Soal PKn 9 Paket 7

Ulangan Bab 1
 
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
 
1. Ancaman terhadap satu pulau atau daerah pada hakikatnya ancaman seluruh bangsa dan negara. Hal ini ditegaskan dalam Wawasan Nusantara dalam bidang ….
a. politik
b. sosial budaya
c. ekonomi
d. hankam
 
2. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan negara terdapat dalam ….
a. UUD 45 Pasal 27 Ayat 3
b. UUD 45 Pasal 30 Ayat 2
c. UUD 45 Pasal 30 Ayat 1
d. UU Nomor 3 Tahun 2002
 
3. Syarat-syarat pembelaan negara diatur dalam UU Nomor
….
a. 5/1974
c. 3/1999
b. 1/1985
d. 3/2002
 
4. Hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan yang bersifat ….
a. semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatannya sendiri
b. semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan senjata canggih
c. pertahanan negara yang disusun berdasarkan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejah-teraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional dan internasional
d. pertahanan negara disusun dengan memperlihatkan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke
 
5. Dasar penyusunan pertahanan negara dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai ….
a. negara yang luas
b. negara yang besar
c. negara kepulauan
d. negara maritim
 
6. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara.
2) Menjaga keutuhan wilayah NKRI.
3) Menjaga keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.
4) Menjaga hasil pembangunan nasional.
5) Menjaga rakyat dari serangan musuh yang datang.
6) Menjaga dan melindungi dari kehancuran.
Pernyataan di atas yang merupakan tujuan pertahanan negara adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 2, 3, 4, dan 5
c. 3, 4, 5, dan 6
d. 4, 5, 6, dan 1
 
7. Pertahanan negara berfungsi untuk mewujudkan dan mempertahankan ….
a. seluruh wilayah Negara Kesatuan RI sebagai satu kesatuan pertahanan negara
b. wilayah yang telah diperoleh dari perjuangan seluruh rakyat Indonesia
c. pembangunan nasional yang telah sampai tingkat tinggal landas
d. mempertahankan hasil pembangunan nasional di segala bidang kehidupan
 
8. Pertahanan negara diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan daya ….
a. menghadapi musuh
b. menanggulangi ancaman
c. mempertahankan negara
d. menangkal serangan
 
9. Dalam sistem pertahanan kita yang menjadi komponen utama adalah ….
a. TNI
b. rakyat
c. polisi
d. ABRI
 
10. Perlawanan rakyat semesta dapat dilakukan dengan cara antara lain ….
a. memperkuat cadangan TNI yang dilengkapi senjata
b. mendayagunakan kemanunggalan TNI dengan rakyat
c. melatih rakyat untuk melakukan pertahanan teritorial
d. penggunaan alat perang oleh rakyat terlatih
 
11. Rakyat terlatih merupakan komponen dasar sebab ….
a. harus dibina agar memiliki kemampuan sepadan untuk melaksanan perang
b. tanpa rakyat terlatih, kesemestaan itu tidak akan memiliki dasar yang kuat
c. untuk memeliharan ketertiban masyarakat dan kelancaran roda pemerintahan
d. untuk menanggulani gangguan ketertiban hukum dan gangguan ketenteraman masyarakat
 
12. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Untuk memelihara ketertiban masyarakat.
2) Menanggulangi gangguan ketertiban hukum.
3) Kelancaran roda pemerintahan dan segenap perangkatnya.
4) Menanggulangi gangguan keamanan masyarakat.
5) Kelancaran kegiatan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup.
6) Menanggulangi musuh yang hendak menyerang.
Pernyataan di atas yang merupakan fungsi ketertiban umum bagi rakyat terlatih adalah ….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 4, dan 6
d. 1, 5, dan 6
 
13. Rakyat terlatih mempunyai fungsi perlindungan rakyat yaitu ….
a. untuk menanggulangi ketertiban umum dan gangguan ketenteraman masyarakat
b. kelancaran roda pemerintahan dan perangkatnya
c. kelancaran kegiatan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
d. untuk menanggulangi gangguan keamanan atau subversi yang dapat mengganggu stabilitas
 
14. Untuk menanggulangi gangguan keamanan atau subversi yang dapat mengganggu stabilitas keamanan termasuk fungsi … dalam rakyat terlatih.
a. ketertiban umum
c. keamanan rakyat
b. perlindungan rakyat
d. perlawanan rakyat
 
15. Kekuatan rakyat yang merupakan pangkal kekuatan bagi pelaksanan pertahanan nasional dan sumber pokok bantuan tempur adalah ….
a. Wanra
c. Hansip
b. Kamra
d. Linmas
 
16. Yang berpartisipasi langsung dalam Hankamrata bidang pertahanan adalah ….
a. Linmas
c. Wanra
b. Hansip
d. TNI
 
17. Kekuatan rakyat sebagai bantuan hukum terutama bidang Kamtibmas adalah ….
a. Polri
b. TNI
c. Hansip
d. Kamra
 
18. Yang merupakan kekuatan pokok unsur-unsur perlindungan masyarakat dalam menanggulangi bencana alam dan akibat perang adalah ….
a. TNI
b. Wanra
c. Kamra
d. Hansip
 
19. TNI dan cadangan TNI termasuk komponen utama sebab ….
a. setiap saat harus siap bertempur melawan musuh baik dari dalam maupun dari luar
b. merupakan kekuatan utama di dalam pertahanan kemanan negara
c. setiap saat siap dan tanggap terhadap setiap keadaan yang bisa mengancam keselamatan bangsa dan negara
d. memiliki semangat keprajuritan dalam mempertahankan negara dari serangan musuh
 
20. Tindak dan penyanggah awal terhadap setiap ancaman terhadap bangsa dan negara baik dari dalam maupun dari luar, merupakan fungsi ….
a. rakyat terlatih
b. TNI dan cadangan TNI
c. perlindungan masyarakat
d. sumber daya bantuan
 
21. Di bawah ini yang bukan termasuk cadangan TNI adalah ….
a. Wanra
c. Hansip
b. Kamra
d. Polri
 
22. Yang termasuk komponen khusus dalam penyelenggaraan pertahanan keamanan negara adalah ….
a. perlindungan masyarakat
b. sumber daya alam
c. sumber daya buatan
d. prasarana nasional
 
23. Betapapun besarnya kekuatan suatu pertahanan keamanan negara tidak akan mampu bertahan lama, kalau tidak didukung oleh ….
a. militer yang kuat
b. sumber daya alam/buatan dan prasarana
c. TNI dan Polri
d. kekuatan rakyat
 
24. Sistem pertahanan yang mengikutsertakan kekuatan rakyat dan TNI sebagai inti pertahanan disebut sistem pertahanan ….
a. konvensional
b. rakyat semesta
c. kontinental
d. balistik
 
25. Hakikat pertahanan keamanan negara adalah perlawanan rakyat semesta yang penyelenggara-annya didasarkan pada kesadaran akan tanggung jawab tentang hak dan kewajiban warga negara serta berdasarkan keyakinan akan kekuatan sendiri, keyakinan akan kemenangan dan tidak mengenal menyerah baik penyerahan diri maupun penyerahan wilayah merupakan makna dari ….
a. UU No 20/1982 Pasal 4
b. UU No. 3/2002 Pasal 4
c. UUD 45 Pasal 30 Ayat 1
d. UUD 45 Pasal 27 Ayat 3
 
26. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Pendidikan kewarganegaraan.
2) Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib.
3) Pengabdian sebagai prajurit TNI.
4) Pengabdian sesuai dengan profesi.
5) Berperang melawan musuh yang datang.
6) Memahami sistem pertahanan kemanan negara.
Pernyataan di atas yang termasuk keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
c. 3, 4, 5, dan 6
b. 2, 3, 4, dan 5
d. 4, 5, 6, dan 1
 
27. Perlawanan rakyat semesta memiliki sifat-sifat sebagai berikut, kecuali ….
a. kerakyatan
b. kesemestaan
c. kewilayahan
d. integritas
 
28. Seluruh daya bangsa dan negara mampu memobilsasikan diri guna menanggulangi setiap bentuk ancaman dari luar negeri maupun dari dalam negeri, merupakan perlawanan rakyat semesta yang bersifat ….
a. kerakyatan
c. kewilayahan
b. kesemestaan
d. kebangsaan
 
29. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Kondisi dinamis bangsa Indonesia berupa keuletan dan ketangguhan.
2) Kondisi dinamis bangsa Indonesia harus mampu menghadapi tantangan dari mana pun datangnya.
3) Kelangsungan dan kelestarian hidup bangsa dan negara sangat diperlukan.
4) Tercapainya tujuan nasional seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 45.
5) Ikut mensukseskan pembangunan nasional yang berarti ikut meningkatkan ketahanan nasional.
6) Ikut membina dan memelihara kelangsungan hidup bangsa dan negara.
Pernyataan di atas yang merupakan pengertian ketahanan nasional adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 2, 3, 4, dan 5
c. 3, 4, 5, dan 6
d. 4, 5, 6, dan 1
 
30. Pendidikan kewarganegaraan bagi setiap warga negara merupakan keikutsertaan dalam upaya pembelaan negara, yang bertujuan ….
a. mengembangkan kemampuan dan kesediaan untuk membela bangsa, negara, dan tanah air
b. menjadi warga negara Indonesia yang berani dan penuh semangat
c. sebagai tempat belajar untuk menjadi TNI dan Polri
d. untuk menjadi bantuan tempur bagi prajurit
 
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
 
1. Ancaman terhadap salah satu wilayah Negara Kesatuan RI merupakan ancaman seluruh bangsa dan negara, hal ini ditegaskan dalam ….
2. Pembelaan negara merupakan tekad dan sikap seluruh warga negara untuk menjaga ….
3. Bangsa Indonesia dalam membela dan mempertahankan negara senantiasa berdasarkan pada ….
4. Rakyat terlatih merupakan unsur dasar bagi kesemestaan dan keserbagunaan pertahanan keamanan negara. Contoh yang bukan unsur rakyat terlatih adalah ….
5. Yang menjadi unsur utama dalam pertahanan Indonesia adalah ….
6. UU yang mengatur tentang pertahanan negara adalah Undang-Undang No. ….
7. Usaha pertahanan dan keamanan negara merupakan hak dan kewajiban warga negara, hal ini ditegaskan dalam ….
8. Untuk menanggulangi gangguan keamanan atau subversi yang dapat mengganggu stabilitas nasional termasuk fungsi ….
9. Partisipasi siswa dalam usaha pembelaan negara dapat dilakukan dengan cara ….
10. Sistem pertahanan yang mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat dan TNI sebagai inti pertahanan disebut ….
 
III. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!
 
1. Jelaskan hakikat pertahanan negara kita!
2. Sebutkan tujuan pertahanan negara!
3. Sebutkan fungsi pertahanan negara!
4. Sebagai warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Bagaimana caranya?
5. Sebutkan dua upaya pembinaan dalam penyelenggaraan pertahanan keamanan negara!
6. Perlawanan rakyat semesta dapat diwujudkan dengan dua cara. Sebutkan!
7. Sebutkan empat fungsi rakyat terlatih!
8. Sebutkan komponen pertahanan keamanan negara!
9. Jelaskan yang dimaksud Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta!
10. Apa fungsi perlindungan masyarakat itu?
 
