. 2 Tahun 1998
b. UU No. 9 Tahun 1998
c. UU No. 39 Tahun 1999
d. UU No. 7 Tahun 1989

24. Pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia mulai diakui sejak . . . .
a. lahirnya Pancasila
b. lahirnya UUD 1945
c. penjajahan Jepang
d. penjajahan Belanda

25. Sikap yang harus dikembangkan terhadap sesama manusia tanpa membedakan suku, keturunan, agama atau kepercayaan serta warna kulit adalah . . . .
a. sikap taat, patuh dan setia kepada ajaran agama
b. sesuai dengan kodrat dan hak-hak asasi manusia
c. sikap saling mencintai terhadap sesama
d. sikap takwa dan taat kepada ajaran agama

26. Perbuatan melawan hukum, mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut hak asasi manusia setiap orang yang dijamin oleh undang-undang disebut . . . .
a. penganiayaan/penyiksaan
b. kewajiban dasar manusia
c. diskriminasi
d. pelanggaran HAM

27. Lembaga mandiri yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya yang berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi hak asasi manusia adalah . . . .
a. Polisi
b. KPTPK (Komite Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi)
c. Pengadilan
d. Komnas HAM

28. Setiap bangsa mendambakan suatu perdamaian. Oleh karena itu, setiap bangsa harus bersikap . . . .
a. menghargai hak dan kewajiban setiap warganya
b. menghormati Perserikatan Bangsa-Bangsa
c. menghargai kemerdekaan bangsa lain
d. membantu negara yang lemah

29. Yang bukan merupakan contoh hak-hak warga negara Indonesia adalah ….
a. memperoleh pekerjaan
b. beragama
c. menghargai kemerdekaan bangsa lain
d. membantu negara yang lemah

30. Hak asasi manusia merupakan hak yang paling kodrati yang dimiliki manusia. Namun, dalam pelaksanaannya tidak dilakukan secara mutlak, karena setiap hak yang kita miliki akan dibatasi oleh . . . .
a. pelanggaran hak asasi manusia
b. hak asasi orang lain
c. undang-undang yang berlaku di Indonesia
d. harkat, derajat, dan martabat orang lain

31. Salah satu upaya penegakan HAM di Indonesia adalah . . . .
a. terbentuknya Komnas HAM
b. penertiban pedagang kaki lima
c. adanya pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia
d. penghormatan kepada jenis-jenis pahlawan

32. Dalam upaya penegakan pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia bukanlah hal yang mudah apabila hanya dilakukan oleh satu lembaga saja. Akan tetapi, memerlukan dukungan dari. . . .
a. lembaga aspirasi rakyat
b. lembaga pemerintahan
c. lembaga perwakilan rakyat
d. masyarakat dan pemerintah

33. Kerja sama yang dilakukan dalam upaya penegakan HAM dapat berupa ….
a. hubungan perdagangan
b. tugas pendidikan dan penyuluhan program nasional HAM
c. pengkajian dan penerapan sumber daya manusia
d. hubungan politik

34. Lembaga yang menjadi tonggak awal perlindungan penegakan HAM masyarakat Indonesia adalah . . . .
a. Polisi
b. Hakim
c. LSM
d. PBB

35. Kerja sama dalam upaya penegakan HAM di Indonesia bersama-sama dengan PBB, melalui badan-badan PBB yang bergerak menangani permasalahan perlindungan anak yaitu . . . .
a. WHO
b. ILO
c. FAO
d. UNICEP

36. Salah satu kawasan negara di dunia yang belum memiliki piagam hak asasi manusia adalah . . . .
a. Asia
b. Afrika
c. Amerika
d. Eropa

37. Pelaksanaan hak-hak asasi manusia dapat dimasyarakatkan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan warga negara Indonesia dengan cara ….
a. menutup diri terhadap perubahan hak-hak asasi manusia
b. mengadakan gerakan anti-HAM
c. membuka diri, menerima setiap perubahan yang ada dengan mengubah sikap mental yang negatif menjadi lebih positif terhadap hak-hak asasi
d. selalu curiga dan khawatir terhadap gerakan-gerakan perlindungan dan penegakan HAM

