Sejarah SMP Negeri 21 Purworejo menuju HUT ke-40 | Lustrum 8

logo 40th | Lustrum 8 SpenTOP

SMP Negeri 21 Purworejo, beralamat di Brunowetan RT 01 RW 02, Desa Brunorejo, Kecamatan Bruno, merupakan wilayah Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi sekolah berada di desa, yang masih kental dengan tradisi dan kesahajaan. Sekolah ini merupakan SMP Negeri pertama yang didirikan di Kecamatan Bruno. Posisi sekolah terletak pada titik koordinat -7.5716438, lebih kurang 1,5 km dari Kantor Kecamatan Bruno dan 27 km dari pusat kota Purworejo. Sekolah ini didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0299/O/1982 tanggal 09 Oktober 1982 dengan nama sekolah SMP NEGERI BRUNO. SK tersebut menjadi tonggak hari jadi SMP Negeri Bruno. Nomor Statistik Sekolah (NSS) : 201030613101 dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) : 20306108. Dalam perjalanannya nama SMP Negeri Bruno berganti nama menjadi SMP Negeri 1 Bruno, SLTP Negeri 21 Purworejo, dan terakhir menjadi SMP NEGERI 21 PURWOREJO hingga sekarang.

Peserta didik SMP Negeri 21 Purworejo berasal dari 18 Desa di wilayah Kecamatan Bruno, sebagai pelanggan jasa pendidikan yang utama. Wilayah lingkungan sekitar sekolah adalah pegunungan dengan udara sejuk, cukup mendukung proses penyelenggaraan pendidikan yang dicita-citakan. Gedung SMP Negeri 21 Purworejo dibangun pada lahan bersertifikat seluas 12.082 m2, dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 23 November 1982 oleh Dirjen Dikdasmen. Pada awal berdirinya, sekolah hanya memiliki 6 rombel dengan 6 ruang kelas. Sesuai tuntutan kebutuhan berkembang menjadi 9 rombel dengan 9 ruang kelas. Kondisi sekarang sekolah memiliki 15 rombel dengan 15 ruang kelas dengan rincian 5 ruang kelas VII, 5 ruang kelas VIII, dan 5 ruang kelas IX dengan jumlah peserta didik sebanyak 474 orang.

Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang pernah mengabdi, turut membangun pendidikan, dan membesarkan nama sekolah di SMP Negeri 21 Purworejo, silih berganti dari tahun ke tahun. Mereka berasal di berbagai wilayah di kabupaten Purworejo dan kabupaten di sekitarnya. Pada tahun 2008 SMP Negeri 21 Purworejo ditetapkan menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN). Selanjutnya tahun 2009 sekolah ini diakreditasi oleh BAN-S/M dengan memperoleh peringkat Terakreditasi (A) (Amat Baik) dengan nilai 86, sedangkan akreditasi tahun 2015, Terakreditasi (A) (Amat Baik) dengan memperoleh nilai 88.

Kepala sekolah yang pernah memimpin SMP Negeri 21 Purworejo sampai dengan sekarang berjumlah 14 orang. Berturut-turut adalah 1) J. Saparto, BA 2) J. Murtadji; 3) Karyono; 4) RB Mandoyo Sumarto, BA 5) Muchammad Chaelani; 6) Bin Ambari Muslim Zaidi; 7) Drs. Harun Sukardi; 8) Drs. Liwon Achadi; 9) Drs. Sri Tedjo Purnomo; 10) Paryono, S.Pd., M.Pd.; 11) Sujoko, S.Pd.; 12) Teguh Widodo, S.Pd., M.M.; 13) Drs. Eko Partono, MM.Pd.; dan semenjak tanggal 23 November 2018 dipimpin oleh 14) Tatan Sutrisna, S.Pd., MM.Pd. hingga saat ini.

Secara geografis SMP Negeri 21 Purworejo terletak di wilayah Bruno. Meskipun berada jauh dari pusat kota kabupaten, kondisi sosial masyarakat di sekitar lingkungan sekolah sangatlah heterogen. Pada saat ini mereka telah memanfaatkan kehadiran Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK). Profesinya adalah petani, pedagang, Pegawai Negeri Sipil (PNS), wiraswasta, buruh dan ada pula yang berpenghasilan tidak tentu. Kondisi ini tentu berimplikasi pula pada dukungan proses penyelenggaraan pendidikan di SMP Negeri 21 Purworejo.

Visi SMP Negeri 21 Purworejo saat ini adalah  ”BERPRESTASI, TERAMPIL, BERBUDAYA, BERDASARKAN IMAN DAN TAKWA” dengan Indikator Visi: 1) Taat terhadap agama yang dianut, santun, berbudaya, berkarakter serta patuh kepada  Peraturan. 2) Berprestasi dalam bidang Akademis dan Non Akademis. dan 3) Menguasai Kecakapan Hidup (Life Skill).

Dengan Misi 1) Mengembangkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama, nilai budaya, dan hukum dalam kehidupan sehari-hari; 2) Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan inovatif; 3) Melaksanakan kegiatan Ekstra kurikuler yang efektif dan efisien; 4) Menyediakan sarana dan prasarana Akademis maupun non Akademis yang mendukung tercapainya tujuan sekolah; 5) Meningkatkan peran serta Masyarakat terhadap pendidikan; 6) Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Visi dan misi tersebut adalah cita-cita mulia SMP Negeri 21 Purworejo dan strategi perjuangan yang diharapkan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Moto Sekolah adalah “SEKOLAH BOLEH DI DESA TETAPI MUTU TIDAK KALAH DENGAN SEKOLAH KOTA”.

Prestasi akademis yang membanggakan dari SMP Negeri 21 Purworejo adalah pernah menduduki Peringkat ke-11 Ujian Nasional dari sekolah negeri dan swasta di Kabupaten Purworejo. Demikianlah sekilas sejarah singkat SMP Negeri 21 Purworejo dalam kiprahnya di bidang pendidikan pada usia ke-40 tahun 2022.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.