Ulangan Bab 2
 
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
 
1. Segala kebijakan untuk kepentingan masyarakat banyak dan dibuat oleh lembaga yang berwenang disebut ….
a. kebjikan publik
a. peraturan pemerintah
b. undang-undang
c. peraturan hukum
 
2. Kebijakan publik merupakan serangkaian tujuan dan sasaran dari program-program pemerintah, ini merupakan penertian kebijakan publik dari ….
a. Dey
b. Kartasasmita
c. Edwar III
d. Anderson
 
3. Permasalahan yang muncul dari pelaksanaan otonomi daerah antara lain ….
a. timbul rasa kedaerahan yang sempit
b. pengangkatan pegawai oleh bupati
c. DPRD membuat Perda bersama bupati/wali kota
d. anggaran daerah banyak yang devisit
 
4. Undang-undang yang mengatur tentang pemerintahan daerah adalah ….
a. UU No. 22/1999
b. UU No. 25/1999
c. UU No. 32/2004
d. UU No. 33/2004
 
5. Menurut undang-undang pemerintahan daerah, pemerintahan yang terkecil adalah ….
a. desa
c. kabupaten
b. kalurahan
d. kota
 
6. Peraturan desa dibuat oleh ….
a. kepala desa
b. BPD
c. perangkat desa
d. kepala desa dan BPD
 
7. Kepala desa dalam menjalankan tugas bertanggung jawab kepada ….
a. LKMD
c. bupati
b. BPD
d. camat
 
8. Agar kebijakan publik tetap berpihak pada kepentingan masyarakat, maka seluruh rakyat harus ikut berpartisipasi aktif mengikuti perkembangan yang ada antara lain sebagai berikut, kecuali ….
a. memberi masukan melalui surat kabar atau media massa
b. menyampaikan aspirasi lewat lembaga-lembaga perwakilan rakyat
c. mengikuti perkembangan zaman dengan membaca surat kabar
d. menyampaikan aspirasi lewat demontrasi secara damai
 
9. Contoh perilaku warga negara dalam melaksanakan kebijakan publik adalah ….
a. ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan umum
b. ikut membantu pemerintah menimbun bahan bakar minyak
c. membantu polisi dalam menangkap pencuri setiap hari
d. melaksanakan penghematan kebijakan pemerintah pusat
 
10. Pemerintahan daerah diatur dalam UUD 1945 pasal ….
a. 17
c. 19
b. 18
d. 28
 
11. Yang membuat Perda provinsi adalah ….
a. gubernur
b. bupati
c. presiden
d. gubernur bersama DPRD provinsi
 
12. Contoh kebijakan publik yang mengatur pendidikan, kecuali ….
a. UU No. 20/2003
b. UU No. 14/2005
c. PP No. 19/2005
d. PP No. 20/2005
 
13. Kebijakan publik yang dikeluarkan presiden tahun 2005 yang memberatkan kehidupan rakyat adalah ….
a. kenaikan BBM
b. pengangkatan PNS
c. pemberantasan KKN
d. kenaikan harga dasar listrik
 
14. Bantuan operasional sekolah termasuk kebijakan publik bidang ….
a. ekonomi
b. politik
c. sosial budaya
d. pendidikan
 
15. Ketentuan bahwa kelulusan tahun pelajaran 2005/2006 bahwa nilai ujian nasional rata-rata 4,51, hal ini merupakan ….
a. kebijakan publik
b. peraturan pemerintahan
c. peraturan menteri
d. keputusan pemerintah
 
16. Di bawah ini adalah pihak yang paling berperan dalam melaksanakan kebijakan publik adalah ….
a. pemerintah
b. aparat
c. masyarakat
d. negara
 
17. Kita sering mendengar istilah otonomi yang merupakan kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah pusat. Isitilah otonomi diatur dalam UU No. 32/2004 tentang ….
a. Otonomi Daerah
b. Pemerintah Daerah
c. Pemerintahan Daerah
d. Pemerintahan Otonomi Daerah
 
18. Bersama bupati, DPRD kabupaten membentuk peraturan daerah, hal ini DPRD kabupaten menjalankan fungsinya sebagai ….
a. wakil rakyat
b. pengawasan
c. anggaran
d. legislasi
 
19. Pemerintah membuat kebijakan publik untuk ….
a. menyelesaikan permasalahan yang muncul dalam masyarakat
b. mengatur kehidupan masyarakat agar masyarakat takut pemerintah
c. memberi sanksi masyarakat yang melanggar peraturan
d. menyadarkan masyarakat atas hak dan kewajibannya sebagai anggota masyarakat
 
20. Kebijakan publik dilaksanakan oleh ….
a. masyarakat
b. pemerintah
c. pribadi warga
d. pemerintah dan masyarakat
 
21. Setelah kebijakan publik dibentuk pemerintah harus melakukan ….
a. pengamanan
c. evaluasi
b. pengawasan
d. penyesuaian
 
22. Salah satu manfaat kebijakan publik adalah ….
a. membentuk budaya demokrasi
b. menyejahterakan rakyat tertentu
c. membantu masyarakat tertib
d. memudahkan pemerintah pusat
 
23. Masyarakat yang terdiri dari berbagai kelompok yang berbeda dan dapat hidup bekerja sama secara damai disebut ….
a. masyarakat demokrasi
b. masyarakat hukum
c. masyarakat berbudaya
d. masyarakat madani
 
24. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Kesukarelaan
2) Keswasembadaan
3) Kemandiriaan
4) Melaksanakan semua peraturan
5) Menjalankan perintah
6) Hidup bersama dengan orang lain
Pernyataan di atas yang merupakan ciri masyarakat madani adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 2, 3, 4, dan 5
c. 3, 4, 5, dan 6
d. 4, 5, 6, dan 1
 
25. Tindakan yang harus dilakukan untuk merumuskan kebijakan publik yaitu ….
a. menyampaikan usul dalam bentuk tulisan atau lisan lewat DPRD
b. menulis dalam surat kabar tentang kebutuhan masyarakat banyak
c. mendatangi pemerintah untuk meminta keterangan
d. mengajukan rumusan hukum baru untuk diproses
 
26. Memberi dorongan moral kepada Pemda yang sedang merumuskan kebijakan publik merupakan ….
a. tindakan reaksioner
b. tindakan negatif
c. tindakan positif
d. tindakan tidak terpuji
 
27. Dalam perumusan kebijakan publik tidak semua anggota masyarakat berperan serta hal ini disebabkan ….
a. telah terbiasa pada pola lama
b. adanya kesempatan untuk berpartisipasi
c. mengetahui prosedur pembuatan kebijakan publik
d. adanya pengaruh eksternal yang kuat
 
28. Orang yang memandang positif sebuah kebijakan publik yang akan dikeluarkan akan mendukung peraturan tersebut dengan ….
a. penuh kesadaran
c. semangat membangun
b. penuh semangat
d. semangat disiplin
 
29. Perumusan kebijakan publik merupakan saat yang tepat bagi anggota masyarakat untuk ikut berpartisipasi, tetapi hal ini jarang dialkukan oleh anggota masyarakat sebab ….
a. masyarakat tidak tahu akan prosedur berpartisipasi
b. masyarakat tahu adanya kesempatan untuk berpartisipasi
c. pembuatan peraturan perlu partisipasi seluruh warga masyarakat
d. masyarakat tidak peduli terhadap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah
 
30. Faktor eksternal yang membuat anggota masyarakat enggan melakukan kebiajakan publik adalah ….
a. adanya pola sentralisitik yang tidak sesuai dengan otonomi daerah
b. adanya kesempatan berpartisipasi belum banyak diketahui masyarakat
c. tidak dibukanya kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi
d. kebijakan publik tidak memihak kepentingan masyarakat
 
31. Otonomi seluas-luasnya adalah daerah diberi kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintahan, kecuali ….
a. pendidikan
c. hukum
b. kebudayaan
d. fiskal
 
32. Suatu prinsip bahwa untuk menangani urusan pemerintahan dilaksanakan berdasarkan tugas, wewenang, dan kewajiban yang senyatanya telah ada dan berpotensi untuk tumbuh, hidup, dan berkembang sesuai dengan potensi dan kekhasan daerah disebut otonomi ….
a. luas
c. khusus
b. daerah
d. nyata
 
33. Pemerintah kota dikepalai oleh ….
a. bupati
b. gubernur
c. walikota
d. sekda
 
34. DPRD kabupaten dipilih rakyat secara ….
a. demokratis
b. perwakilan
c. langsung
d. bertahap
 
35. Peraturan daerah kabupaten dibuat oleh ….
a. DPRD bersama DPRD provinsi
b. DPRD provinsi dengan DPR RI
c. Presiden bersama DPRD
d. DPRD kabupaten bersama bupati
 
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
 
1. Kepala daerah kabupaten adalah ….
2. Yang mengawasi jalannya pemerintahan daerah adalah ….
3. Peraturan daerah provinsi dibuat oleh ….
4. Pemerintahan daerah diatur dalam UU No. ….
5. UU No. 33 Tahun 2004 mengatur tentang ….
6. Sekretariat daerah dipimpin oleh ….
7. Bupati/wali kota dipilih oleh ….
8. Bagian hukum dalam pemerintahan daerah merupakan bagian dari asisten ….
9. Yang bertugas mengadakan fungsi pengawasan adalah ….
10. Yang menyusun RAPBD kota madya adalah ….
 
III. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!
 
1. Kebijakan publik mencakup bidang apa saja sebutkan!
2. Siapa yang melaksanakan membuat kebijakan publik tersebut!
3. Apa tujuan dibuatnya kebijakan publik?
4. Berilah tiga contoh kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah pusat!
5. Sebutkan tiga kebijakan pemerintah pusat yang dianggap oleh publik merugikan masyarakat!
6. Sebutkan tugas DPRD kabupaten/kota!
7. Sebutkan tiga fungsi DPRD provinsi!
8. Sebutkan bidang-bidang yang masih tetap ditangani oleh pemerintah pusat!
9. Sebutkan tugas gubernur!
10. Sebutkan landasan hukum otonomi daerah!
 