38. Salah satu bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap hak asasi orang lain adalah . . . .
a. membantu anak-anak terlantar
b. membantu mendukung membiayai anak putus sekolah
c. tidak mengganggu kebebasan orang lain yang sedang beribadah
d. membantu seorang nenek yang akan menyeberang jalan

39. Partisipasi masyarakat baik orang per orang, kelompok atau organisasi politik atau organisasi masyarakat dalam perlindungan dan penegakan hak asasi manusia dalam bentuk . . . .
a. laporan, usulan perumusan kebijakan yang berkaitan dengan hak asasi manusia kepada lembaga-lembaga yang berwenang
b. pembatasan perlindungan dan penegakan HAM
c. melindungi perbuatan yang melanggar HAM
d. pembatasan penyebarluasan informasi hak asasi manusia

40. Laporan atas terjadinya pelanggaran hak asasi manusia dapat ditujukan kepada . . . .
a. Depdagri
b. Presiden
c. Polisi
d. DPA

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia!
2. Sebutkan hak-hak setiap warga negara Indonesia!
3. Jelaskan peranan lembaga-lembaga HAM di Indonesia!
4. Sebutkan lembaga-lembaga yang berwenang yang menangani kasus tentang pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia!
5. Sebutkan dasar hukum pelaksanaan hak asasi manusia di Indonesia!
6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban dasar manusia?
7. Jelaskan apa manfaat dan kegunaan diberlakukannya peraturan yang mengatur tentang pelaksanaan hak asasi manusia!
8. Berilah contoh konkret tentang hak asasi manusia di lingkungan sekitarmu!
9. Sebutkan contoh konkret kewajiban dasar manusia di lingkunganmu!
10. Jelaskan mengapa negara melindungi hak warga negaranya!

Soal-Soal Latihan

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Kebebasan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat yang bertanggung jawab diatur dalam . . . .
a. UU No. 2 Tahun 1999
b. UU No. 3 Tahun 1999
c. UU No. 25 Tahun 1999
d. UU No. 9 Tahun 1998

2. Salah satu bentuk penyampaian pendapat di muka umum adalah . . . .
a. bebas dan rahasia
b. kerja bakti
c. rapat umum
d. arisan keluarga

3. Kegiatan berupa penyampaian pendapat di muka umum yang dilakukan secara bebas dan terbuka tanpa tema tertentu disebut . . . .
a. musyawarah
b. mimbar bebas
c. demonstrasi
d. pawai

4. Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum dilaksanakan berdasarkan pada asas . . . .
a. kepastian hukum dan keadilan
b. gotong royong
c. kebersamaan dan kekeluargaan
d. kehidupan

5. Masyarakat berhak berperan serta secara bertanggung jawab untuk berupaya agar penyampaian pendapat di muka umum dapat berlangsung secara. . . .
a. besar-besaran
b. aman, tertib, dan damai
c. bebas sebebas-bebasnya
d. berkelakuan baik

6. Penyampaian pendapat di muka umum wajib diberitahukan secara tertulis kepada . . . .
a. ketua RT
b. bapak lurah
c. Polri
d. DPR

7. Pemberitahuan secara tertulis penyampaian pendapat di muka umum disampaikan oleh yang bersangkutan, pemimpin atau penanggung jawab kelompok selambat-lambatnya . . . .
a. 1 x 24 jam sebelum kegiatan dimulai
b. 2 x 24 jam setelah kegiatan berlangsung
c. 2 x 24 jam sebelum kegiatan dimulai
d. 3 x 24 jam sebelum kegiatan dimulai