Ulangan Bab 3
 
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
 
1. Nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi era globalisasi harus tertanam dalam perilaku sehari-hari bangsa Indonesia sebab Pancasila merupakan ….
a. jati diri dan kepribadian bangsa
b. sumber dari segala sumber hukum
c. alat pemersatu bangsa Indonesia
d. alat perjuangan bangsa Indonesia
 
2. Untuk menangkal pengaruh era globalisasi terhadap keutuhan bangsa dan negara diperlukan pemahaman Wawasan Nusantara sebab Wawasan Nusantara merupakan ….
a. pedoman penyatuan wilayah Nusantara dari ancaman negara lain
b. cara pandang bangsa atas diri dan lingkungannya sebagai sebuah negara kepulauan
c. penyatuan seluruh potensi kewilayahan yang membentang dari Sabang sampai Merauke
d. alat melindungi keutuhan wilayah yang meliputi segenap aspeknya
 
2. Globalisasi ekonomi dunia sangat mempengaruhi sistem ekonomi Indonesia. Konsep sistem ekonomi Indonesia adalah ….
a. sistem liberalisme
b. sistem kapitalisme
c. sistem kerakyatan
d. sistem demokrasi
 
3. Lemahnya kewaspadaan nasional tak pelak semakin membuka peluang bagi masuknya ….
a. pengaruh asing yang merusak bangsa
b. kebudayaan asing yang merusak tatanan sosial
c. aksi-aksi ancaman perang modern
d. alat-alat canggih ke Indonesia
 
4. Sistem hankamrata harus tetap dipertahankan untuk menghadapi era perang modern karena adanya pengaruh globalisasi sebab ….
a. sistem hankamrata merupakan sistem pertahanan yang memberikan kebebasan kepada rakyat untuk perang
b. sistem pertahanan dan keamanan negara yang melibatkan lapisan masyarakat dan angkatan perang sebagai inti pertahanan
c. sistem pertahanan dan keamanan yang menggunakan alat-alat canggih untuk menghalau musuh yang datang dari luar negeri
d. sistem pertahanan dan keamanan yang melibatkan semua kekuatan TNI dan Polri dan rakyat sebagai pendukung
 
5. Dengan perubahan UUD 1945 akan berakibat ….
a. rakyat mengalami kesulitan dalam memahami UUD 45
b. negara Indonesia akan menjadi negara yang demokratis
c. berubahnya sistem ketatanegaraan Indonesia secara drastis
d. jumlah bab dan pasal-pasalnya menjadi lebih banyak
 
6. Akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pesatnya penggunaan freon berakibat ….
a. sumber daya alam rusak
b. menipisnya lapisan ozon
c. bumi semakin panas
d. sumber daya manusia rendah
 
7. Dengan dampak globalisasi sistem pertahanan global diperlukan sikap ….
a. komponen bangsa mengembangkan potensi nasional menjadi kekuatan nasional untuk menghadapi segala ancaman yang datang
b. bangsa-bangsa dunia untuk menanggulangi potensi konflik antarbangsa yang pada kenyataannya mengkibatkan penderitaan rakyat
c. masing-masing bangsa menahan diri untuk tidak menggunakan alat-alat canggih untuk menyerang negara lain
d. mengendalikan kondisi ketahanan negara dengan melibatkan seluruh unsur angkatan perang dan keamanan rakyat
 
8. Terjadinya sikap fanatisme kepentingan individu atau kelompok maupun daerah karena berkembangnya sikap ….
a. liberalisme sempit
b. primordialisme sempit
c. fanatisme sempit
d. eksklusif sempit
 
9. Etika bisnis di kalangan dunia usaha belum terwujud karena adanya, kecuali ….
a. perilaku KKN
b. penggelapan pajak
c. suap-menyuap
d. izin usaha satu pintu
 
10. Demokratisasi dan kebebasan yang kebablasan telah memunculkan ….
a. fobia, rasa kebencian, dan dendam tak beralasan dikalangan elite politik tertentu
b. pandangan mengenai demokrasi yang harus dikembangkan dalam era global
c. perilaku tokoh dan elite politik untuk mengejar kekuasaan dengan mengabaikan etika politik
d. etika politik yang dibangun sudah mengarah pada sistem demokrasi kita
 
11. Meskipun era globalisasi melanda Indonesia, bagi kita bangsa Indonesia, tatanan masyarakat modern harus tetap tumbuh, bertambah kukuh dan berkembang di atas ….
a. kebebasan bangsa
b. kehidupan demokrasi
c. kepribadian bangsa sendiri
d. kekuatannya sendiri
 
12. Masyarakat lemah terhadap kepribadiannya tidak mungkin dapat membangun untuk mewujudkan ….
a. kebahagiaan hidupnya
b. cita-cita hidupnya
c. harapan hidupnya
d. kehendak hidupnya
 
13. Pembangunan bagi bangsa Indonesia merupakan perubahan dan pembaharuan. Untuk itu, yang perlu diingat dalam melaksanakan pembangunan adalah ….
a. modal dasar pembangunan
b. landasan pembangunan
c. tujuan pembangunan
d. arah kebijakan pembangunan
 
14. Yang menjadi permasalahan bangsa Indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah ….
a. rendahnya serapan ilmu pengetahuan dan teknologi
b. rendahnya serapan tenaga kerja dalam usia kerja
c. kurikulum yang sering berganti-ganti setiap saat
d. lemahnya sarana dan prasarana pendidikan
 
15. Ketidaknyamanan investor tinggal di Indonesia disebabkan ….
a. rendahnya sumber daya manusia
b. kurangnya penguasaan teknologi
c. ketatnya perizinan berusaha
d. faktor keamanan dan ketertiban
 
16. Lunturnya jiwa kebangsaan saat ini disebabkan adanya ….
a. pemahaman wawasan kebangsaan yang sempit
b. pengaruh budaya yang datang dari luar negeri
c. jauhnya sikap merasa memiliki dan menjaga
d. kurangnya pengamalan Pancasila dalam kehidupan
 
17. Meskipun negara kita terdiri dari aneka ragam baik budaya, agama, suku bangsa, bahasa, maupun adat istiadat, konsep negara yang dianut bangsa Indonesia adalah ….
a. Negara Indonesia yang bersatu
b. Negara kebangsaan Indonesia
c. Negara Kesatuan Republik Indonesia
d. Negara yang berkedaulatan rakyat
 
18. Landasan bangsa Indonesia atas kepluralitasnya yang ada dalam masyarakat kita adalah ….
a. UUD 1945
b. Pancasila
c. undang-undang
d. norma-norma
 
19. Pancasila menkristalisasikan seluruh nilai sosiokultural yang bersifat ….
a. mengakar dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang telah diyakini kebenarannya
b. teoritis yang telah dirumuskan oleh para pendiri negara untuk dijadikan landasan
c. fundamental ke dalam nilai-nilai luhur yang dikandungnya dengan berpijak pada fakta sejarah bangsa Indonesia
d. universal sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dihayati dan diamalkan
 
20. Ada prinsip dasar yang perlu digarisbawahi dalam memperoleh kemerdekaan Indonesia yaitu ….
a. keinginan untuk merdeka
b. keinginan untuk bersatu
c. kemampuan berjuang
d. kekuatan hidup mandiri
 
21. Abad globalisasi semakin diwarnai dengan persaingan antarbangsa dalam upaya mewujudkan ….
a. tujuan negara yang tercantum dalam preambul
b. kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya masing-masing
c. ambisinya untuk menguasai dunia dalam ekonominya
d. kekuatannya dalam menyerang negara lain yang lemah
 
22. Kita bangsa Indonesia sepantasnya memiliki rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebab ….
a. dianugerahi aneka ragam kelimpahan rahmat dan karunia-Nya
b. Imemiliki penduduk yang sangat besar jumlahnya
c. memiliki banyak pulau besar dan kecil yang sangat luas
d. dikelilingi oleh laut yang luas sehingga kekayaan lautnya besar
 
23. Sikap dan gaya hidup global telah merambah hingga jauh ke pelosok-pelosok wilayah Nusantara. Hal ini di sebabkan oleh ….
a. kemakmuran seluruh rakyat Indonesia
b. keberhasilan pembangunan nasional
c. arus informasi dan teknologi canggih
d. akibat tingkat pengendalian diri lemah
 
24. Adanya pergeseran nilai tradisional dengan nilai-nilai global, komponen bangsa dituntut seperti berikut ini, kecuali ….
a. meningkatkan kemampuannya dalam menerima globalisasi
b. dapat mengolah masuknya pengaruh globalisasi
c. mendayagunakan informasi dan teknologi untuk kesejahteraan
d. dapat menguasai perekonomian liberal yang saat ini berkembang
 
25. Untuk menanggulangi pengaruh era globalisasi bangsa Indonesia dituntut untuk …..
a. mengembangkan kemajuan secara bebas
b. memiliki ketahanan budaya yang kuat
c. mengembangkan budaya tradisional
d. menghadapi pengaruh globalisasi
 
26. Seiring dengan arus globalisasi, budaya masyarakat semakin maju yang ditandai dengan semakin ….
a. mudahnya hubungan komunikasi dan interaksi antarbangsa
b. tumbuhnya gaya hidup mewah dan berfoya-foya
c. berkembangnya sikap kritis sebagian besar rakyat Indonesia
d. mudahnya masyarakat menggunakan produk luar negeri
 
27. Dengan melihat berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia yang sangat diperlukan adalah ….
a. kelimpahan modal pembangunan
b. kekayaan alam yang memadai
c. tersedianya SDM yang berkualitas
d. tersedianya lapangan pekerjaan
 
28. Kriteria manusia Indonesia yang berkualitas antara lain ….
a. memiliki kemampuan mengembangkan teknologi
b. menghindari pengaruh globalisasi dalam hidupnya
c. menjauhkan diri dari perilaku yang merugikan negara
d. memiliki wawasan kebangsaan dan semangat nasionalis
 
29. Guna mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dilakukan melalui ….
a. lingkungan
b. pendidikan
c. pembangunan
d. kesehatan
 
30. Banyaknya penggunaan narkoba dan miras di lingkungan masyarakat merupakan akibat dari ….
a. banyak pengangguran
b. adanya pengaruh globalisasi
c. kesulitan mencari pekerjaan
d. tuntutan ekonomi keluarga
 
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
1. Kemajuan luar biasa di bidang komunikasi dan trans-portasi menjadikan dunia bagaikan sebuah desa. Hal ini disebut ….
2. Yang sangat diperlukan dalam menghadapi dampak negatif globalisasi dan kemajuan iptek adalah ….
3. Pancasila merupakan norma dalam menghadapi globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu Pancasila harus menjadi ….
4. Dampak positif adanya globalisasi dan kemajuan iptek antara lain ….
5. Masyarakat modern adalah masyarakat yang ….
6. Masyarakat yang tertib, saling menghormati, saling menolong, demokratis, dan mandiri disebut masyarakat ….
7. Dalam menuju masyakat Indonesia yang modern dan manusiawi, diperlukan peningkatan mutu generasi muda terutama dalam hal ….
8. Keberhasilan pembangunan nasional harus dinilai berdasarkan manfaat dan pengaruhnya terhadap ….
9. Dalam era globalisasi diperlukan sikap ….
10. Era globalisasi selain membawa berbagai peluang bagi peningkatan kesejahteraan bangsa juga menimbulkan ….
 
III . Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Sebutkan kriteria sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas!
2. Sebutkan alasan bangsa Indonesia harus selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa!
3. Sebutkan dampak positif era globalisasi terhadap bangsa Indonesia!
4. Sebutkan landasan untuk menghadapi masuknya pengaruh globalisasi dunia sekarang ini!
5. Sebutkan nilai-nilai Pancasila yang luhur untuk menyaring masuknya pengaruh globalisasi!
6. Sebutkan pengaruh negatif era globalisasi terhadap kehidupan generasi muda!
7. Sebutkan faktor belum siapnya Indonesia menerima era globalisasi!
8. Sebutkan faktor penyebab surutnya kadar kebangsaan bagi bangsa Indonesia!
9. Sebutkan dua faktor yang menjadi landasan pembentukan konsep Negara Kesatuan RI!
10. Apa yang dimaksud memiliki ketahanan diri yang kuat dalam menghadapi pengaruh globalisasi?
 
Ulangan Bab 4
 
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
 
1. Taat dan siap melakukan pekerjaan apapun yang ditugaskan kepada kita sebagai konsekuensi keseimbangan antara hak dan kewajiban, hal ini merupakan ….
a. peran sebagai pekerja
b. peran sebagai guru
c. peran sebagai murid
d. peran sebagai pemimpin
 
2. Agar kita sebagai pekerja dapat berprestasi diperlukan sikap ….
a. disiplin
b. berlatih
c. apatis
d. masa bodoh
 
3. Konsep peran sebagai guru berarti mempersiapkan diri untuk ….
a. menjadi pemimpin bangsa
b. meningkatkan kualitas
c. menambah pengetahuan
d. menghindari perubahan
 
4. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Takut persaingan.
2) Mementingkan diri sendiri.
3) Ketidakmampuan mengatur pekerjaan.
4) Meremehkan pekerjaan rendahan.
5) Tidak menerima orang lain.
6) Kurang berlatih.
Di atas ini yang merupakan faktor-faktor penyebab kegagalan dalam berprestasi ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 2, 3, 4, dan 5
c. 3, 4, 5, dan 6
d. 4, 5, 6, dan 1
 
5. Sebagai warga negara, kita menghormati kebebasan orang lain menjalankan ibadah keagamaannya merupakan sikap warga negara yang sesuai dengan jiwa Pancasila sila ….
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan sosial bagi seluruih rakyat Indonesia
 
6. Kepandaian yang kita miliki digunakan untuk ….
a. menghadapi semua lawan-lawan
b. menyatakan bahwa dirinya pandai
c. menunjukkan kehebatan kita
d. kesejahteraan manusia dan kemanusiaan
 
7. Setelah tamat sekolah, saya akan berwiraswasta, karena….
a. sesuai dengan anjuran pemerintah
b. mendatangkan untung yang banyak
c. bekerja sesuai dengan kemampuannya
d. pekerjaan tersebut sesuai dengan cita-cita
 
8. Manfaat utama yang dapat diambil dalam perkemahan Pramuka ialah ….
a. melaksanakan pengembaraan
b. untuk melatih kemadirian
c. rasa tanggung jawab bersama
d. untuk mengisi kegiatan liburan
 
9. Kita wajib melestarikan hutan-hutan dari erosi sebab ….
a. hutan merupakan keindahan alam
b. hutan menjaga keseimbangan alam
c. hutan memberi kekayaan yang melimpah
d. hutan memberi perlindungan pada kita
 
10. Keunggulan pribadi yang memiliki prestasi dapat dilihat dari ….
a. kepekaan dan daya juang tinggi
b. memiliki tenggang rasa yang tinggi
c. mau dan mampu mengintrospeksi diri
d. banyak ini siatif dan kreaktif
 
11. Menjadi pribadi yang unggul harus mampu mengembangkan ….
a. prestasi yang dimiliki sesuai dengan tuntutan zaman
b. hubungan vertikal dan horizontal yang harmonis
c. mempunyai gairah dan semangat hidup yang tinggi
d. rasa tanggung jawab yang tinggi
 
12. Seseorang yang memiliki keunggulan prestasi tidak akan ….
a. menyelesaikan permasalahan dengan prinsip win-win solution
b. berpikir yang terpuji untuk diteladani orang lain di sekitarnya
c. melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain
d. berusaha menjadi contoh dan teladan bagi orang lain
 
13. Di bawah ini yang bukan pantangan pribadi yang memiliki keunggulan prestasi ….
a. meminta yang bukan menjadi haknya
b. mementingkan diri sendiri
c. menyulitkan orang lain
d. meciptakan perubahan positif
 
14. Sebagai seorang siswa yang berprestasi di bidang akademis akan selalu bertindak, kecuali ….
a. jujur dan disiplin
b. berpikir sebelum bertindak
c. tidak pernah berhenti belajar
d. mengikuti upacara setiap hari
 
15. Ciri seorang pelajar yang memiliki keunggulan prestasi, kecuali ….
a. memiliki fisik dan mental yang sehat
b. memiliki kejujuran dan loyalitas
c. berorientasi pada kebahagiaan semata
d. banyak berinisiatif dan kreaktif
 
16. Di bawah ini bukan usaha meningkatkan prestasi kerja yaitu ….
a. belajar dan berlatih terus
b. tekun dan disiplin
c. mengadakan perubahan nilai
d. mengoreksi kesalahan
 
17. Yang menjadi musuh bebuyutan seorang pelajar dalam mencapai prestasi yang diharapkan antara lain, kecuali ….
a. tidak bertanggung jawab
b. tidak mengindahkan kewajiban
c. menghargai karya orang lain
d. menganggap dirinya paling benar
 
18. Yang sangat menentukan seseorang dapat berprestasi dalam hidupnya adalah ….
a. sikap mental mengembangkan potensi yang dimiliki
b. mengharapkan orang lain untuk melatih dirinya
c. menjauhkan diri dari pergaulan dengan orang lain
d. tingkat pendidikan yang diperoleh seseorang secara formal
 
19. Bangsa Indonesia ingin mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tetapi dalam mewujudkannya mengalami banyak hambatan, kecuali ….
a. kurangnya layanan pendidikan tinggi
b. kurangnya layanan kesehatan masyarakat
c. sarana pendidikan yang kurang memadai
d. kurangnya dana untuk menunjang pendidikan
 
20. Modal yang harus dimiliki sesorang mencapai sukses berprestasi antara lain ….
a. pendidikan yang memadai
b. kejujuran dan disiplin tinggi
c. kekayaan dan finasial tinggi
d. kemampuan dan kepandaian
 
21. Prinsip-prinsip yang harus menjadi landasan untuk memperoleh prestasi adalah ….
a. memanfaatkan waktu secara efisien menurut skala prioritas
b. setiap langkah selalu berpikir terlebih dahulu agar menjadi kebiasaan
c. mempunyai gairah dan semangat hidup tinggi apabila ada motivasi
d. memiliki motivasi untuk menjadi orang yang memiliki kemampuan tinggi
 
22. Hal-hal yang harus dihidari yang merupakan pantangan untuk mewujudkan pribadi yang berprestasi antara lain ….
a. mementingkan kepentingan orang lain
b. melakukan perbuatan yang memalukan
c. mengadakan hubungan kerja sama dengan yang lain
d. mengadakan latihan-latihan keterampilan yang cocok
 
23. Bagi orang yang ingin mencapai kesuksesan, memandang kegagalan merupakan …..
a. kehancuran masa depannya
b. tidak dipercaya orang lain
c. awal dari keberhasilan
d. ujian bagi kehidupannya
 
24. Prestasi yang ditunjukkan oleh para pelajar SMP dan SMA di tingkat internasional di antaranya adalah ….
a. juara bulu tangkis
b. juara tenis internasional
c. juara lukis internasional
d. juara lomba olimpiade
 
25. Pengaruh yang melanda generasi muda saat ini, sehingga sebagian generasi muda sulit untuk mewujudkan prestasinya adalah ….
a. penggunaan narkoba di kalangan remaja
b. pengaruh adanya globalisasi dunia
c. adanya budaya yang masuk ke Indonesia
d. adanya tekanan generasi tua terhadap generasi muda
 
26. Belajar dengan tekun dan rajin merupakan sarana untuk ….
a. membekali diri sendiri
b. memenuhi kewajiban pelajar
c. meraih prestasi yang memuaskan
d. menjauhkan diri dari pengaruh teman
 
27. Berbohong dan berperilaku tidak jujur merupakan pantangan sebagai seorang yang ingin ….
a. berprestasi
b. berharga
c. bernilai
d. bermoral
 
28. Prestasi putra bangsa Indonesia bidang konstruksi yang sudah diakui oleh internasional adalah ….
a. pembuatan kapal terbang
b. pembangunan jembatan
c. kontruksi cakar ayam
d. pengecoran beton tiang
 
29. Penghargaan dari pemerintah pusat kepada kota di bidang kebersihan disebut ….
a. Adi Kencana
b. Adi Pura
c. Kalpataru
d. Satya Lencana
 
30. Penghargaan pemerintah kepada seseorang yang berhasil melestarikan lingkungan hidup disebut ….
a. Tri Sakti
c. Adi Pura
b. Adi Kencana
d. Kalpataru
 
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
 
1. Siswa yang menginginkan berprestasi harus ….
2. Bangsa Indonesia telah berprestasi swasembada pangan di bidang ….
3. Atlet Susi Susanti pernah meraih medali emas dalam olimpiade dalam cabang olahraga ….
4. Menghargai karya orang lain termasuk pengamalan sila ….
5. Prestasi bagi pelajar dalam bidang penelitian dapat diwujudkan dalam bentuk …..
6. Giat berlatih sepak bola selain membuat badan sehat juga akan memperoleh ….
7. Penghargaan dari pemerintah terhadap warga negara yang telah menjaga lingkungan hidupnya disebut ….
8. Olimpiade sains diadakan bertujuan ….
9. Sumber daya manusia akan dapat meningkat kualitasnya apabila ….
10. Agar lingkungan hidup kita tidak kumuh perlu peningkatan…..
 
III. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!
 
1. Sebutkan usaha pelajar untuk memperoleh prestasi yang memuaskan!
2. Sebutkan prestasi putra-putra bangsa Indonesia yang telah diakui dunia!
3. Sebutkan pantangan yang tidak boleh dilakukan bagi seorang yang memiliki keunggulan prestasi!
4. Sebutkan ciri-ciri orang yang memiliki prestasi dalam hidupnya!
5. Sebutkan musuh kita bangsa Indonesia dalam meningkatkan prestasi sebagai bangsa yang memiliki keunggulan!
6. Sebutkan macam-macam penghargaan bagi orang atau kelompok yang berprestasi sesuai bidangnya!
7. Sebutkan prestasi putra bangsa Indonesia bidang teknologi dirgantara yang telah diakui dunia!
8. Sebutkan sebab-sebab kegagalan seseorang dalam berprestasi!
9. Sebutkan usaha-usaha pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berprestasi!
10. Sebutkan cara meningkatan produktivitas melalui pengelolaan waktu yang ada!
 