8. Salah satu tujuan tentang pengaturan kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah . . . . . .
a. ikut mencerdaskan kehidupan bangsa
b. mewujudkan kesejahteraan umum dan perdamaian dunia yang abadi
c. menciptakan kerukunan antar-golongan
d. mewujudkan perlindungan hukum yang konsisten dan berkesinambungan dalam menjamin kebebasan penyampaian pendapat

9. Kemerdekaan setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat di muka umum merupakan perwujudan . . . .
a. perdamaian abadi dan keadilan sosial
b. menyelenggarakan keadilan sosial
c. hak asasi manusia, UUD 1945, dan Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia
d. keadilan dan kepastian hukum

10. Warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum mempunyai hak untuk . . . .
a. menyelenggarakan pengamanan
b. memperoleh perlindungan hukum
c. menghargai asas legalitas
d. menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa

11. Dalam menyampaikan pendapat di muka umum harus dilaksanakan di tempat-tempat terbuka untuk umum. Salah satu tempat yang tidak diperkenankan untuk menyampaikan pendapat adalah . . . .
a. lapangan sepak bola
b. terminal angkutan darat
c. jalan raya
d. pusat kota

12. Dalam melaksanakan penyampaian pendapat di muka umum oleh warga negara, pemerintahan berkewajiban dan bertanggung jawab untuk . . . .
a. menyelenggarakan pengamanan
b. menghormati aturan moral
c. menjaga keutuhan persatuan bangsa
d. memperoleh perlindungan hukum

13. Salah satu alat kelengkapan penyampaian pendapat di muka umum adalah . . . .
a. buku
b. koran
c. spanduk
d. majalah

14. Setiap orang memiliki hak kebebasan dalam penyampaian pendapat, tetapi dalam pelaksanaannya tidaklah mutlak karena . . . .
a. berhadapan dengan hak orang lain
b. diawasi orang lain
c. dihargai orang lain
d. dibatasi oleh hukum

15. Pendapat yang dikemukakan oleh setiap orang tentulah berbeda, sesuai dengan ide, gangguan atau keinginan masing-masing. Oleh karena itu, setiap orang diharapkan memiliki sikap . . . .
a. memaksakan kehendak kepada sikap
b. menghargai dan menghormati pendapat orang lain
c. membedakan pendapat sendiri
d. menerima pendapat orang lain

16. Warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggung jawab untuk . . . .
a. melindungi hak asasi manusia
b. memperoleh perlindungan hukum
c. menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain
d. menghargai asas legalitas

17. Hak warga negara dalam mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab berarti . . . .
a. penyampaian pendapat itu merupakan kebebasan mutlak hak asasi
b. menjunjung tinggi nilai, aturan moral yang diakui, dan menghormati kebebasan orang lain.
c. penyampaian pendapat dilaksanakan dengan sepihak
d. penyampaian pendapat diupayakan dengan tujuan pribadi atau segolongan orang tertentu

18. Warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum berhak untuk memperoleh perlindungan hukum, artinya . . . .
a. mengeluarkan pendapat terbebas dari tekanan fisik dan mental
b. segala daya upaya untuk menciptakan kondisi yang harmonis
c. menyampaikan pendapat memperhatikan hak asasi manusia
d. mendapat jaminan keamanan dan ketertiban dalam menyampaikan pendapat di muka hukum

19. Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum menurut UU RI No. 9 Tahun 1998, diharapkan dapat membangun negara Indonesia yang ….
a. demokratis
b. liberalis
c. individualis
d. sosialis

20. Salah satu bentuk penyampaian pendapat dengan tulisan adalah . . . .
a. unjuk rasa
b. rapat keluarga
c. pojok saran media masa cetak
d. mimbar bebas

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !

1. Sebutkan dan jelaskan asas kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum!
2. Jelaskan pengaturan tentang tujuan kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum!
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan mimbar bebas!
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan demontrasi!
5. Sebutkan kewajiban pemerintah dan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan penyampaian pendapat warga negaranya di muka umum!
6. Jelaskan bahwa penyampaian pendapat di muka umum seperti unjuk rasa, pawai, rapat umum, dan sebagainya dilaksanakan di tempat-tempat terbuka, kecuali di tempat tertentu seperti di lingkungan istana kepresidenan!
7. Sebutkan kewajiban dan tanggung jawab warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum!
8. Sebutkan jenis-jenis penyampaian pendapat secara lisan!
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan mengeluarkan pikiran secara bebas ?
10. Apa yang dimaksud dengan peran serta masyarakat secara bertanggung jawab dalam penyampaian pendapat di muka umum?

Soal-Soal Akhir Semester 2

A. Tulislah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Tujuan hukum adalah untuk . . . .
a. menyelesaikan permasalahan
b. menjamin rasa keadilan
c. menjamin kesejahteraan hidup
d. memperoleh persamaan

2. Norma adalah kaidah atau ketentuan yang mengatur kehidupan dan ….
a. kemakmuran manusia di dunia
b. hubungan manusia dengan Tuhan
c. hubungan manusia dalam arti luas
d. perbuatan amal dan kebajikan manusia

3. Norma hukum yang berlaku di lingkungan sekolah adalah . . . .
a. tata tertib sekolah
b. undang-undang sekolah
c. hukum dasar tertulis
d. adat Istiadat

4. Yang dimaksud kesadaran hukum, berarti setiap orang . . . .
a. tata tertib sekolah
b. memiliki keluhuran martabat sebagai makhluk Tuhan
c. mempunyai kedudukan yang sesuai dengan pangkat dan pengabdiannya
d. memiliki jabatan sesuai dengan pangkat dan pengabdiannya

5. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 menjamin hak asasi di bidang . . . .
a. hukum
b. sosial budaya
c. ekonomi
d. politik

6. Mematuhi dan menghormati aturan hukum adalah . . . .
a. kehendak warga negara dan pemerintah yang bertanggung jawab
b. kehendak Pemerintah yang bertanggung jawab bagi kelangsungan hidupnya
c. kewajiban setiap warga negara
d. keharusan setiap hukum yang berlaku

7. Terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan tanggung jawab . . . .
a. Ketua RT dan RW
b. Lurah setempat
c. Pemerintah dan TNI
d. seluruh warga masyarakat

8. Manusia menurut adat memiliki alam berpikir yang percaya pada hal-hal gaib. Hal ini merupakan corak hukum adat dalam pengertian . . . .
a. komunal
b. religis-magis
c. kontan
d. visual

9. Berikut ini bukan merupakan unsur hukum . . . .
a. peraturan tentang tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat
b. peraturan itu bersifat memaksa
c. peraturan itu dibuat oleh badan-badan tidak resmi
d. sanksi terhadap pelanggaran peraturan itu bersifat tegas

10. Contoh hak nisbi yang melekat pada seseorang ialah . . . .
a. bebas bergerak dan tinggal di suatu negara
b. hak negara untuk memungut pajak kepada warganya
c. hak perwalian
d. persetujuan jual beli

11. Adat yang mengandung sanksi disebut . . . .
a. adat istiadat
b. hukum adat
c. kebiasaan normatif
d. konvensi

12. Seorang pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm ditangkap polisi. Kemudian ia mengajak damai dengan memberikan sejumlah uang. Tindakan tepat yang harus dilakukan polisi ialah . . . .
a. menerima uang dan berdamai
b. membawanya ke kantor polisi untuk diproses secara hukum
c. menyarankan pengendara motor untuk memakai helm
d. menindak pengendara motor sesuai ketentuan perundangan yang berlaku

13. Sistem kekerabatan masyarakat Aceh adalah menarik garis keturunan dari pihak ayah dan ibu yang disebut kekerabatan . . . .
a. patrilineal
b. matrilineal
c. parental
d. unilateral

14. Sumpah Pemuda merupakan tonggak bersejarah yang menegaskan cita-cita perjuangan bangsa, diikrarkan pada tanggal . . . .
a. 27 Oktober 1928
b. 28 Oktober 1928
c. 1 Oktober 1945
d. 5 Oktober 1945