Ulangan Umum
 
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
 
1. Persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia setelah mencapai kemerdekaan adalah ….
a. mempertahankan kemerdekaan
b. mengisi kemerdekaan
c. mengusir musuh dari bumi Indonesia
d. mencegah masuknya orang asing
 
2. Penghancuran negara yang datang dari dalam negeri seperti berikut, kecuali ….
a. penyerangan kepulauan Blok Ambalat Kalimantan
b. adanya pemberontakan sebagai usaha untuk memisahkan diri dari NKRI
c. adanya budaya korupsi, nepotisme, dan kolusi
d. pelanggaran hukum negara yang telah disepakati
 
3. Berbekal dari sumber datangnya usaha penghancuran negara, maka negara kita menerapkan pola pertahanan keamanan dengan sistem ….
a. pertahanan keamanan rakyat semesta
b. pertahanan rakyat terlatih
c. pertahanan perlindungan masyarakat
d. pertahanan keamanan konvensional
 
4. Penyelenggaraan pendidikan kewarganegaraan ditujukan untuk menghasilkan kualitas manusia Indonesia yang dapat ….
a. mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara
b. mengembangkan keahliannya dalam menangkal musuh yang datang
c. mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan setia bangsa dan negara Indonesia
d. mengembangkan kemapuan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia
 
5. Salah satu tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah menumbuhkan ….
a. motivasi dan dedikasi kepada warga negara agar mempunyai rasa turut memiliki, rasa ikut bertanggung jawab, serta turut berpartisipasi dalam pembangunan nasional
b. keterampilan dan keahliannya dalam usaha mengem- bangkan kepribadiannya menuju manusia Indonesia mandiri dan bertanggung jawab
c. membina dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam rangka menyongsong era globalisasi kemajuan teknologi
d. mengembangkan sikap dan kepribadian warga negara Indonesia yang memiliki rasa cinta, bangga, dan bertanggung jawab dalam mempertahankan negara
 
6. Pendidikan pendahuluan bela negara bertujuan seperti berikut, kecuali ….
a. menumbuhkan kecintaan kepada tanah air
b. menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia
c. menumbuhkan keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi bangsa
d. menumbuhkan sikap mengembangkan kepribadian bangsa
 
7. Pola operasi pertahanan bertujuan ….
a. untuk menjamin penguasaan dan pembinaan wilayah nasional Indonesia serta kewibawaan pemerintah
b. untuk mencegah dan menghancurkan serangan terbuka terhadap kedaulatan nasional NKRI
c. mencegah dan menghancurkan serangan terbuka terhadap kedaulatan nasional negara RI
d. ikut dalam pemeliharaan kemampuan hankam di AsiaTenggara oleh negara-negara Asia Tenggara
 
8. Menjamin penguasaan dan pembinaan wilayah nasional Indonesia serta kewibawaan pemerintah baik pusat maupun daerah, yang terutama dilakukan dengan meniadakan atau menghancurkan usaha spionase, subversi, sabotase, dan pemberontakan merupakan tujuan dari ….
a. pola operasi keamanan dalam negeri
b. pola operasi pertahanan
c. pola intelejen strategis
d. pola kerja sama pertahanan
 
9. Kewarganegaraan merupakan suatu pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang bertolak dari segi agama, sosiokultural, bahasa, usia, dan suku bangsa untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkualitas seperti amanat Pancasila dan UUD 1945, hal ini merupakan ….
a. fungsi kewarganegaraan
b. hakikat kewarganegaraan
c. tujuan kewarganegaraan
d. makna kewarganegaraan
 
10. Sebagai wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkualitas yang setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945, hal ini merupakan ….
a. hakikat kewarganegaraan
b. fungsi kewarganegaraan
c. tujuan kewarganegaraan
d. makna kewarganegaraan
 
11. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Berpikir secara kritis, rasional, dan kreaktif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
2) Berpartisipasi secara bermutu dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3) Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk dan berdasarkan pada kualitas-kualitas masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa lain.
4) Berinteraksi dengan bangsa-bangsa dan dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
5) Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkualitas yang setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945.
6) Pembentukan diri yang bertolak dari segi agama, sosiokultural, bahasa, usia, dan suku bangsa untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkualitas yang diamanat-kan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Dari pernyataan di atas yang merupakan tujuan pelajaran kewarganegaraan adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
c. 3, 4, 5, dan 6
b. 2, 3, 4, dan 5
d. 4, 5, 6, dan 1
 
12. Peran serta pelajar dalam pembelaan negara dapat dilakukan dengan jalan ….
a. ikut latihan militer
b. mendaftarkan menjadi tentara
c. belajar dengan rajin
d. mengikuti kegiatan OSIS
 
13. Tugas pokok TNI antara lain ….
a. menjaga rakyat dari bahaya yang mengancam keselamatannya
b. melatih bertempur rakyat agar terhindar dari bahaya ancaman
c. meletakkan dasar-dasar dalam membentuk kepribadian keprajuritan
d. membentuk barisan dalam membela negara agar terlepas dari pengaruh asing
 
14. Pemerintah memiliki kekuasaan tertinggi dalam mengatur dan menjalankan pemerintahan negara sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku disebut ….
a. externe souvereiniteif
b. interne souvereiniteif
c. interne legelitas
d. externe legalitas
 
15. Di bawah ini yang bukan tokoh teori kedaulatan Tuhan adalah ….
a. Agustinus
b. Thomas Aquinas
c. Jullius Stahl
d. Nicolo Machiavelli
 
16. Latar belakang berkembangnya teori kedaulatan raja adalah ….
a. banyak berkembangnya aliran kedaualatan
b. munculnya Revolusi Industri di Eropa
c. munculnya para pemikir-pemikir demokrasi
d. bergesernya kekuasaan gereja ke tangan raja
 
17. Teori yang berpandangan bahwa negara menciptakan hukum, sehingga negara tidak harus tunduk terhadap hukum adalah ….
a. teori kedaulatan hukum
b. teori kedaulatan negara
c. teori kedaulatan rakyat
d. teori kedaulatan raja
 
18. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Liberte
4) Property
2) Egalite
5) Legality
3) Fraternite
6) Live
Pernyataan di atas yang merupakan semboyan Revolusi Amerika dan Prancis adalah ….
a. 1, 2, 3, 4, dan 5
b. 2, 3, 4, 5, dan 6
c. 3, 4, 5, 6, dan 1
d. 4, 3, 2, 1, dan 6
 
19. Kewenangan daerah mencakup seluruh bidang pemerintahan, kecuali ….
a. ekonomi
b. peradilan
c. kesejahteraan rakyat
d. pendidikan
 
20. Daerah yang otonom meliputi daerah ….
a. provinsi dan kecamatan
b. provinsi dan desa
c. kabupaten dan kota
d. kabupaten dan kelurahan
 
21. Maksud dan tujuan demokrasi menurut Paricles adalah ….
a. merupakan relasi kemerdekaan dan persamaan martabat dari warga negara
b. kebebasan yang mendasar bagi warga negara dalam mengembangkan aspirasinya
c. martabat dan fungsi warga negara dihargai sesuai dengan kecakapannya dalam memerintah
d. setiap warga negara diberi kekuasaan untuk menjalankan semua kemauannya sendiri
 
22. Berdasarkan prinsip demokrasi dalam kekuasaan negara dibentuk ….
a. melalui pemilihan umum yang demokratis
b. dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat
c. melalui keputusan politik suatu negara yang berdaulat
d. melalui dewan perwakilan rakyat melalui pemilu
 
23. Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945 berbunyi ….
a. Kedaulatan berada di tangan rakyat dilaksanakan sepenuhnya oleh MPR
b. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang bentuk pemerintahannya republik
c. Presiden adalah orang Indonesia asli yang dipilih melalui pemilihan umum
d. Negara Indonesia ialah negara kesatuan, yang berbentuk Republik
 
24. Sila ke-4 Pancasila memberikan gambaran kepada bangsa Indonesia bahwa kedaulatan di Indonesia didasarkan pada ….
a. pengambilan keputusan dengan suara terbanyak
b. sistem parlementer secara murni
c. musyawarah untuk mufakat
d. kepribadian bangsa Indonesia
 
25. Salah satu peran aktif rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi adalah ….
a. memilih wakil-wakil rakyat yang duduk dalam lembaga perwakilan rakyat
b. memilih presiden dan wakil presiden dengan mempertimbangkan tingkat ketenarannya
c. membangun lembaga hukum yang demokratis demi kepentingan rakyat
d. membuat rancangan undang-undang sebagai pedoman kehidupan bernegara
 
26. Urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah kota meliputi hal-hal berikut, kecuali ….
a. ikut serta dalam pertahanan kedaulatan negara
b. perencanaan dan pengendalian pembangunan
c. pengendalian lingkungan hidup
d. penanganan bidang kesehatan
 
27. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Bagian dari sistem sosial secara keseluruhan yang ada dalam masyarakat.
2) Sistem politik memerlukan energi atau tenaga untuk dapat melaksanakan kegiatan atau aktivitas politiknya.
3) Komponen-komponen yang berwujud struktur-struktur dalam sistem politik harus ada pembagian kerja.
4) Kemampuan siatem politik dapat dijadikan tolok ukur atau baro meter berhasil atau tidaknya suatu sistem politik.
5) Kemampuan ekstratif menunjukkan kinerja suatu sistem politk dalam mengelola sumber daya alam dan manusia.
6) Kemampuan regulatif merupakan kemampuan sistem politik dalam mengontrol perilaku individu.
Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri suatu sistem politik dapat dilihat melalui ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 2, 3, 4, dan 5
c. 3, 4, 5, dan 6
d. 4, 5, 6, dan 1
 
28. Sebagai lembaga, DPRD kabupaten mempunyai hak-hak seperti yang tercantum dalam UU No. 32/2004 yaitu ….
a. membentuk Perda bersama bupati
b. interpelasi dan angket
c. membahas APBD
d. membentuk tim ekonomi daerah
 
29. Di bawah ini yang bukan hak anggota DPRD kota, kecuali ….
a. menyampaikan usul dan pendapat
b. mengajukan rancangan Perda
c. membentuk panitia pemilihan daerah
d. mengajukan pertanyaan
 
30. Tugas dan wewenang DPRD kabupaten/kota diatur dalam UU No. 32/ 2004 tentang ….
a. keanggotaan DPRD kabupaten/kota
b. susunan dan kedudukan DPRD
c. otonomi daerah
d. pemerintah daerah
 
31. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Mengamalkan Pancasila dan melaksanakan UUD 1945 serta peraturan perundangan lainnya.
2) Mensukseskan pelaksanaan pelihan umum.
3) Melakukan pendidikan politik dan menyalurkan aspirasi politik.
4) Menjunjung supremasi hukum, demokrasi, dan hak asasi manusia.
5) Ikut dalam pemilihan umum sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
6) Mengajukan calon untuk mengisi anggota dalam dewan perwakilan rakyat.
Pernyataan di atas yang merupakan kewajiban partai politik adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 2, 3, 4, dan 5
c. 3, 4, 5, dan 6
d. 4, 5, 6, dan 1
 
32. Partai di Indonesia dilarang melakukan aktivitas-aktivitas sebagai berikut, kecuali ….
a. melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan negara RI
b. menerima sumbangan berupa apapun dari pihak asing
c. menyebarkan ajaran komunisme/marxisme
d. menerima semua hasil pemilihan umum
 
33. Salah satu contoh kebijakan publik yang dianggap oleh publik memberatkan adalah ….
a. kebijakan kenaikan bahan bakar minyak
b. kebijakan peningkatan posyandu
c. kebijakan pemerintah sekolah gratis
d. kebijakan peningkatan kesejahteraan
 
34. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Pembukaan UUD 45 alinea III.
2) Pembukaan UUD 45 alinea IV.
3) UUD 45 Pasal 1 Ayat 1.
4) UUD 45 Pasal 28.
5) UU No. 9 Tahun 1998.
6) UU No. 39 Tahun 1999.
Pernyataan di atas yang merupakan landasan hukum pelaksanaan demokrasi di Indonesia adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 2, 3, 4, dan 5
c. 3, 4, 5, dan 6
d. 4, 5, 6, dan 1
 
35. Generasi muda yang merupakan calon pemimpin masa depan harus miliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ….
a. kemurnian idealismenya
b. inovasi dan kreativitasnya
c. semangat pengabdian
d. membangun diri pribadi
 
36. Tanpa mengharapkan pujian dan imbalan merupakan ciri dari ….
a. keikhlasan dan kejujuran
b. pemimpin yang demokrastis
c. pemimpin yang ideal
d. pemimpin masa kini
 
37. Timbulnya situasi krisis yang belum berakhir ini akibat dari tindakan pemimpin yang ….
a. penuh tanggung jawab
b. sarat KKN
c. mengutamakan rakyat
d. kritis terhadap keadaan
 
38. Budaya kolusi sudah merebak di semua kehidupan masyarakat, hal ini disebabkan oleh ….
a. kurang tanggung jawab dan kejujuran
b. keinginan membangun bangsa yang tinggi
c. kemajuan zaman yang semakin mengglobal
d. kemajuan teknologi komputer
 
39. Seorang pemimpin harus memiliki keikhlasan diri dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin, hal ini apabila suadah melekat pada jiwa seorang pemimpin maka kehidupan rakyat akan ….
a. kecukupan kebutuhannya
b. kekurangan kebutuhan hidupnya
c. merasa aman, damai, dan sejahtera
d. ditiru oleh rakyat sikap tersebut
 
40. Perjanjian rahasia yang diwarnai dengan pemberian sejumlah uang atau fasilitas disebut tindakan ….
a. KKN
c. nepotisme
b. korupsi
d. kolusi
 
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
 
1. Partai penentang di dewan perwakilan rakyat yang menentang dan mengkritik pendapat atau kebijakan politik golongan yang tengah berkuasa disebut ….
2. Kekuasaan tertinggi negara Indonesia berada di tangan rakyat dan dilakukan menurut ….
3. Pemerintah daerah bebas mengatur daerahnya sendiri disebut ….
4. Indonesia melaksanakan pemilihan kepala daerah secara langsung didasarkan pada ….
5. Presiden dan wakil presiden dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat, hal ini merupakan bunyi pasal ….
6. Dalam pemerintahan daerah fungsi utama DPRD adalah ….
7. Kekuasaan atau wewenang tertinggi yang tidak terletak di bawah kekuasaan lain disebut ….
8. Menyalurkan aneka ragam pendapat, aspirasi, dan tuntutan rakyat dalam sistem politik merupakan fungsi partai sebagai ….
9. Zaman Orde Baru Pemilu pertama kali tahun 1971 diikuti oleh ….
10. Untuk memecahkan permasalahan dalam pembangunan harus diusahakan dengan jalan ….
 
III. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!
 
1. Sebutkan tiga fungsi negara!
2. Sebutkan asas pemerintahan daerah!
3. Sebutkan kekuatan cadangan nasional!
4. Sebutkan bentuk hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara!
5. Sebutkan tiga fungsi DPRD kabupaten/kota!
 
Pelatihan Ujian Akhir
 
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
 
1. Contoh sikap yang didasari ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan keluarga adalah ….
a. beribadah secara teratur untuk anggota keluarga
b. menyantuni fakir miskin setiap hari
c. tidak mengganggu dan membicarakan orang lain
d. saling menghormati pemeluk agama yang berbeda
 
2. Hubungan sikap takwa dengan ketenangan hidup adalah ….
a. kehidupan seseorang yang bertakwa akan terhindar dari tindakan yang mengganggu ketenangan
b. orang yang bertakwa merasa tenteram hidupnya karena selalu dekat kepada yang memiliki hidup ini
c. orang yang bertakwa merasa tenteram hidupnya karena selalu berusaha menjalankan semua kewajiban manusia
d. orang yang bertakwa merasa tenteram karena hidupnya selalu berdoa kepada Tuhan dan pasti terpenuhi keinginannya
 
3. Politik menutup pintu, menyaring secara ketat terhadap pengaruh globalisasi tidak dapat dipertahankan, maka yang perlu diusahakan adalah ….
a. pembinaan dan pemantapan nilai-nilai yang dianggap perlu
b. penertiban kebudayaan yang masuk dari luar negeri
c. membuat peraturan perundang-undangan agar tidak masuk
d. mengadakan pelatihan kader penangkal pengaruh asing
 
4. Kreteria pemimpin yang baik adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. beriman, bermoral, dan demokratis
b. terampil, beriman, dan berilmu
c. demokratis, ateis, dan berilmu
d. demokratis, terampil, dan berilmu
 
5. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Bendera atau lambang negara RI.
2) Lambang negara atau lambang pemerintah.
3) Nama dan gambar seseorang.
4) Mempunyai persamaan dengan gambar partai lain.
5) Menyerupai gambar binatang.
6) Mempunyai kesamaan dengan gambar negara.
Pernyataan di atas yang tidak boleh digunakan oleh partai politik adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
c. 3, 4, 5, dan 6
b. 2, 3, 4, dan 5
d. 4, 5, 6, dan 1
 
6. Partai politik tidak diperbolehkan melakukan kegiatan seperti di bawah ini, kecuali ….
a. bertentangan dengan UUD 1945 atau peraturan yang lain
b. membahayakan keutuhan NKRI
c. bertentangan dengan kebijakan negara
d. tidak mengembangkan paham komunisme/marxisme
 
7. Salah satu sikap warga negara yang bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia adalah ….
a. belajar dengan tekun agar dapat mencapai cita-cita
b. menguasai bahasa Indonesia
c. menghadapi musuh yang datang bila seluruh teman juga melakukannya
d. mewakili bangsa sebagai atlet tingkat internasional
 
8. Wujud bela negara yang dapat dilakukan seorang pelajar di sekolah adalah ….
a. mengerjakan tugas piket kebersihan kelas
b. mengerjakan setiap pekerjaan rumah
c. membuang sampah pada tempatnya
d. mengikuti pelajaran yang menyenangkan
 
9. Dalam Wawasan Nusantara ditegaskan bahwa wilayah Indonesia merupakan satu kesatuan bidang pertahanan keamanan. Hal ini mengandung arti bahwa ancaman terhadap ….
a. suatu wilayah negara merupakan ancaman terhadap seluruh tanah air
b. sebagian wilayah Nusantara merupakan ancaman daerah tersebut
c. suatu wilayah negara harus dapat diatasi oleh aparat wilayah tersebut
d. sebagian wilayah negara harus dapat diatasi secepatnya oleh TNI
 
10. Contoh sikap bekerja keras bagi pelajar adalah ….
a. tekun belajar serta mematuhi peraturan yang berlaku
b. pandai mengisi waktu luang secara berkelompok
c. selalu mengikuti berbagai kegiatan teman di sekolah
d. selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan
]
11. Di bawah ini bukan prasyarat sistem dwipartai yang dikemukan oleh Pulzer adalah ….
a. komposisi masyarakatnya adalah homogen
b. konsensus dalam masyarakat mengenai asas dan tujuan sosial yang pokok adalah kuat
c. adanya kontinuitas sejarah
d. adanya persamaan tujuan dalam kontrak sosial dalam masyarakat yang homogen
 
12. Dalam Pemilu 2004 partai politik pemenang adalah ….
a. PDI P
c. PPP
b. Golkar
d. PKB
 
13. Dalam Era Reformasi telah dilaksanakan Pemilu sebanyak ….
a. dua kali
c. empat kali
b. tiga kali
d. lima kali
 
14. Salah satu penyebab terjadinya KKN dalam kehidupan berbangsa dan negara yang melibatkan seorang pemimpin adalah ….
a. mekanisme rekrutmen yang demokratis
b. mekanisme rekrutmen yang jujur
c. proses rekrutmen yang transparan
d. proses rekrutmen mengutamakan sanak saudara
 
15. Di bawah ini macam-macam budaya politik, kecuali ….
a. budaya politik parokial c. budaya politik simpatisan
b. budaya politik kaula
d. budaya politik partisipan
 
16. Hal yang menunjukkan bahwa budaya demokrasi di Indonesia berakar dari budaya sosial masyarakat adalah ….
a. seluruh anggota masyarakat ikut serta saat pemilihan presiden secara langsung
b. anggota masyarakat ikut serta dalam menanggulangi semua bencana alam yang menimpa bangsa
c. beberapa tokoh masyarakat selalu mencalonkan dirinya sebagai kepala desanya
d. anggota masyarakat bermusyawarah setiap memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama
 
17. Praktek budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. menjamin tegaknya keadilan dan supremasi hukum
b. berusaha agar dapat menjadi seorang pemimpin dengan jalan apapun
c. menyelesaikan persoalan secara damai dan melembaga bukan kekerasan
d. mengakui dan mengganggap wajar adanya keanekaragaman pendapat dan kepentingan
 
18. Salah satu contoh sikap hidup sederhana di sekolah adalah….
a. membatasi pergaulan dengan orang-orang tertentu
b. memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin
c. menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung
d. menyukai kesendirian daripada mengobrol
 
19. Perwujudan tenggang rasa dalam kehidupan bermasyarakat misalnya ….
a. memberi kesempatan kepada orang lain untuk beribadat
b. membantu menyelenggarakan perayaan hari besar agama tertentu
c. memberi dan menerima bantuan dalam penyebaran agama masing-masing
d. menjelaskan kelebihan agama yang kita yakini kepada orang lain
 
20. Contoh gotong royong yang dilaksanakan di sekolah adalah ….
a. memberi kado teman yang ulang tahun
b. spontanitas mengejakan tugas kliping
c. mengerjakan ulangan umum bersama-sama
d. membersiskan kelas sesuai jadwal tugasnya
 
21. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Beban berat menjadi ringan.
2) Meningkatkan rasa percaya diri.
3) Membina rasa kebersamaan.
4) Pekerjaan selesai tepat waktu.
5) Hasil pekerjaan sangat memuaskan.
6) Mempererat rasa kekeluargaan.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan makna kegiatan gotong royong dalam kehidupan adalah ….
a. 1, 3, 5, dan 6
c. 2, 3, 5, dan 6
b. 1, 2, 4, dan 5
d. 2, 3, 4 , dan 6
 
22. Akibat krisis ekomoni yang berkepanjangan pabrik sepatu terpaksa mengurangi sebagian tenaga kerjanya dengan tujuan ….
a. memenuhi hak-hak tenaga kerjanya yang rajin
b. dapat memenuhi hak-hak tenaga kerja dengam baik
c. meringankan pemerintah mengatasi tenag kerja
d. memupuk kelangsungan hidup pabrik tersebut
 
23. Salah satu alasan menghormati dan menghargai orang lain adalah ….
a. kita mendapat bantuan bila memerlukan
b. sama-sama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
c. mempunyai hak dan kewajiban yang sama
d. saling ketergantungan dan membutuhkan
 
24. Pancasila mengajarkan kepada semua warga negara kita untuk saling menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain, maka sikap yang harus kita lakukan adalah ….
a. menumbuhkembangkan sikap toleransi dan persatuan antarbangsa
b. mengembangkan rasa persahabatan dan perdamaian antarbangsa
c. mengembangkan organisasi di Kawasan Asia Tenggara
d. bekerja sama di bindang politik, ekonomi, dan sosial budaya
 
25. Apabila persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia semakin kukuh maka ….
a. kesejahteraan seluruh rakyat akan meningkat
b. pertahanan keamanan nasional semakin mantap
c. stabilitas nasional semakin mantap dan dinamis
d. menyelesaikan setiap permasalahan dengan cepat
 
26. Pengaruh kemajemukan bangsa Indonesia bagi persatuan dan kesatuan adalah ….
a. mudah tercerai berai dan dikuasai bangsa lain
b. mendorong timbulnya pemikiran disintegrasi
c. memperlancar pelaksanaan otonomi daerah
d. memperkaya adat istiadat dan budaya bangsa
 
27. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Memberi bantuan tanpa pamprih.
2) Memberi sumbangan sesuai dengan permintaan.
3) Membantu sesuai dengan kemampuan.
4) Membantu untuk mempertimbangkan masa depan.
5) Membantu tanpa membedakan suku.
6) Memberi bantuan agar mendapat perhatian.
Dari pernyataan di atas, contoh sikap dan perilaku rela berkorban adalah ….
a. 1, 3, dan 6
c. 1, 3, dan 5
b. 2, 4, dan 6
d. 3, 4, dan 5
 
28. Pasal 29 Ayat 2 UUD 1945 memberi jaminan kebebasan untuk memeluk agama dan beribadah, karena ….
a. manusia sebagai makhluk yang sempurna
b. manusia mempunyai cipta, rasa, dan karsa
c. memeluk agama merupakan hak asasi yang hakiki
d. memeluk agama merupakan kewajiban manusia
 
29. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung.
2) Mengurangi kebutuhan hidup sehari-hari.
3) Dapat memanfaatkan sesuatu yang dimiliki.
4) Tidak bergaya hidup mewah dalam masyarakat.
5) Membudayakan gaya hidup yang bersifat konsumtif.
6) Membiasakan hidup wajar sesuai dengan kemampuan.
Dari pernyataan di atas sikap yang sesuai dengan pola hidup sederhana adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
c. 2, 3, 4, dan 6
b. 1, 4, 5, dan 6
d. 1, 3, 4, dan 6
 
30. Perlunya kerja sama dengan negara tetangga bila ditinjau dari kepentingan nasional agar ….
a. tidak merugikan pelestarian kebudayaan nasional
b. tercapai kemajuan dan kesejahteraan bangsa
c. dapat memajukan bidang ekonomi dan sosial
d. tidak membawa dampak yang berarti pada ke-hidupan
 
31. Jika tidak ada sikap kerja sama antarsiswa dengan guru di lingkungan sekolah dapat berakibat ….
a. kurang harmonis dalam pergaulan
b. proses belajar mengajar terganggu
c. suasana sekolah tidak aman
d. prestasi sekolah tidak seimbang
 
32. Kerukunan dan kerja sama antarumat beragama dalam kehidupan sehari-hari dapat mewujudkan terciptanya ….
a. ketenangan hidup dalam suatu keluarga
b. ketenteraman hidup bermasyarakat
c. kebahagiaan hidup sebagai makhluk pribadi
d. kebahagiaan hidup lahir dan batin
 
33. Salah satu contoh perilaku yang mencerminkan kebersihan dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a. memelihara kepentingan umum
b. mendukung penutupan pabrik yang berpolusi
c. tidak menyebarkan virus penyakit kepada orang lain
d. tidak menimbulkan pencemaran lingkungan
 
34. Salah satu cara menjaga harga diri di lingkungan pergaulan dengan ….
a. memelihara kehormatan keluarga
b. mengakui kehormatan keluarga yang dimiliki orang lain
c. memelihara hubungan dengan setiap orang
d. memelihara semua kepentingan pribadi
 
35. Sikap rela berkorban dalam pelaksanaan pembangunan adalah ….
a. meringankan biaya pembangunan
b. meningkatkan mutu pembangunan
c. mempercepat hasil pembangunan
d. mempermudah pelaksanaan pembangunan
 
36. Contoh sikap rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga adalah ….
a. mengecilkan bunyi televisi karena ada yang sakit
b. membersihkan pekarangan rumah dengan ikhlas
c. memberi uang jajan kepada anak dengan ikhlas
d. memberikan sebagian uang jajan kepada pengemis
 
37. Kemerdekaan suatu bangsa erat hubungannya dengan sikap rela berkorban warga negara, salah satu buktinya ialah banyaknya ….
a. orang yang memberikan harta dan nyawa sesuai imbalan
b. orang yang mengorbankan nyawa agar menjadi pahlawan
c. anggota cacat veteran akibat perang kemedekaan
d. anggota keluarga yang terpisah dari saudaranya
 
38. Yang termasuk manfaat disiplin waktu adalah ….
a. menemukan buku-buku yang kita perlukan setiap saat
b. melaksanakan tugas sesuai dengan kepentingan orang lain
c. mengikuti pelajaran dengan baik dan penuh perhatian
d. terbina dan terbentuknya pola hidup yang teratur
 
39. Pedoman tentang penyusunan, perubahan, dan perhitungan APBD ditetapkan sesuai dengan ….
a. PP
b. Tap. MPR
c. UUD 1945
d. peraturan perundang-undangan
 
40. Anggota keluarga yang memiliki sikap disiplin tampak dari perilakunya yang selalu ….
a. meminta izin jika pergi ke sekolah
b. mengumpulkan piring kotor sesudah makan
c. mematikan keran air sebelum bak penuh
d. menyelesaikan pekerjaaan sesuai jadwal
 
41. Alasan pentingnya pengendalian diri dalam kehidupan bermasyarakat adalah ….
a. dapat menjauhkan diri dari lingkungan yang tidak sehat
b. dapat menjauhkan diri dari perbuatan melanggar hukum
c. agar orang mau menghormati sesama sebagaimana mestinya
d. agar orang mau bergaul dengan baik dan sopan santun
 
42. Penerapan pengendalian diri dalam kehidupan bersama bermanfaat untuk ….
a. mewujudkan kepercayaan masyarakat yang sudah luntur
b. meniadakan hal-hal yang menghambat perkembangan masyarakat
c. mencegah terjadinya pelanggaran peraturan yang berlaku
d. menghindari terwujudnya cita-cita hukum positif di masyarakat
 
43. Contoh sikap pengendalian diri dalam bertutur kata adalah ….
a. guru menghindari kata-kata yang menyinggung siswa
b. jaksa menuntut terdakwa agar diberi hukuman mati
c. orang tua menasihati anak-anaknya bila diperlukan
d. atasan menghindari permasalahan dengan bawahannya
 
44. Tugas pokok kejaksaan sebagai penegak hukum adalah ….
a. mengadakan penyidikan perkara kejahatan
b. memutus perkara sesuai dengan peraturan
c. membuat tuntutan untuk diajukan dalam persidangan
d. mewakili tergugat dalam membela persidangan
 
45. Tujuan diberlakukannya peraturan hukum adalah ….
a. mewujudkan rasa keadilan tiap-tiap orang
b. memberantas kejahatan dan pelanggaran
c. menciptakan ketertiban dan keteraturan
d. mengatur tata kehidupan masyarakat
 
46. Makna keadilan sosial adalah keadilan yang ….
a. menaati peraturan perundangan yang berlaku
b. memperhatikan kesadaran hukum orang lain
c. berlaku di segala bidang kehidupan
d. memenuhi tuntutan hukum yang berlaku
 
47. Contoh kerukunan hidup antarumat beragama dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a. mengadakan peringatan hari-hari besar keagamaan
b. menyelesaikan pembangunan tempat ibadah
c. mengikuti pemakaman jenazah tetangga
d. kerja bakti memperbaiki jalan kampung
 
48. Akibat yang timbul jika kerukunan hidup antarumat beragama tidak terwujud adalah ….
a. menurunkan moral dan akhlak bangsa Indonesia
b. kepercayaan masyarakat terhadap pemuka agama berkurang
c. stabilitas nasional terganggu sehingga terjadi perpecahan bangsa
d. berkembangnya konflik sosial dalam wilayah negara Indonesia
 
49. Yang dimaksud kedaulatan keluar yang dianut oleh pemerintah Indonesia adalah ….
a. kekuasaan yang diperoleh dari rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh MPR
b. pemerintahan yang ditata oleh rakyat dengan menjalankan sistem demokrasi
c. mampu mempertahankan kemerdekaan terhadap gangguan keamanan dari luar
d. melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kadilan sosial dan perdamaian
 
50. Teori kedaulatan yang dianut bangsa Indonesia adalah teori ….
a. kedaulatan negara dan hukum
b. kedaulatan rakyat dan hukum
c. kedaulatan rakyat dan negara
d. kedaulatan negara dan raja
 
51. Salah satu kunci pokok sistem pemerintahan negara Indonesia yang ditegaskan dalam UUD 45 adalah ….
a. negara Indonesia berdasarkan sistem kekeluargaan
b. Indonesia negara yang berdasarkan atas moral
c. kekuasaan negara tertinggi di tangan presiden
d. kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas
 
52. Wadah penyalur segala kritik, saran, dan ide-ide para siswa yang bersifat konstruktif demi kemajuan sekolah lewat ….
a. wali kelas
c. kepala sekolah
b. Osis
d. pramuka
 
53. Cara menyampaikan pendapat warga negara yang baik dan benar adalah lewat ….
a. mengadakan kritikan di media massa
b. mengadakan surat menyurat dengan pemerintah
c. tulisan yang dikirim kepada presiden
d. lembaga perwakilan rakyat yang ada
 
54. Di bawah ini bukan pembagian kekuasaan menurut teori Trias Politica yaitu kekuasaan ….
a. legislatif
c. yudikatif
b. eksekutif
d. federatif
 
55. Tokoh yang berpendapat bahwa kekuasaan negara harus dipisahkan ke dalam kekuasaan pelaksana undang-undang, pembuat undang-undang, dan peradilan adalah ….
a. John Locke
c. Montesquieu
b. J.J.Rousseau
d. Abraham Lincoln
 
56. Pengakuan kedaulatan Indonesia oleh masyarakat internasional ditunjukkan dengan Indonesia ….
a. memnolak agresi militer AS ke Irak
b. bergabung negara penghasil minyak
c. menjadi anggota Perserikatan Bangsa Bangsa
d. menolak segala bentuk tindak terorisme
 
57. Pemerintah memiliki wewenang tertinggi dalam mengatur dan menjalankan pemerintahan negara sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku tanpa campur tangan dari negara lain. Hal ini merupakan perwujudan dari kedaulatan ….
a. rakyat
c. ke luar
b. hukum
d. ke dalam
 