15. Pokok pikiran yang kedua dari Pembukaan UUD 1945 ialah . . . .
a. Negara Persatuan
b. Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusian yang adil dan beradab
c. Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
d. Negara berkedaulatan rakyat berdasarkan Pancasila

16. Persatuan, kekeluargaan, keseimbangan lahir batin, masyarakat dan keadilan rakyat, merupakan usulan dasar negara yang dikemukakan oleh . . . .
a. Muhamad Yamin
b. Soepomo
c. Soekarno
d. KH. Wachid Hasyim

17. Yang menjadi norma pertama dari Tata Hukum Indonesia ialah . . . .
a. Proklamasi Kemerdekaan 17-8-1945
b. Undang-undang
c. Peraturan Pemerintah
d. Keputusan Presiden RI

18. Hasil sidang PPKI adalah berikut ini, kecuali . . . .
a. mengesahkan UUD 1945
b. menetapkan Presiden dan Wakil Presiden RI
c. keduanya merupakan sumber segala sumber hukum di Indonesia
d. UUD 1945 dan Pembukaan UUD 1945 mempunyai kedudukan hukum yang sama derajatnya

19. Hubungan Pembukaan UUD 1945 dengan UUD 1945 adalah . . . .
a. UUD 1945 menciptakan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 dalam pasal-pasalnya
b. keduanya menyatakan kemerdekaan kepada negara lain
c. keduanya merupakan sumber segala sumber hukum di Indonesia
d. UUD 1945 dan Pembukaan UUD 1945 mempunyai kedudukan hukum yang sama derajatnya

20. Salah satu lembaga HAM dunia yang bertugas menyelesaikan secara hukum permasalahan internasional yang adil dan tidak memihak adalah ….
a. United Nations High Commisioner for Human Right (UNHCR)
b. Pengadilan HAM Internasional
c. Mahkamah Internasional
d. UNESCO

21. Pada suatu hari seseorang menemukan mayat terbungkus dalam karung ditumpukan sampah. Sebagai seorang warga negara yang baik, yang akan kalian lakukan adalah . . . .
a. langsung menguburkan mayat tersebut
b. melaporkan kepada pihak yang berwajib, lalu bersama-sama warga sekitar mengurus mayat tersebut
c. lari dan membiarkan mayat tersebut ditumpukan sampah
d. acuh tak acuh atau pura-pura tidak tahu akan apa yang ditemukannya

22. Penyidikan dan penuntutan perkara pelanggaran hak asasi manusia dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh dan dibawah koordinasi . . . .
a. Jaksa Agung
b. Hakim
c. Pengadilan Negeri
d. Pengadilan Tinggi

23. Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia, antara lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal tersebut sesuai dengan UUD 1945 pasal . . . .
a. 28A
b. 28H ayat (1)
c. 281 ayat (2)
d. 28J ayat (1)

24. Pengadilan Hak Asasi Manusia merupakan pengadilan khusus terhadap pelanggaran HAM yang dibentuk di lingkungan . . . .
a. Peradilan Umum
b. Peradilan Khusus
c. Peradilan Agama
d. Peradilan Militer

25. Salah satu lembaga Negara Republik Indonesia yang melaksanakan kekuasaan kehakiman dan memberi pertimbangan dalam bidang hukum kepada lembaga-lembaga lainnya adalah . . . .
a. DPR
b. MA
c. MPR
d. Presiden

26. Perhatikan ilustrasi di bawah ini!
1) Anto seorang anak pendiam dan penurut.
2) Dindin seorang anak yang selalu mengganggu orang lain dengan menghina atau mengejek anak lain.
3) Pama anak yang selalu jahil dengan memukuli punggung temannya dengan buku.
4) Bimo seorang anak yang pintar dan rajin.
Manakah di antara ilustrasi tersebut yang termasuk tindakan mengarah pada pelanggaran hak asasi manusia?
a. 1 dan 2
b. 3 dan 4
c. 2 dan 3
d. 1 dan 4