58. Ajaran kedaualatn rakyat sebenarnya bersumber pada ajaran ….
a. hukum
c. demokrasi
b. monarki
d. kontrak sosial
 
59. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Masa jabatan anggota majelis atau dewan perwakilan rakyat ditetapkan dengan undang-undang.
2) Menetapkan anggota DPR /MPR melalui pemilihan umum.
3) Adanya kontrol yang dilakukan oleh DPR terhadap jalanya pemerintahan.
4) Kedaulatan di tangan rakyat dilaksanakan menurut UUD.
5) Memiliki lembaga perwakilan rakyat.
6) Ada kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang.
Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri negara yang menganut asas kedaulatan rakyat adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
c. 3, 4, 5, dan 6
b. 2, 3, 4, dan 5
d. 4, 5, 6, dan 1
 
60. Sifat-sifat dasar kedaulatan rakyat adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. asli
c. permanen
b. bulat
d. tinggi
 
61. Kekuasan lembaga dalam membuat dan menetapkan undang-undang di Indonesia adalah ….
a. DPR dan MPR
c. DPR dan Presiden
b. DPR dan DPD
d. DPR dan MK
 
62. Kebersihan bagi diri sendiri mengandung makna ….
a. dapat terhindar dari berbagai kesulitan
b. menciptakan aparatur negara yang bersih
c. dapat terhindar dari berbagai penyakit
d. memperpanjang usia seseorang
 
63. Tugas pokok DPR adalah ….
a. mengadakan perubahan terhadap usul RUU dari pemerintah
b. mengesahkan rencana pendapatan dan belanja negara
c. memegang kekuasaan legislatif dan mengawasi jalannya pemerintahan
d. mengadakan sidang istimewa untuk meminta pertanggungjawaban presiden
 
64. Hak DPR untuk meminta keterangan kepada presiden sehubungan dengan pelaksanaan undang-undang disebut hak ….
a. angket
c. petisi
b. bertanya
d. interpelasi
 
65. Pembangunan manusia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya merupakan pengertian dari ….
a. tujuan pembangunan nasional
b. cita-cita nasional Indonesia
c. hakikat pembangunan nasional
d. makna pembangunan nasional
 
66. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Warga negara Republik Indonesia.
2) Berumur 17 tahun atau sudah kawin.
3) Memiliki tempat tinggal.
4) Diajukan oleh parpol peserta pemilu.
5) Sudah terdaftar dalam daftar pemilih.
Yang merupakan persyaratan untuk memilih dalam pemilu adalah ….
a. 1, 2, dan 3
c. 2, 3, dan 4
b. 1, 2, dan 5
d. 2, 4, dan 5
 
67. Salah satu contoh perwujudan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a. penetapan pajak bumi dan bangunan
b. pemilihan pengurus rukun tetangga
c. menunjuk petugas pelayanan kamling
d. memberi santunan bagi orang miskin
 
68. Contoh peran serta warga negara dalam kegiatan pemilihan umum antara lain ….
a. tidak menggunakan hak pilihnya karena tidak sesuai aspirasi yang berkembang
b. mengusulkan supaya tidak perlu diadakan pemilihan umum karena menghabiskan dana
c. mendukung dan menggunakan hak pilihnya dengan rasa tanggung jawab
d. melibatkan diri agar pemilu dapat dipercepat untuk membentuk pemerinatahan
 
69. Menurut Pasal 26 Ayat 1 UUD 1945 menyatakan bahwa yang disebut warga negara Indonesia adalah ….
a. bangsa Indonesia asli dan bangsa lain yang bertempat tinggal di Indonesia
b. bangsa Indonesia asli dan bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang
c. semua orang Indonesia asli dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia
d. semua orang Indonesia dan orang keturunan yang berdomisili di Indonesia
 
70. Hal-hal yang harus dihindari dalam mengembangkan demokrasi ekonomi Indonesia adalah ….
a. monopoli dalam perusahaan
b. sistem perdagangan yang sehat
c. sistem bagi hasil dalam perdagangan
d. sistem perkoperasian dan perkreditan
 
71. Indonesia adalah suatu negara yang memiliki kekuasaan untuk mengadakan hubungan dengan negara lain secara bebas sesuai dengan prinsip politik luar negeri bebas aktif, hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki ….
a. kedaulatan rakyat
b. kedaulatan hukum
c. kedaulatan ke dalam
d. kedaulatan ke luar
 
72. Kekuasaan tertinggi tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi merupakan pengertian sifat kedaulatan ….
a. permanen
c. asli
b. bulat
d. utuh
 
73. Memperhatikan aspirasi serta kehendak seluruh rakyat dan menampungnya disebut dengan asas ….
a. demokrasi
b. musyawarah mufakat
c. kerakyatan
d. permusyawaratan
 
74. Kedaulatan berada di tangan rakyat berarti ….
a. kekuasaan rakyat dilaksanakan oleh lembaga perwakilan rakyat
b. rakyat memegang kekuasaan tertinggi dalam suatu negara
c. kekuasaan rakyat dilaksanakan oleh undang-undang dasar
d. kekuasaan rakyat dilaksanakan dengan mengadakan pemilihan umum
 
75. Di bawah ini yang bukan merupakan tokoh teori kedaulatan rakyat adalah ….
a. John Locke
c. J.J.Rousseau
b. Montesquieu
d. Hugo Krabe
 
76. Negara sebagai organisasi yang dibentuk rakyat berkewajiban mewujudkan tujuan dan cita-cita rakyat. Tujuan dan cita-cita tersebut dimuat dalam ….
a. UUD negara
c. hukum negara
b. haluan negara
d. program pembangunan
 
77. Menurut John Locke negara dibentuk berdasarkan pactum unionis artinya ….
a. negara terbentuk adanya perjanjian antara rakyat dan penguasa
b. negara terbentuk adanya perjanjian antar individu
c. negara terbentuk dengan adanya perjanjian dengan masyarakat
d. negara terbentuk adanya wilayah, rakyat, dan pemerintahan
 
78. Menurut Rousseau bahwa negara terbentuk atas ….
a. kemauan para tokoh politik
b. kemauan Tuhan melalui kekuasan raja
c. kemauan rakyat melalui kontrak sosial
d. kemauan raja melalui kontrak sosial
 
79. Prinsip demokrasi dan kedaulatan rakyat ditandai dengan adanya ….
a. partisipasi masyarakat dalam perumusan berbagai kebijakan publik
b. pemilihan presiden yang dilaksanakan secara langsung oleh rakyat
c. pemilihan anggota lembaga perwakilan rakyat secara proporsional
d. daerah terwakili dalam lembaga perwakilan daerah yang langsung dipilih rakyat
 
80. Sistem politik adalah sebagai sistem interaksi yang terjadi dalam masyarakat yang merdeka hal ini dikemukan oleh ….
a. David Easton
c. Gabriel A.Almond
b. Robert A.Dahl
d. Modern Polical Analysis
 
81. Dalam Pemilu yang berhak ikut serta menggunakan hak pilih adalah warga negara Indonesia yang telah berumur ….
a. 15 tahun
c. 19 tahun
b. 17 tahun
d. 21 tahun
 
82. Di bawah ini yang bukan termasuk lembaga negara menurut UUD 45 adalah ….
a. DPR
c. KPU
b. DPD
d. DPA
 
83. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Perencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan pemilu.
2) Menetapkan cara pelaksanaan kampanye dalam pemilu.
3) Menetapkan waktu pelaksanaan pemilu.
4) Seleksi dan menetapkan partai politik yang berhak mengikuti Pemilu.
5) Mengadakan pendaftaran dan peresmian keanggotaan legislatif.
6) Menetapkan hasil pemungutan suara secara nasional.
Pernyataan di atas yang termasuk tugas KPU adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
c. 3, 4, 5, dan 6
b. 2, 3, 4, dan 5
d. 4, 5, 6, dan 1
 
84. Salah satu peran aktif rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi adalah ….
a. dengan bebas memimpin partai politik dan pejabat negara
b. bebas mengadakan kritik kepada siapa saja termasuk pemerintah
c. memilih wakil-wakil dalam lembaga perwakilan rakyat
d. bebas mencalonkan diri sebagai pejabat politik negara
 
85. Sistem politik sebenarnya adalah bagian dari sistem sosial secara keseluruhan yang ada dalam masyarakat, hal ini merupakan ciri sistem politik ….
a. identifikasi
c. integrasi suatu sistem
b. input dan output
d. ekstratif
 
86. Organisasi politik yang dibentuk oleh sekelompok warga negara RI secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota masyarakat, bangsa, dan negara melalui pemilihan umum merupakan pengertian dari partai politik menurut ….
a. UU No. 09/1999
c. UU No. 23/2003
b. UU No. 12/2003
d. UU No. 31/2003
 
87. Asas partai politik yang dibentuk tidak boleh ….
a. bertentangan dengan hak-hak asasi manusia
b. Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945
c. tujuan dan cita-cita proklamasi Indonesia
d. tujuan partai politik yang dibentuk
 
88. Perhatikan pernyataaan berikut!
1) Melaksanakan UUD 1945 dan peraturan perundangan lainnya.
2) Mengajukan calon untuk mengisi keanggotaan di lembaga perwakilan rakyat.
3) Memperoleh perlakukan yang sama, sederajat, dan adil dari negara.
4) Mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden.
5) Mengusulkan pergantian antarwaktu anggota di lembaga perwakilan rakyat sesuai dengan peraturan perundangan.
6) Rekrutmen politik dalam proses pengisian jabatan politik melalui mekanisme demokrasi.
Pernyataan di atas yang merupakan hak partai politik adalah ….
a. 1, 2, 3, dan 4
c. 3, 4, 5, dan 6
b. 2, 3, 4, dan 5
d. 4, 5, 6, dan 1
 
89. Warga negara RI yang dapat menjadi anggota partai politik apabila telah berumur ….
a. 15 tahun
c. 19 tahun
b. 17 tahun
d. 21 tahun
 
90. Yang berhak menggunakan hak pilih pasif adalah warga negara Indonesia yang berumur ….
a. 17 tahun
c. 21 tahun
b. 19 tahun
d. 25 tahun
 
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Sebutkan dua asas negara demokrasi!
2. Sebutkan landasan kedaulatan hukum yang dianut bangsa Indonesia!
3. Sebutkan empat prinsip sistem pemerintahan Indonesia!
4. Sebutkan bunyi Pasal 27 Ayat 1 UUD 45!
5. Sebutkan contoh peran serta siswa dalam pemerintahan!
6. Sebutkan tiga ciri orang yang berprestasi!
7. Sebutkan dua faktor manusia dapat berprestasi!
8. Sebutkan usaha pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia!
9. Sebutkan empat prestasi internasional yang ditunjukkan oleh putra putri bangsa Indonesia!
10. Sebutkan tantangan generasi muda terhadap pengaruh globalisasi!

6 responses to “Soal PKn 9 Paket 7

  1. kalau boleh tahu, jawaban bagian 1 no 10 itu apa ya?

  2. kalau boleh tahu, jawaban bab 1 bagian 1 no 10 itu apa ya?

  3. kok soalnya aja mna jawabannya ?

  4. suci dwi ayunda

    jawabannya gak ada ya😓

  5. Ko’ jawabannya ga ada si??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s