27. Komnas HAM Indonesia berkedudukan di . . . .
a. daerah kota
b. daerah kabupaten
c. ibukota negara
d. ibukota provinsi

28. Pengakuan hak asasi pada masa orde baru hasil pemilihan umum dilandasi dengan lahirnya . . . .
a. UU RI No. 3 tahun 1973
b. UU RI No. 9 tahun 1998
c. UU RI No. 28 tahun 1998
d. UU RI No. 4 tahun 2000

29. Peran Lembaga Hak Asasi Manusia dalam upaya penegakan HAM antara lain . . . .
a. mengadili kasus pelanggaran HAM
b. melaporkan kejadian pelanggaran HAM pada pemerintah
c. memeriksa dan memutuskan pelanggaran HAM
d. menyelesaikan perkara pelanggaran HAM

30. Pertemuan terbuka yang dilakukan untuk menyampaikan pendapat dengan tema tertentu disebut . . . .
a. unjuk rasa
b. pawai
c mimbar bebas
d. rapat umum

31. Salah satu asas kebebasan mengeluarkan pendapat di muka umum yaitu ….
a. asas kepastian hukum dan keadilan
b. asas disentralisasi
c. asas kekeluargaan
d. asas dekonsentrasi

32. Kemerdekaan menyampaikan pendapat dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dapat dikemukakan kepada siapa saja dengan penuh rasa tanggung jawab kepada diri sendiri, orang lain, dan kepada . . . .
a. undang-undang
b. Tuhan YME
c. lingkungan tempat tinggal
d. negara

33. Satu pengambilan keputusan dengan berdasar pada keinginan, aspirasi rakyat sehingga tercapai kebulatan pendapat, merupakan inti dari . . . .
a. demokrasi
b. tanggung jawab
c. musyawarah mufakat
d. kesetiakawanan

34. Yang bukan merupakan kewajiban dan tanggung jawab seorang warga negara dalam menyampaikan pendapat di muka umum, yaitu . . . .
a. menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa
b. menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum
c. menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain
d. memperoleh jaminan keamanan

35. Asas demokrasi Pancasila mengandung prinsip antara lain . . . .
a. sama rata sama rasa
b. mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan
c. keadilan bagi golongan tertentu
d. kemanusiaan yang adil dan beradab

36. Jika dalam mengemukakan pendapat terdapat perbedaan antara satu dengan yang lain, maka kita patut bersikap . . . .
a. membiarkan perbedaan itu sehingga terjadi silang pendapat terus-menerus
b. memberikan penghargaan terhadap keberadaan pendapat orang lain
c. memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain
d. mempengaruhi orang lain agar sependapat dengan pendapat kita

37. Setiap warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum memperoleh jaminan hukum dan diperlakukan sama. Hal ini selaras dengan asas menyampaikan pendapat di muka umum, yaitu asas . . . .
a. musyawarah dan mufakat
b. proporsionalitas
c. manfaat
d. kepastian hukum dan keadilan

38. Setiap orang berhak menyampaikan pendapat di muka umum dengan berbagai cara. Namun, perlu diperhatikan bahwa pendapat yang disampaikan itu harus dapat dipertanggungjawabkan, baik secara moral maupun secara . . . .
a. hukum
b. sosial
c. budaya
d. politik

39. Kebebasan berpendapat setiap orang pada dasarnya dibatasi oleh . . . .
a. tugas pemerintah
b. hak pemerintah
c. hak kebebasan orang lain
d. kewajiban individu

40. Penyampaian pendapat di muka umum dilaksanakan secara bebas, artinya . . . .
a. tidak ada pengekangan terhadap seseorang untuk menyampaikan pendapatnya
b. penyampaian pendapat harus ada konsekuensinya
c. kebebasan yang dimiliki mutlak adanya
d. memaksakan pendapatnya kepada orang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s